Beragam Bagian Penting dari Pompa Celup yang Wajib Anda Ketahui



Tentunya dalam setiap benda, terutama yang memiliki fungsi, pastinya dilengkapi dengan beberapa komponen atau bagian, seperti pada bagian luar, dalam, ataupun sebagainya. Nah seperti halnya dengan salah satu mesin yang bernama pompa celup, dimana pompa celup sendiri adalah salah alat atau mesin yang terdiri dari beberapa bagian.


Bagian dalam pompa juga terbagi dalam dua jenis, ada bagian penting dan juga tidak. Namun yang menarik dan menjadi topik utama dalam artikel ini adalah tentang bagian penting dari pompa celup. Melalui artikel ini kami akan jelaskan berbagai bagian penting dari pompa celup yang mana tentunya perlu anda ketahui semuanya. Yuk langsung saja anda simak artikel ini selengkapnya untuk mengetahui beragam bagian penting dari pompa celup!

Inilah Beragam Bagian Penting dari Pompa Celup yang Wajib Anda Ketahui Semuanya

Drive (Electric motor)

Komponen atau bagian ini adalah salah satu yang terpenting bagi pompa celup, dimana fungsinya sendiri berguna untuk penggerak utama pompa. Motor penggeraknya, bisa dengan motor listrik 1 phase atau 3 phase. Jadi semakin besar head dari sebuah pompa submersible, maka kapasitas motornya pun akan semakin besar.

Casing Suction

Pompa air seperti pompa celup juga membutuhkan filter, dan filter pada pompa celup bisa dianggap sebagai Casing Suction. Nah Casing suction sendiri berfungsi sebagai filter sekaligus jalur masuk input air yang menuju pada impeler.

Impeler

Banyak semua pompa yang pastinya dilengkapi dengan impeler, dimana itu merupakan bagian inti dari pompa submersible yang akan menghisap dan mendorong air dari dalam sumur menuju permukaan. Untuk pompa submersible atau pompa celup memiliki beberapa buah impeler yang tersusun jadi 1 pada shaft pompa, yang mana setiap impeler akan bekerja secara seri dengan impeler lainnya. Impeler akan bekerjasama dengan diffuser dalam menciptakan energi kinetik pada pompa.

Shaft

Bagian atau komponen bernama Shaft sendiri adalah salah satu yang terpenting juga pada pompa celup, itu karena bagian ini bisa menjadi penghubung antara rotor drive dengan pompa. Akan ada terdapat sebuah kopling yang akan menjadi penghubung ke duanya, selain itu Shaft juga merupakan tempat semua impeler dan diffuser terpasang.

Casing pompa

Pompa celup juga harus dilindungi dengan casing, dan Casing/Cover pompa yang akan kami jelaskan adalah salah satu yang terpenting. Casing pompa merupakan bagian yang ada di luar pompa, dimana tentunya memiliki fungsi sebagai pelindung semua komponen-komponen pompa yang ada di dalamnya.

Diffuser

Berikutnya ada Diffuser, dimana itu juga adalah bagian penting yang bisa bekerjasama dengan impeler untuk menyalurkan setiap output impeler 1 menuju impeler berikutnya. Adanya aksi sentrifugal bisa menciptakan energi kinetik bertekanan tinggi sehingga membuat air terdorong secara radial, oleh karena itu disitulah fungsi Diffuser memusatkan output setiap impeler untuk dijadikan input pada impeler berikutnya.

Sub Pump

Sub pump itu sama dengan check valve, yaitu ketika pompa nyala maka air bertekanan akan keluar menekan spring pada sub pump sehingga air bisa keluar dari pompa menuju permukaan. Namun berbeda saat pompa dimatikan, sehingga spring akan kembali pada posisi semula dan menutup jalur air menuju ke dalam pompa. Selain itu, sub pump juga bisa menjadi solusi dari water hammer, yang mana itu adalah kondisi dimana pressure/tekanan balik dari jalur output akan masuk menuju pompa ketika pompa dimatikan. Jadi tanpa sub pump, maka akan ada impeler yang menerima tekanan balik dari luar sehingga impeler akan mudah rusak.


Dan itulah beragam bagian penting dari pompa celup yang wajib anda ketahui semuanya, semoga bisa anda pahami dan mengerti, dan juga bisa anda share kepada yang lainnya. Tentunya menarik bukan memiliki pompa celup? Nah bagi anda yang memang tertarik untuk memiliki pompa celup, maka kami rekomendasikan yang terbaik dan berkualitas yaitu pompa celup Tsurumi, dimana anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com