top of page

Mengenal Fungsi dari Bengkel Konversi Motor Listrik dan Peralatan Wajib yang Harus Ada



Pengertian dari motor listrik adalah alat untuk mengubah energi listrik menjadi energi mekanik. Namun pengertian tersebut berbeda dengan motor yang memiliki bahan bakar berupa listrik, itu karena motor listrik pada dasarnya adalah motor yang memang menggunakan daya listrik, alias menggunakan dinamo dan akumulator. Nah walaupun belum sepenuhnya diterima masyarakat, tetapi nyatanya motor listrik sudah sedikit demi sedikit merambat di jalanan.


Berbeda dengan motor dengan bahan bakar bensin, motor listrik tentunya tidak menggunakan bensin, sehingga ia hanya membutuhkan beberapa waktu untuk mengisi sumber dayanya. Namun walau berbeda dari sumber energinya, motor listrik dan motor bensin juga berbeda dari penerapan bengkelnya. Untuk bengkel bagi motor listrik, pada umumnya ia akan berada pada bengkel konversi, yang mana itu akan kami jelaskan fungsi serta alatnya di bawah ini!


Mengenal Fungsi dari Bengkel Konversi Motor Listrik dan Fungsinya

Sebelum memahami apa fungsinya dari bengkel konversi motor listrik, maka terlebih dahulu Anda perlu tahu apa itu bengkel konversi motor listrik? Nah bengkel konversi sendiri tentunya adalah suatu bengkel umum yang memang telah memenuhi persyaratan teknis dan beberapa administrasi untuk melakukan konversi, yang mana itu telah mendapat persetujuan dari Direktur Jenderal. Nah karena memang dikhususkan bagi motor listrik, maka sudah pasti fungsi atau kegunaan dari bengkel konversi adalah yang terkait dengan motor listrik.


Fungsi atau kegunaan dari bengkel konversi motor listrik adalah untuk memperbaiki segala kendaraan bermotor yang memiliki sumber energi berupa listrik. Tidak hanya memperbaiki, bengkel konversi motor listrik juga akan memberikan segala servis atau perawatan hingga penggantian part, yang mana tentunya bengkel konversi motor listrik dapat memungkinkan itu terjadi bagi banyak motor listrik. Namun perlu Anda ketahui atau catat, bengkel konversi motor listrik yang bisa Anda pilih untuk motor listrik Anda, harus bengkel yang memang sudah bersertifikat, itu karena dengan begitu bisa menandakan bahwa bengkel konversi tersebut telah memenuhi persyaratan.


Inilah Peralatan Wajib yang Harus Ada di Bengkel Konversi Motor Listrik

  • Set Kunci T: Kunci yang memang bisa memudahkan dalam membongkar baut, dikarenakan motor listrik pasti memiliki banyak baut.

  • Set Kunci Ring: Kunci yang berfungsi untuk memasang atau melepaskan kepala baut atau mur yang mempunyai momen pengencangan yang cukup besar dan memungkinkan dapat bekerja pada ruang yang terbatas.

  • Set Kunci Sok: Adala set lengkap dari kunci sok, yang mana kunci tersebut adalah kunci berbentuk tabung dan menyelimuti kepala mur atau baut. Kunci sok memiliki keunggulan yang lebih baik saat digunakan untuk mengencangkan atau mengendorkan mur dan baut. Itu karena adanya mata kunci langsung yang bisa menutupi kepala mur dan baut sehingga tidak mudah lepas.

  • Kunci L: Kunci yang menyerupai L yang mana bisa memasang atau melepas mur dengan bentuk segi enam.

  • Set Obeng: Karena pada dasarnya berbeda dengan motor bensin, maka set lengkap obeng diperlukan dalam bengkel motor listrik, dikarenakan beberapa komponen motor listrik tersambung dengan baut atau sekrup.

  • Beberapa Alat Cek Kelistrikan: Ini penting karena memang motor listrik adalah motor yang menggunakan sumber daya listrik. Nah alatnya bisa berupa tespen, multitester, dan lain sebagainya.


Nah sekian sudah artikel dari kami, yang mana memang telah membahas fungsi dari bengkel konversi motor listrik dan peralatan wajib yang harus ada. Semoga bermanfaat bagi Anda dan juga semuanya. Bilamana Anda tertarik dengan perkakas untuk bengkel atau keperluan lainnya, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


bottom of page