top of page

Inilah Beragam Rak Alat Bengkel yang Bisa Jadi Pilihan Sebelum Usaha Bengkel



Ada banyak pertimbangan sebelum membuka usaha bengkel, seperti perkiraan modal usaha, tempat bengkel yang harus dipersiapkan, mekanik, hingga peralatan bengkel. Nah dalam membuka usaha bengkel kendaraan baik itu motor atau mobil, tentunya peralatan bengkel yang diperlukan haruslah peralatan yang lengkap, alias tidak mungkin 1 atau 2 peralatan saja. Jadi dengan demikian, maka akan ada banyak peralatan bengkel yang ada.


Dengan peralatan bengkel yang banyak, maka tentu itu akan membuat para mekanik akan kesulitan mencari atau menempatkan perkakas tersebut. Sehingga dengan begitu, maka dibutuhkanlah peran dari rak alat bengkel yang memang harus ada di tiap bengkel otomotif. Rak untuk alat bengkel pun tentunya memiliki banyak ragam atau jenisnya, yang mana tiap jenisnya itu bisa Anda pilih atau sesuaikan sebelum Anda membuka usaha bengkel.


Beragam Rak Alat Bengkel yang Bisa Anda Pilih Sebelum Membuka Usaha Bengkel

Rak Alat Bengkel Drawer

Rak alat bengkel ini adalah rak perkakas yang memang terdapat beberapa drawer atau laci, bisa 6 atau bahkan 10. Nah rak ini adalah salah satu rak perkakas yang cukup umum ditemukan di usaha-usaha bengkel resmi atau bengkel besar. Alasannya karena rak ini sangat efektif dalam menyimpan kunci bengkel secara banyak serta tertata rapi karena adanya laci yang dapat memisahkan.


Kemudian, pada umumnya jenis rak ini akan dilengkapi dengan 4 roda di 4 sisi yang berbeda, yang mana itu sangat efektif dalam membawa rak ini ke lokasi-lokasi yang ada di bengkel, seperti di pit mekanik, sparepart, dan lain sebagainya. Walau memiliki range harga yang cukup mahal, tetapi dari kualitas serta efisiennya, rak alat bengkel ini cukup worth it dipunya beberapa pada semua bengkel yang ada.


Rak Alat Bengkel Gantung

Jenis ini adalah rak alat bengkel yang akan menggunakan sistem gantung pada perkakas yang disimpannya. Nah jenis ini sebenarnya memiliki konsep lemari display tanpa tutup, yang mana akan ada beberapa gantungan yang bisa dipakai untuk menggantung perkakas pada tempatnya. Sayangnya, kelemahan dari jenis rak alat bengkel ini, yaitu mudah membuat alat bengkel jatuh atau terhilang dengan sendirinya. Lalu kelemahannya berikutnya tidak dilengkapi dengan roda, jadi hanya bisa dipindahkan dengan mengangkatnya bersama orang lain.


Rak Alat Bengkel Dinding

Seperti namanya, jenis rak alat bengkel ini memiliki konsep yang akan menempel pada dinding. Kemudian konsep ini biasanya juga akan dilengkapi dengan beberapa laci, yang mana itu sangat berguna dalam menata tiap alat peralatan bengkel yang ada. Walaupun murah dan mudah dibuat, sayangnya ada batas dalam menaruh peralatan bengkel di rak tersebut. Kemudian, rak ini juga tidak bisa dipindahkan, alias paten karena memang sudah terpaku dengan dinding.


Rak Alat Bengkel Trolley

Layaknya trolley pada umumnya, rak ini jelas adalah rak yang memiliki konsep seperti trolley, yaitu rak yang memiliki 4 roda di 4 bagian sisinya. Perbedaannya dengan rak alat bengkel drawer, rak ini biasanya hanya berupa tempat tersusun tanpa adanya laci. Sehingga dengan begitu akan ada potensi kehilangan peralatan alat bengkel, atau mungkin akan memicu kerusakan pada peralatan bengkel yang tersimpan di rak tersebut karena tidak tertutup.


Jadi itulah beragam rak alat bengkel yang bisa jadi pilihan Anda sebelum membuka usaha bengkel. Kiranya jadi manfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Jika Anda tertarik ingin memiliki rak atau perkakas lainnya, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com


bottom of page