Yuk Simak yang Dimaksud Bearing dalam Generator dan Kegunaannya Untuk Apa



Pada satu mesin Genset, tentunya akan ada banyak part atau komponen yang saling mendukung dalam melakukan pengoperasian mesin Genset. Namun ada juga beberapa komponen yang berguna untuk fisik Genset, serta performa yang akan diberikan oleh Genset yang akan dipengaruhi oleh beberapa komponen penting. Nah contohnya saja seperti komponen satu ini, yaitu bearing.


Bearing tentunya ada pada Genset, dimana ia bukan sekedar komponen tanpa kegunaan. Apa itu bearing dan apa kegunaannya, semua itu akan coba kami jelaskan kepada anda semua di artikel ini. Maka dari itu bagi anda yang memang belum tahu apa itu bearing, atau memang ingin lebih mengenal bearing dalam Genset, maka artikel bisa anda simak selengkapnya!

Apa Itu Bearing dalam Genset?

Bearing adalah komponen yang juga ada pada mesin kendaraan, dimana komponen tersebut berbentuk seperti cincin besar yang saling menumpuk pada cincin lain. Lebih jelasnya, bearing itu merupakan komponen atau bagian kecil pada mesin Genset yang terkadang dianggap tidak penting. Namun kenyataannya, justru peranan bearing dalam dunia permesinan dan juga Genset tentunya sangat penting.


Nah perlu anda ketahui, bearing juga terkadang disamakan dengan pelumas, itu karena fungsinya yang bisa mengurangi gesekan antara dua permukaan benda, hanya saja cara kerjanya dari kedua yang dinilai berbeda. Jika pelumas memakai cairan khusus pelicin, maka bearing menggunakan elemen gelinding (rolling element) seperti bola atau roller atau cincin, yang mana itu memiliki kontak permukaan yang juga kecil.


Inilah Kegunaan Bearing Pada Mesin Genset

Bearing itu bisa juga dikatakan sebagai bantalan, yang dimana ia adalah sebuah elemen mesin yang dipakai untuk mengurangi gesekan antara dua komponen, sehingga dengan begitu maka ia bisa bergerak sesuai dengan tujuannya. Apabila Genset tidak dilengkapi dengan bearing, maka bisa saja ada kemungkinan adanya lubang yang menjadi membesar, atau bisa juga batang poros yang mengecil karena adanya gesekan yang mengikis permukaan pada benda tersebut.


Tentunya dengan adanya bantalan bearing, maka kontak antara shaft dan lubang shaft bisa diperantarai, yang mana biasanya perantara tersebut tentunya akan saling bergesekan, tetapi dengan bearing gesekan tersebut tidak akan menjadi besar seperti gesekan ketika tanpa bearing. Perlu anda ketahui, saat ini bearing menjadi salah satu komponen mesin yang paling banyak dipakai, itu karena bearing bisa mempermudah hampir semua gerakan dan juga mengurangi gesekan.


Selain ada beberapa jenis bearing mulai dari ball, roller, dan sebagainya. Bearing juga memiliki beberapa komponen yang secara fundamental sama dalam semua jenis bearing. Nah komponen tersebut ada inner ring, rolling element, cage, hingga ada shield. Beberapa jenis bearing tentunya memiliki cara kerjanya sendiri, jadi anda jangan samakan 1 bearing dengan bearing jenis lainnya.


Nah itulah segalanya yang perlu anda ketahui mengenai bearing pada mesin Genset, begitu juga dengan kegunaan dari bearing pada Genset. Bilamana anda tertarik dengan mesin Genset yang terbaik dan berkualitas, maka Genset tersebut dapat anda temukan pada produk Tenka. Mengenai produk Genset merk Tenka, anda bisa ketahui lebih lanjut mengenai Genset Tenka di IndahJaya.com


Sekian dari kami, semoga artikel ini bisa bisa jadi manfaat untuk anda, terutama untuk menambah wawasan anda mengenai bearing yang ada pada mesin Genset. Jangan lupa anda masih bisa bagikan informasi dari artikel ini kepada yang lainnya, dimana itu bisa dilakukan dengan share artikel ini kepada yang lainnya yang memang membutuhkan.