Beragam Masalah yang Biasa Dihadapi dalam Hoist dan Beragam Solusinya



Crane biasanya akan berhubungan dengan hoist, lalu apa itu hoist? Hoist adalah salah satu jenis pesawat angkat yang banyak digunakan untuk mengangkat dan menurunkan beban secara vertikal atau tegak lurus. Sementara crane seperti yang banyak orang tahu, adalah sistem yang dirancang dan dibangun untuk menunjang operasional dan mobilitas hoist tersebut. Alias terhubung satu sama lain.


Nah meski begitu layaknya crane, hoist juga cenderung bisa terkena masalah yang bahkan bisa merugikan banyak orang termasuk sang penggunanya. Tentunya masih banyak yang tidak tahu tentang beberapa masalah pada hoist, oleh karena itu di artikel ini kami akan jelaskan kepada anda beberapa masalah yang ada pada hoist. Bukan hanya itu ada juga solusinya yang bisa anda ketahui, maka dari itu silahkan simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Berbagai Masalah yang Biasa Ada Pada Hoist Begitu Juga dengan Solusinya


Daya Listrik Hoist Bermasalah

Apabila daya listrik bermasalah pada hoist, maka anda perlu cek masalah tersebut lebih lanjut, lalu pastikan daya listrik yang diperlukan untuk mengoperasikan Electric Chain Hoist sudah tepat dan benar. Tentunya Electric Chain Hoist memiliki daya listrik (voltase dan ampere) yang harus tepat, hal itu karena memang bertujuan dalam menjalankan Electric Chain Hoist bervariasi tergantung dari kapasitas beban yang dimiliki. Anda harus pastikan bahwa daya listrik yang digunakan sesuai dengan kebutuhan listrik untuk mengoperasikan Electric Chain Hoist.

Hoist Lambat dalam Mengangkat

Masalah berikutnya adalah hoist yang memiliki kecepatan pengangkatan yang lebih lambat. Apabila itu terjadi, maka segera periksa daya listrik, atau bisa juga pada mesin hoistnya. Selain itu penyebabnya juga bisa disebabkan karena beban yang diangkat oleh hoist melebihi kapasitas pengangkatan maksimal yang bisa diangkat oleh hoist (SWL). Solusi untuk mengatasi itu, maka segera turunkan beban dan periksa kembali berat beban yang mau diangkat.

Hoist Mengeluarkan Suara Aneh

Jika hoist anda mengeluarkan suara aneh berupa dengungan atau klik, maka anda bisa mencoba segera menghindari down time. Namun yang pertama harus dilakukan oleh anda, yaitu anda harus pastikan bahwa anda mempunyai daya listrik yang cukup untuk mengoperasikan Electric Chain Hoist. Lalu kemudian cobalah kurangi frekuensi pengangkatan beban, yaitu dengan mengurangi beban muatan yang coba anda angkat pada hoist anda.

Overheat dan Hoist Tidak Bisa Digunakan

Masalah yang cukup umum ditemukan banyak alat adalah overheat, yang mana hoist cenderung akan terkena overheat apabila ia bekerja tanpa henti dengan suhu yang tidak menurun. Nah untuk mengatasinya, anda hanya perlu menghindari down time, dimana pertama, anda harus pastikan mempunyai daya listrik yang cukup untuk mengoperasikan Electric Chain Hoist. Lalu berikutnya maka coba kurangi frekuensi pengangkatan beban, ditambah dengan kurangi beban muatan yang anda angkat dengan hoist anda semua.

Arah Hoist Terbalik

Arah hoist bisa saja terbalik, seperti dengan menekan tombol naik di remote Electric Chain Hoist, tapi itu akan membuat rantai malah turun atau sebaliknya. Perlu anda semua ketahui, bahwa ada beberapa kemungkinan penyebabnya, yaitu bisa saja operator memasang kabel R,S,T terbalik sewaktu instalasi Electric Chain Hoist, atau lain sebagainya. Nah solusinya, anda dapat menukar posisi kabel dan mencobanya kembali.


Jadi itulah beberapa masalah yang bisa ditemukan pada hoist, berikut juga dengan solusinya yang bisa anda ketahui. Semoga bermanfaat bagi anda dan juga kepada yang lainnya, dimana itu bisa anda lakukan dengan share artikel ini kepada yang lainnya. Bilamana anda tertarik ingin memiliki hoist dan crane, maka rekomendasi kami adalah Elephant Hoist and Crane, yang dimana itu bisa anda ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com