top of page

Beragam Macam Perkakas Kebun yang Bisa Digunakan Untuk Bercocok Tanam



Jika bicara perkakas, maka banyak orang akan menganggap bahwa itu adalah alat-alat yang biasanya ada pada suatu bengkel kendaraan. Namun ada juga yang beranggapan bisa untuk teknologi, ataupun memang untuk pembangunan konstruksi. Tetapi akan banyak yang tidak percaya, bahwa perkakas sebenarnya bisa juga untuk alat dalam berkebun, baik itu menanam ataupun kegiatan lain dalam perkebunan.


Nyatanya, perkakas bisa digunakan dalam pekerjaan perkebunan, hal itu karena perkakas yang terdiri dari beberapa alat ada yang cocok untuk sektor tersebut. Pastinya ada diantara Anda yang bingung, alat perkakas apa saja yang cocok digunakan di kebun dalam hal cocok tanam atau apapun dalam perkebunan. Nah untuk mengetahui itu, maka Anda semua bisa simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Beragam Alat Perkakas Kebun yang Bisa Digunakan Untuk Bercocok Tanam

Sekop

Untuk bercocok tanam di suatu kebun, maka pastinya Anda harus menggali tanah dengan kedalaman yang sesuai. Maka dari itu daripada menggunakan tangan kosong, alangkah lebih baiknya Anda menggunakan sekop untuk menggali tanah dalam bercocok tanam di kebun, karena itu lebih cepat serta tidak memakan tenaga begitu besar. Nah sekop juga bisa Anda pilih ukurannya yang Anda inginkan dalam bercocok tanam, seperti jika besar maka dibutuhkan sekop besar, begitu juga dengan sebaliknya.


Cangkul

Cangkul bukan hanya untuk bertani saja, cangkul juga bisa juga untuk menggali tanah dalam melakukan cocok tanam di suatu kebun. Nah jika cara kerja sekop adalah diangkat untuk membuang tanah, maka cangkul adalah digaruk tanahnya sampai dengan yang diinginkan kedalamannya. Sehingga, Anda bisa bebas memilih mana yang Anda suka, baik itu sekop ataupun cangkul.


Kikir

Merupakan alat yang bisa digunakan untuk memahat, tetapi di perkebunan alat ini juga cocok untuk memangkas tanaman, seperti pada kayu yang ada di batang, maupun sebagainya. Nah kegunaan kikir juga bisa Anda andalkan untuk menggali tanah, ataupun dataran yang banyak batunya. Begitu juga menanam kembali tanah dengan memanfaatkan mata kikir yang melebar.


Gunting

Tentunya Anda sudah tahu apa fungsi dari gunting, tetapi di perkebunan dalam hal cocok tanam, gunting juga bisa berperan penting. Gunting bisa Anda andalkan dalam memotong tanaman merambat yang mengganggu cocok tanam, ataupun bisa Anda andalkan untuk memanen hasil cocok tanam yang sudah Anda lakukan sejak dulu.


Arit

Jika ada tanaman merambat yang banyak dan besar, maka Anda bisa menggunakan arit untuk memotongnya. Hal itu karena arit adalah alat yang menyerupai sabit, tetapi tidak dilengkapi dengan gagang yang panjang.


Bor

Perlu Anda ketahui, bor ternyata bisa juga Anda andalkan untuk menggali tanah dengan kedalaman serta diameter yang tepat dalam menanam benih tanaman. Tetapi itu dengan bor yang memiliki mata bor berupa twist drill tertentu, seperti yang memang dikhususkan untuk perkebunan.


Trolley

Untuk berkebun atau bercocok tanam, maka trolley bisa Anda andalkan untuk membawa segala yang dibutuhkan dalam kegiatan tersebut. Hal itu karena trolley memiliki roda yang bisa digerakan kemana saja, sehingga apapun yang dibawa akan lebih mudah karena trolley yang akan membawanya. Lalu trolley juga dapat diandalkan untuk membawa hasil panen perkebunan, sehingga Anda tidak perlu mengangkutnya dengan susah payah.


Itulah beragam macam perkakas kebun yang bisa digunakan untuk bercocok tanam di kebun. Semoga bermanfaat untuk Anda semua, terutama bisa memberikan Anda pembelajaran dalam cocok tanam yang benar. Bilamana Anda ingin mencari perkakas yang terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi kami kepada Anda adalah perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.



bottom of page