top of page

Simak Bahayanya Lumpur Bagi Tambak Udang Harus Disedot Pompa Celup



Lumpur adalah suatu cairan yang memiliki kepadatan dibandingkan dengan air. Jelasnya, lumpur adalah campuran cair atau semi cair antara air dan juga tanah. Nah, Lumpur akan terbentuk atau terjadi ketika tanah dalam keadaan basah. Jadi secara geologis, lumpur ialah campuran air dan partikel yang memiliki endapan berupa lumpur dan juga tanah liat, yang mana endapan tersebut bisa mengeras jika dibiarkan.


Tentunya lumpur bisa merugikan apapun yang terkontaminasi dengannya, apalagi dengan kuantitas yang besar dan padat. Nah salah satu yang bisa merugikan jika ada lumpur, jelas itu ada pada tambak seperti tambak udang, sehingga penting sekali lumpur yang ada pada tambak udang disedot dengan pompa seperti pompa celup. Sering dianggap sepele, lumpur pada tambak udang tentunya akan membahayakan, yang mana bahayanya ada di bawah ini!


Inilah Beberapa Bahaya Lumpur Bagi Tambak Udang yang Perlu Diketahui

  • Lumpur yang ada pada tambak, sejatinya memiliki dampak buruk terutama kepada penghuni tambak seperti udang. Dampak buruk dari lumpur yang ada pada tambak, yaitu ada pada lingkungan tambak yang bisa rusak. Hal itu karena lumpur memang mengandung banyak bahan organik, yang mana bahan organik pada dasar tambak akan sangat mempengaruhi lingkungan budidaya ikan ataupun udang.

  • Dengan semakin banyaknya lumpur yang ada pada tambak, maka itu akan mempengaruhi tingginya bahan organik yang dapat memungkinkan tambak mengalami penurunan pH. Alhasil tambak akan bersifat asam, yang mana dari keadaan tersebut akan memicu munculnya ammonia yang diikuti dengan beberapa penyakit pada penghuni tambak.

  • Lumpur yang ada pada tambak seperti pada tambak udang, tentunya juga itu akan membuat udang rentan terinfeksi penyakit, bahkan sampai pada penyakit yang semakin tinggi dan bisa membuat seluruh tambak terkena juga penyakitnya. Lau pada konversi pakan akan semakin menurun, dimana itu pada akhirnya akan berdampak pada banyaknya udang yang akan mengalami kematian yang berakibat pada menurunnya produktivitas tambak.

  • Adanya lumpur akan membuat akumulasi bahan organik yang bisa melebihi daya dukung lingkungan, yang mana itu akan berdampak buruk karena akan meningkatkan laju penurunan oksigen yang terlarut dalam air, lalu juga bisa meningkatkan kebutuhan oksigen pada sedimen dasar, hingga menurunkan potensial redoks.

  • Nah lumpur yang terus ada dalam waktu yang lama, maka itu akan memicu munculnya senyawa tereduksi yang beracun. Contohnya seperti NH3, CH4, dan juga H2S. Dari ketiga senyawa tersebut, tentunya ketiganya itu beracun bagi udang yang bisa berdampak menyebabkan udang mengalami stres, menurunnya nafsu makan, udang rentan terhadap serangan penyakit, hingga pada akhirnya udang yang akan mengalami kematian secara masal.

Jadi itulah bahayanya lumpur bagi tambak udang, yang mana wajib Anda ketahui agar Anda bisa tahu dan mengenal bahwa lumpur itu tidak bersahabat dengan tambak yang ada. Nah untuk mengatasi lumpur yang ada pada tambak, maka lumpur dapat disedot dengan pompa seperti jenis pompa celup. Untuk rekomendasi pompa celup, maka yang terbaik dan berkualitas dari kami ada pada produk Tsurumi. Oleh karena itu bagi Anda yang ingin memiliki pompa celup Tsurumi, maka Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Kommentare


bottom of page