Beragam Perkakas Listrik Untuk Keperluan Elektro yang Wajib Dimiliki



Alat perkakas adalah alat yang dapat digunakan untuk membantu beberapa pekerjaan manusia, mulai dari memasang, merakit, ataupun membongkar dan lain sebagainya yang ada. Nah perkakas yang banyak memiliki kegunaan, tentunya juga membuat perkakas tersebut juga memiliki ragam dan jenisnya. Ada yang digunakan untuk mengasah, memotong, ataupun lain-lain yang biasa menggunakan tenaga atau bisa dari mesin.


Perkakas sering digunakan pada sektor otomotif, tetapi ada yang paling sering juga digunakan pada sektor teknologi yang biasa berkaitan dengan listrik. Nah ada beragam banyak perkakas, tetapi hanya ada beberapa yang paling umum digunakan atau harus ada bagi keperluan elektro. Apa saja perkakas tersebut? Untuk mengetahuinya, maka Anda semua bisa simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Beragam Perkakas Listrik Untuk Keperluan Elektro yang Wajib Dimiliki

Tang

Untuk keperluan listrik yang biasa menyangkut dengan kabel, maka tang wajib ada. Nah gunanya tang yaitu untuk memotong kabel, bisa pada luar atau kulit kabel, ataupun pada tembaga yang ada dalam kabel. Nah biasanya tang yang digunakan juga beragam, ada yang lancip ataupun ada tang yang berukuran tebal, yang mana semuanya itu bisa dikondisikan pada kebutuhan keperluan elektro.


Obeng

Obeng juga pastinya harus ada, karena elektro itu akan menyangkut dengan penutup yang pastinya bisa tersambung karena ada baut, mur, ataupun sekrup. Kegunaan obeng jelas untuk melepas atau memasang baut atau mur, atau juga bisa untuk mengencangkan atau mengendorkan baut, mur dan juga sekrup yang terpasang. Untuk tipe obengnya, biasanya obeng dengan mata obeng plus, minus, atau bahkan yang lainnya yang sesuai dengan kegunaannya.


Pinset

Kebutuhan pinset di elektro bisa menjadi penjepit suatu barang yang kecil, karena seperti yang kita tahu bersama, akan ada banyak part-part kecil di suatu teknologi yang berkaitan dengan elektro. Nah maka dari itu, tidak mungkin tangan manusia bisa meraih sesuatu yang kecil, ataupun tang yang malah bisa berpotensi menghancurkan part kecil tersebut. Sehingga dengan begitu maka dibutuhkanlah pinset dari berbagai ukuran.


Cutter

Beda dengan pisau atau gunting, cutter dapat memotong sesuatu seperti karet pada kabel dengan penyayatan yang tidak terlalu dalam, sehingga pemotongan tidak terlalu dalam atau sampai putus. Oleh karena itu, cutter biasa ada pada keperluan yang menyangkut dengan elektro, hal itu karena cutter lebih efisien serta bisa efektif digunakan dimana saja dalam kebutuhan apapun.


Kunci L

Kunci-kunci umumnya juga digunakan pada sektor otomotif, tetapi ada juga kunci yang biasa digunakan pada sektor elektro. Kunci tersebut adalah kunci L, yang mana kegunaannya yaitu untuk melepas atau memasang uliran yang memiliki bentuk segi enam atau segi 4.


Gunting

Walaupun sudah ada cutter ataupun tang, tetapi gunting juga perlu dipersiapkan. Hal itu karena gunting cenderung lebih efektif dan cepat dalam memotong sesuatu, seperti kabel ataupun bisa juga tembaga. Nah ukuran dari gunting pun bisa disesuaikan dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh kebutuhan elektro, baik itu gunting panjang, pendek, dan sebagainya.


Palu Karet

Palu yang biasa ada pada sektor elektro adalah palu karet, hal itu karena palu yang terbuat dari bahan karet lebih aman dan tidak mudah merusak komponen pada perangkat yang berkaitan dengan elektro. Tetapi walau begitu, dengan tenaga yang kuat, palu karet pun juga bisa merusak layaknya palu besi.


Nah jadi itulah beragam perkakas yang cocok untuk keperluan listrik atau elektro. Semoga bermanfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya. Bilamana Anda ingin memiliki perkakas, maka yang terbaik dan berkualitas kami rekomendasikan perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka, Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.