top of page

Analisis Bahan Pembuatan Selang Industri



Pada pengerjaan yang ada di beberapa industri atau beberapa sektor pabrik, umumnya dapat berjalan sebagaimana mestinya karena adanya mesin-mesin yang operasionalnya. Nah mesin pabrik industri sendiri terdiri dari berbagai komponen, salah satunya adalah hose atau selang industri. Jadi tak hanya dapat diandalkan pada sektor hunian, sektor pabrik dan industri pada dasarnya juga membutuhkan alat seperti selang.


Hampir sama seperti selang pada umumnya, selang industri memiliki fungsi sebagai penghantar media berupa fluida atau angin untuk selanjutnya diubah menjadi tenaga dalam menggerakkan rangkaian mesin sehingga dapat bekerja optimal. Nah tentunya selang industri dapat menjalankan peran penting di industri, itu karena memang selang industri terbuat dari bahan pembuatan yang tepat, yakni yang akan kami jelaskan di bawah ini!


Inilah Analisis Bahan Pembuatan Selang Industri yang Perlu Anda Semua Ketahui


Tentunya dalam cakupan pekerjaan industri khususnya pada operasi yang lebih kompleks dan menuntut tingkat keamanan yang tinggi, maka sudah seharusnya membutuhkan selang industri dengan persyaratan yang lebih spesifik sesuai dengan fungsi dan kegunaannya. Jadi dengan demikian, selang industri pastinya memiliki spesifikasi dan standar yang ketat mulai dari desain, kekuatan bahan, dan beberapa sifat serta karakteristik khusus lainnya.


Oleh sebab itu, pengguna mesin yang ada pada industri harus benar-benar dapat memahami jenis dan pemilihan selang industri yang tepat. Pasalnya, memilih selang industri yang salah dapat berakibat fatal hingga berdampak luas dan merugikan secara finansial. Nah pemilihan selang industri pun dapat dengan mudah dilakukan jika Anda atau industri memahami bahan pembuatan dari selang industri. Karena dengan begitu, dapat disesuaikan mana selang industri yang tepat dengan fokus utama dari industri tersebut.


Karet

Karet adalah polimer hidrokarbon yang terbentuk dari emulsi kesusuan yang diperoleh dari getah tumbuhan dan ada juga hasil produksi secara sintetis. Sumber utama latex atau getah ini adalah pohon karet Hevea brasiliensis dengan cara melukai kulit pohon. Nah faktanya, bahan ini menjadi bahan utama dari pembuatan selang hidrolik, yang mana itu didesain khusus untuk menahan tekanan suhu mesin pada industri. Umumnya pada selang air berwarna ada dibuat dengan kandungan bahan karet dan PVC sehingga sifatnya lebih tahan lama dan memiliki elastisitas yang tinggi.


PVC

PVC atau polyvinyl chloride atau plastik, merupakan bahan yang umumnya digunakan dalam banyak keperluan seperti selang pneumatik, selang air, irigasi, konstruksi dan juga bisa digunakan dalam industri seperti cat, minyak dan bahan makanan atau minuman. Itu dikarenakan karakteristik yang dimiliki PVC sangat mendukung sekali pengerjaan tersebut, yakni memiliki bobot yang tergolong ringan, sehingga selang akan menjadi lebih fleksibel dan elastis. Selain itu ada juga selang yang mempunyai body transparan sehingga memudahkan untuk melihat dan memastikan material yang sedang dialirkan.


Kemudian ada juga selang yang memang terbuat dari perpaduan bahan PVC lunak dan keras, yang mana itu membuat selang industri pun memiliki warna semi-transparan, yang mana itu berguna untuk memudahkan Anda dalam melihat pergerakan air. Hal itu dikarenakan selang yang terbuat akan mempunyai dinding bagian dalam yang mulus sehingga air bisa terus mengalir secara lancar. Di pasaran, selang ini tersedia dalam ukuran diameter mulai dari 1 hingga 8 inci.


PEX

Kemudian ada bahan cross linked polyethylene atau PEX yang diklaim sangat elastis, tahan terhadap tekanan tinggi, tidak menimbulkan karat dan tahan sampai suhu air mencapai 200 derajat. Dengan bahan ini, maka selang industri akan menjadi selang yang sangat terbaik digunakan pada pengerjaan air panas, baik itu untuk menyalurkan air dari pemanas air atau water heater ke shower atau bak air di suatu industri. Faktanya selang ini mudah ditemukan di luar sana, karena ciri khusus dari selang ini adalah berwarna merah atau oranye yang tersedia dalam ukuran diameter setengah inci.


Jadi itulah artikel dari kami mengenai analisis bahan pembuatan selang industri. Kiranya bermanfaat bagi Anda semua. Untuk selang industri terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan selang Toyox. Mengenai selang Toyox, Anda bisa mengetahui lebih lengkapnya di IndahJaya.com


Comments


bottom of page