Inilah Beragam Mata Bor Obeng yang Wajib Untuk Diketahui



Bor atau drill, adalah alat yang bisa digunakan untuk melubangi dan juga dapat untuk memotong kayu, dan sebagainya. Alat ini biasanya dipakai oleh tukang kayu, tukang bangunan, dan bahkan oleh tukang ukir, itu karena bor memiliki sistem pemutaran secara otomatis dengan tingkat kecepatan yang bisa disesuaikan. Sehingga dengan begitu maka bor dapat melubangi kayu, atau bahkan bahan lain yang sesuai.


Bor tentunya memiliki beberapa jenis, dimana salah satunya adalah bor yang berkaitan dengan obeng, yaitu bor obeng. Nah bor obeng tentunya memiliki kegunaan atau fungsi yang sama dengan obeng pada umumnya, tetapi itu tergantung dari mata obeng bor yang ada dan tersedia. Nah melalui artikel ini, kami akan berikan kepada anda beberapa mata bor obeng yang wajib anda ketahui dan juga pelajari!


Inilah Beragam Mata Bor Obeng yang Wajib Anda Ketahui Semuanya


Definisi Bor Obeng

Apa itu bor obeng? Nah bor obeng adalah alat universal yang dapat dipergunakan untuk melakukan pekerjaan yang cukup sama dengan beberapa obeng pada umumnya. Mekanisme penggerak dari obeng bor listrik tentunya hanya berputar pada ujung bit dan tidak memberikan tekanan seperti pada obeng impact lainnya. Dengan begitu, maka obeng bor yang menggunakan tenaga listrik memiliki fitur yang tentunya sangat berguna untuk melakukan beberapa pekerjaan, seperti mengencangkan sekrup kecil dan sebagainya yang sulit oleh obeng umumnya.


Beragam Mata Bor Obeng yang Perlu Anda Ketahui

Bor obeng listrik dapat digunakan setelah memasang mata obeng atau mata bor pada ujung obeng, sehingga dengan begitu maka dapat melakukan berbagai jenis pekerjaan dengan cara hanya mengganti mata obeng/bor sesuai kebutuhannya. Nah beberapa mata obeng yang ada pada bor obeng, itu bisa terdiri dari mata obeng plus dari beberapa ukuran, lalu ada juga mata obeng minus dari beberapa ukuran, hingga mata obeng bintang dari beberapa ukuran.


Fungsi Serta Kegunaan dari Mata Bor Obeng

Sejatinya, bor obeng seperti paket lengkap suatu obeng, hanya saja ia menggunakan tenaga listrik. Nah mata obeng yang ada pada bor obeng sendiri, diketahui umumnya hanya memiliki 3 jenis mata obeng, seperti mata obeng plus, minus, dan bahkan bisa bintang, yang dimana semuanya memiliki beberapa ukuran beragam.


Mata bor obeng plus, tentunya dapat berguna untuk membuka dan memasang baut, mur, dan juga sekrup yang tentunya juga memiliki kepala plus. Tetapi itu juga harus sesuai dengan ukuran dari mata obeng tersebut. Nah menariknya, mata obeng plus pada bor obeng bisa digunakan untuk melubangi kayu, balok, atau bahan lain yang memang memungkinkan untuk dilubangi dengan bor obeng, itu karena memang ujung dari mata obeng plus yang cukup mirip dengan mata bor pada umumnya.


Selain plus ada juga mata obeng minus yang terdiri dari beberapa ukuran yang juga ada pada bor obeng. Layaknya obeng minus pada umumnya, mata bor obeng minus juga dapat digunakan untuk memasang baut, mur, dan juga sekrup yang tentunya juga memiliki ukiran minus. Nah keunggulan menggunakan bor obeng sendiri, tentunya dapat menghemat tenaga dan juga waktu, karena proses rotasi yang digunakan menggunakan tenaga listrik dan bukan manual.


Tidak hanya plus atau minus, tentunya tidak lupa juga ada mata obeng bintang pada bor obeng, yang dimana kegunaan dan kelebihannya sama dengan yang lain. Yaitu dapat memasang, melepas baut, mur, dan juga sekrup yang memang sejenis dengan mata obeng bintang. Menariknya, dengan mata obeng bintang, bor obeng dapat digunakan juga untuk melubangi objek yang memungkinkan, itu karena ujung mata obeng bintang yang cukup mirip dengan plus.


Jadi itulah segalanya yang perlu anda ketahui mengenai mata bor obeng. Kiranya bermanfaat untuk anda semua, dan juga bisa di share kepada yang lainnya. Jika anda tertarik dengan obeng tetapi ingin yang terbaik dan berkualitas, maka perkakas Tenka bisa menjadi rekomendasi terbaik untuk anda. Mengenai perkakas Tenka, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.