top of page

Inilah Cara Membuka Bengkel Motor dengan Modal Kecil yang Wajib Disimak



Dengan begitu banyaknya kendaraan, seperti roda dua atau motor yang ada di seluruh penjuru negara Indonesia, maka hal itu telah menjadi alasan utama banyak orang memilih bisnis atau usaha bengkel motor. Sehingga dengan begitu, maka tidak heran bahwa saat ini sudah ada banyak bengkel motor yang bisa kita temui di sepanjang jalan, baik itu bengkel resmi atau bengkel pinggiran alias bengkel umum.


Namun walau sudah menjadi usaha yang memang menjanjikan, nyatanya masih ada beberapa orang yang enggan untuk membuka usaha tersebut. Alasannya karena memang tidak percaya dirinya mereka dengan usaha yang sudah menjamur tersebut, hingga ada juga alasan bahwa modal yang dibutuhkan untuk usaha tersebut dinilai sangat besar. Perlu Anda semua ketahui, sebenarnya membuka bengkel motor bisa dengan modal kecil, alias seperti cara di bawah ini!


Inilah Cara Membuka Usaha Bengkel Motor dengan Modal yang Kecil

Tidak Perlu Sewa Tempat

Memang untuk membuka usaha bengkel diperlukan tempat, tetapi dengan modal kecil sebenarnya Anda tidak perlu sewa tempat. Anda bisa membuka bengkel di rumah Anda, tetapi itu dengan syarat jika rumah Anda memiliki tempat yang memungkinkan, alias luas dan tidak mengganggu para tetangga Anda. Namun jika memang tempat rumah Anda tidak strategis, maka Anda bisa membangun tempat seadanya layaknya pondok di berbagai tempat yang memang sesuai dan diperbolehkan, terutama strategis.


Hanya Membutuhkan 1 Partner Mekanik

Karena berniat ingin memulainya dari modal yang kecil, maka ada baiknya mekanik yang Anda pekerjakan hanya 1 saja terlebih dahulu. Jadi dengan demikian ada 2 orang yang akan bekerja di bengkel tersebut, yaitu ada Anda yang memang harus mengetahui kendaraan bermotor, lalu ada juga 1 mekanik yang memang Anda percayakan serta mau diawali dengan gaji murah terlebih dahulu. Jika memang memungkinkan bengkel Anda maju, maka ada baiknya Anda tambah mekanik lain yang memang terbaik dan memiliki range gaji wajar.


Siapkan Peralatan Bengkel yang Memang Diperlukan Saja

Kebanyakan para calon pengusaha bengkel motor ingin menjadikan bengkel motor mereka sebagai bengkel yang terlengkap dalam memiliki peralatan bengkel, hal itu karena dengan demikian bisa membuat rasa percaya bagi para pelanggannya. Namun sayangnya, sebenarnya itu hanya akan membuat modal membuka usaha bengkel Anda akan menjadi besar. Jadi ada baiknya Anda persiapkan dulu peralatan bengkel yang seadanya alias dibutuhkan saja. Baru setelah bergerak sudah cukup maju, maka Anda bisa bertahap dalam menambah peralatan bengkel motor Anda.


Beli Peralatan Bengkel Bekas yang Berkualitas

Ini sebenarnya tips yang pasti bisa membuat modal buka usaha bengkel motor Anda akan menjadi semakin kecil. Jadi Anda sebenarnya bisa memiliki peralatan bengkel dari peralatan bekas, yang mana biasanya peralatan bekas memiliki range harga yang jauh lebih murah. Namun perlu diperhatikan, bahwa jangan sampai peralatan untuk bengkel tersebut adalah bekas yang memang sudah tidak layak pakai.


Cari Vendor yang Memang Bisa Suplai Borongan dengan Harga Murah

Untuk semakin membuat modal usaha bengkel motor semakin kecil, ada baiknya Anda persiapkan suplai stok untuk bengkel dari vendor yang memang bisa memberikan harga murah dari borongan yang Anda ingin beli. Hal itu tentunya bisa membuat modal usaha semakin kecil, serta akan bisa terus menjalin hubungan baik dengan vendor tersebut, yang mana nantinya akan bisa menguntungkan usaha bengkel motor Anda kedepannya.


Jadi itulah cara membuka usaha bengkel motor dengan modal yang kecil. Sekian dari kami, semoga bermanfaat bagi Anda semua, terutama bagi Anda yang memang ingin membuka usaha bengkel motor. Jika Anda berniat ingin memiliki peralatan bengkel terbaik dengan harga yang terjangkau, maka semua itu bisa Anda dapatkan di perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com


bottom of page