Beli Alat Berat Crane Bekas Berikut Pertimbangannya


Beli Alat Berat Crane Bekas Berikut Pertimbangannya

Kehadiran alat berat crane memudahkan para pekerja dalam menyelesaikan berbagai kegiatan. Contohnya saja dalam hal membangun gedung tinggi. Crane tersebut dengan mudah memindahkan berbagai jenis besi berat ke atas gedung.


Crane juga sangat membantu dalam pemasangan pondasi atau tiang gedung, karena crane ini dapat diibaratkan sebagai tangan yang besar. Kehadiran crane membuat industri pabrik juga semakin produktif serta membuat pekerja semakin nyaman.


Untuk mengoperasikan crane ini dibutuhkan seorang ahli atau petugas khusus yang paham cara kerjanya. Pengoperasi crane tersebut harus juga paham cara perawatan, karena jika alat berat tidak dirawat dengan baik, bisa membahayakan lingkungan kerja.


Saat ini crane semakin banyak dimanfaatkan, bahkan untuk kebutuhan industri kecil juga kerap digunakan. Jika pekerjaan Anda berkaitan dengan pengangkatan benda berat, sebaiknya crane dimanfaatkan, karena hemat tenaga dan efisien waktu.


Hal yang Harus Dipertimbangkan Saat Beli Alat Berat Crane Bekas


Harga crane bervariasi, sesuai dengan kemampuan angkut dan fitur – fiturnya. Crane keluaran terbaru umumnya memiliki harga relatif tinggi, karena fitur keselamatannya juga semakin baik. Hanya saja tidak semua orang mungkin mampu membeli tipe terbaru.


Jika Anda butuh crane tetapi tidak bisa membeli yang baru, maka crane bekas juga tidak masalah untuk dibeli. Crane bekas juga tetap berkualitas asal dipilih dengan baik. Berikut ini hal yang perlu dipertimbangkan saat membeli crane bekas.


Usia Crane dan Riwayat Pemakaiannya


Usia harus selalu diperhatikan saat hendak membeli alat berat crane bekas. Semakin lama usianya, maka kemampuan setiap komponennya juga menurun. Tentu Anda tidak ingin mendapatkan crane yang sudah rapuh, karena sangat membahayakan.


Jika ingin membeli crane bekas, usahakan pilih yang usianya tidak lebih dari 5 tahun. Perhatikan juga riwayat pemakaian crane tersebut, apakah dioperasikan dengan baik, atau dipaksa terus menerus. Semakin muda usianya, tentu kemampuan crane tersebut lebih baik.


Kondisi dan Harga Crane


Kondisi alat berat crane menentukan harga dari crane bekas tersebut. Anda harus mempertimbangkan harga dan juga kondisinya, dan perlu dibandingkan dengan harga crane baru. Jika harganya tidak terpaut jauh, lebih baik beli crane baru.

Crane merupakan alat berat yang akan digunakan secara rutin untuk jangka waktu panjang. Jadi pastikan mendapatkan crane dengan kualitas bagus, meskipun Anda membelinya secara bekas. Pastikan setiap komponennya masih berfungsi maksimal sebelum membelinya.


Pastikan Fitur Keselamatan Masih Berfungsi


Alat berat crane semakin berguna jika terhadap banyak fitur keselamatan. Crane terbaru dirancang memiliki sistem pengaman sendiri, sehingga kecelakaan kerja bisa dicegah. Ketika Anda membeli crane bekas, cek terlebih dahulu fitur pengamannya.

Jika fitur keselamatan sudah tidak berfungsi, sebaiknya dipikirkan ulang. Percuma alat berat tersebut memiliki harga murah, jika tidak dilengkapi fitur pengaman karena jelas membahayakan nyawa pengguna.


Ketersediaan Suku Cadang


Hal lain yang harus dijadikan pertimbangan ketika membeli crane bekas adalah ketersediaan suku cadangnya. Ketika alat berat crane sudah berumur, pasti ada bagian yang rusak, atau butuh diganti. Jika suku cadangnya tidak ada, tentu alat berat tersebut sulit diperbaiki.


Jadi lebih baik pilih crane yang memiliki banyak suku cadang. Jika terdapat juga bengkel resmi atau service centernya tentu lebih baik. Karena crane butuh perawatan, terutama jika sudah berumur dan dipakai dalam intensitas tinggi. crane bekas tentu tidak masalah jika kondisinya masih prima.


Banyak orang lebih memilih membeli crane bekas karena harganya lebih terjangkau. Hanya saja, ketika membeli alat berat bekas, kondisinya harus dipastikan masih sempurna. Dengan demikian, alat berat crane tersebut akan membantu segala jenis pekerjaan Anda.