top of page

Simak Beberapa Konstruksi Cakar Ayam yang Kuat dan Wajib Diketahui



Konstruksi tentunya ada memiliki beberapa jenis, seperti salah satunya yang menarik adalah konstruksi bernama cakar ayam. Mengapa diberi nama cakar ayam, apakah konstruksi itu mirip dengan cakar ayam? Nah konstruksi cakar ayam merupakan metode rekayasa teknik dalam pembuatan pondasi bangunan. Teknik konstruksi cakar ayam pun bisa memungkinkan pembangunan struktur pada tanah lunak seperti rawa-rawa.


Konstruksi cakar ayam pun bisa juga dianggap sebagai pondasi yang terdiri dari plat beton bertulang yang relatif tipis yang didukung oleh buis-buis beton bertulang yang dipasang vertikal dan disatukan secara monolit dengan plat beton pada jarak 200–250 cm, yang mana memang itu kurang lebih mirip dengan cakar ayam. Nah dianggap sebagai konstruksi yang kuat, maka Anda perlu tahu beberapa konstruksi cakar ayam yang terkenal kuat di artikel ini!


Inilah Beberapa Konstruksi Cakar Ayam yang Kuat dan Wajib Untuk Anda Ketahui

Inilah beberapa konstruksi cakar ayam yang kuat dan wajib untuk Anda ketahui:

  • Konstruksi cakar ayam, awalnya digunakan pada konstruksi pembuatan tiang listrik tegangan tinggi. Hal itu karena memang awalnya Prof. Dr. Ir Sedyatmo, ahli ilmu pengetahuan teknik, pada tahun 1962, sebagai solusi membangun 7 menara listrik tegangan tinggi di daerah rawa Ancol, Jakarta. Jadi menara listrik yang dibuat akan digunakan untuk menyalurkan listrik di Tanjung Priok ke Gelanggang Olah Raga Senayan, yang akan menjadi tuan rumah Asian Games 1962.

  • Kemudian konstruksi cakar ayam pun bisa menjadi konstruksi untuk membuat landasan bandara, dikarenakan memang landasan tersebut penting karena akan di lalu lalang oleh pesawat-pesawat. Sehingga dengan begitu dibutuhkan pondasi cakar ayam, karena pondasi tersebut terdiri dari plat beton bertulang dengan ketebalan 10-15 cm yang didukung oleh pipa-pipa bertulang yang dipasang secara vertikal dan disatukan dengan plat beton tersebut.

  • Tidak hanya landasan bandara, jalan raya, tol dan jalan lainnya ada juga menggunakan konstruksi cakar ayam. Hal itu dikarenakan, cakar ayam sudah terkenal sebagai pondasi yang memiliki fungsi utamanya yang memang ditujukan untuk menopang bangunan dengan kokoh dan tahan lama.

  • Lalu konstruksi cakar ayam pun juga sering dijadikan pondasi gedung dan bangunan-bangunan bertingkat, hingga menara-menara tinggi. Nah itu semua karena memang cakar ayam pun memiliki beberapa variasi, yang mana hampir semuanya sudah dikenal dunia dan bisa diaplikasikan untuk berbagai jenis bangunan. Nah kelebihannya, memang ia bisa dibangun di atas tanah yang lembek, sehingga bangunan pun akan lebih kuat dengan penggunaan pondasi cakar ayam. Alasan lainnya karena memang pondasi ini memiliki pipa-pipa beton yang tertanam jauh di dalam tanah sehingga mampu mencengkeram tanah lebih kuat dan mampu menahan beban bangunan di atasnya.


Jadi itulah beberapa konstruksi cakar ayam yang kuat dan wajib untuk diketahui oleh Anda semua. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Nah konstruksi cakar ayam atau konstruksi lain, pada dasarnya akan menggunakan hoist dan crane, sehingga dengan begitu maka rekomendasi hoist dan crane terbaik adalah Elephant Hoist and Crane, yang mana itu ada di IndahJaya.com


コメント


bottom of page