top of page

Inilah Beragam Nama Alat Perkakas yang Wajib Diketahui



Perkakas adalah suatu alat yang terdiri dari beberapa jenis dan ragamnya. Nah perkakas sendiri merupakan beberapa alat yang pastinya beberapa juga umum ditemukan, hal itu karena memang perkakas saat ini sudah dijual banyak oleh toko perkakas. Banyak yang ingin memiliki perkakas, itu karena perkakas sangat bermanfaat dalam mempermudah pekerjaan, baik dalam hal penandaan, pemahatan, permesinan, pengerokan, dan lain sebagainya.


Dengan banyak jenis dan ragam perkakas, maka terkadang hal itu membuat beberapa orang tidak tahu perkakas-perkakas lainnya, begitu juga dengan bentuk, kegunaan, hingga nama perkakas itu sendiri. Nah oleh karena itu jika memang Anda saat ini tidak tahu perkakas apa saja yang ada digunakan atau umum saat ini, maka Anda bisa ketahui di artikel ini. Maka dari itu, silahkan Anda simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Beragam Nama Alat Perkakas yang Wajib Anda Ketahui Semuanya

Obeng

Untuk alat perkakas ini, adalah alat perkakas yang terdiri dari 3 komponen penting. Yaitu ada mata obeng yang sesuai dengan jenisnya, seperti ada mata obeng plus, minus, dan lain sebagainya. Lalu mata obeng itu ada pada bagian batang obeng yang biasa terbuat dari material logam, yang mana itu dimasukan pada gagang atau grip obeng yang terbuat dari karet atau bahan lainnya yang aman untuk tangan. Kegunaannya, jelas untuk memasang dan melepas sekrup, mur, dan baut yang sesuai dengan ulirnya.


Palu

Palu merupakan perkakas yang terdiri dari 2 jenis, ada palu yang tanpa pencungkil untuk paku, lalu ada juga palu yang tidak dilengkapi dengan pencungkil untuk paku. Palu biasanya terdiri dari 2 bahan, yaitu bagian palu yang terbuat dari lempengan besi keras yang bisa digunakan untuk memukul paku atau sebagainya sampai bolong. Nah lempengan besi tersebut akan dipasangkan dengan gagang, yang mana biasa terbuat dari kayu, besi, ataupun sebagainya yang aman untuk tangan.


Tang

Bentuknya seperti gunting, tetapi matanya tidak tajam melainkan seperti penjepit besar yang terbuat dari logam keras. Nah gunanya adalah menjepit sesuatu, yang mana itu bertujuan untuk mendapatkan kuncian kuat agar dapat momentum yang benar dalam pekerjaan tertentu. Tang juga memiliki mata gerigi pada mata tang logamnya, yaitu berguna untuk memotong bahan seperti kawat, besi tipis, ataupun sebagainya.


Kunci

Bukan kunci rumah, melainkan kunci perkakas atau kunci untuk membongkar atau memasang part. Contohnya seperti kunci pas, kunci L, dan lain sebagainya. Nah nama-nama kunci perkakas memang beragam, hal itu karena mereka dikondisikan pada kegunaannya dan juga fisik dari kunci tersebut. Contohnya seperti kunci L, yang mana kunci itu berbentuk seperti L yang dapat digunakan untuk membuka uliran dalam segi enam atau segi 4.


Gergaji

Merupakan perkakas yang memiliki 2 pengoperasian, ada yang manual dan ada juga yang otomatis. Nah gergaji tentunya bisa untuk memotong kayu atau besi tertentu, hal itu karena memang terdapat gerigi besi yang dapat diasah untuk memotong objek tertentu, baik itu dengan tangan manusia atau dengan tenaga mesin.


Bor

Bor memiliki ujung mata bor yang berulir gelombang, hal itu karena memang bor dapat digunakan untuk melubangi sesuatu, seperti dinding, kayu, dan juga bisa besi. Nah bor juga terdapat 2 pengoperasian, ada yang manual dan ada juga yang menggunakan tenaga mesin dengan daya listrik ataupun bisa dari baterai.


Itulah beragam nama alat perkakas yang umum untuk Anda semua ketahui. Semoga bermanfaat bagi Anda semua dalam mengenal nama perkakas yang ada saat ini. Bilamana Anda ingin mencari perkakas terbaik dan berkualitas, maka perkakas rekomendasi dari kami adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Comments


bottom of page