top of page

Berapakah Tinggi Watt Kompor Listrik dan Apakah Efektif Digunakan?



Untuk memasak, maka selain membutuhkan bahan-bahan masak atau alat masak, kompor juga penting harus ada. Hal itu karena memang kompor dapat berguna menghasilkan panas api, yang mana itu didapat dari tabung gas elpiji yang tersambung dengan kompor itu sendiri. Namun dengan perkembangan zaman saat ini, kompor pun kini beralih menjadi kompor elektrik atau biasa dikenal dengan banyak orang sebagai kompor listrik.


Kompor listrik adalah kompor tanam yang bekerja dengan cara mengalirkan arus listrik melalui kumparan logam yang ada di bawah permukaan kaca atau keramik. Arus listrik ini nantinya akan mengirimkan panas yang digunakan untuk memasak melalui permukaan kaca dengan menggunakan energi inframerah. Nah bilamana Anda penasaran dengan tinggi watt kompor listrik, maka Anda bisa ketahui di artikel ini dan simpulkan apakah itu efektif atau tidak?


Inilah Tinggi Watt Kompor Listrik yang Perlu Anda Semua Ketahui

Kompor listrik dari berbagai merk, pada dasarnya bisa memiliki rata-rata tenaga listrik yang membutuhkan tegangan 700-2000 watt. Namun tidak selalu dengan besar seperti itu, ada juga kompor listrik lain yang memiliki besaran watt 300-500. Nah perlu Anda semua ketahui, semakin rendah watt dari kompor listrik maka semakin lama waktu memasaknya, yang mana itu juga akan berimbas pada tingginya tagihan listrik yang akan dibayarkan. Selain itu, keterbatasan daya listrik di rumah atau di tempat lain yang tak sesuai juga dapat membuat korsleting.


Apakah Efektif Digunakan?

Total watt pada satu kompor listrik dengan dua tungku bisa mencapai 2.800 watt. Nah kemudian pada daya pada tungku kiri yaitu bisa mencapai 1.000 watt dan tungku kanan bisa mencapai 1.800 watt. Jadi dengan begitu sebenarnya voltage bisa menentukan cara masak, seperti masak air dengan kurun waktu yang cepat. Lalu apabila voltage kecil, maka artinya kompor listrik tidak dalam kekuatan maksimal. Pada dasarnya, suatu kompor listrik yang akan diuji coba memiliki beberapa fitur seperti ukuran tingkat panas, yaitu dari rendah sampai tinggi dengan minimal yang terbagi menjadi 5 tingkat atau level pada kompor listrik tersebut.


Kemudian perlu Anda semua ketahui, di kompor listrik terdapat tambahan fitur pilih fungsi, timer, child lock, on/off, hingga bisa menampilkan display angka besaran sesuai level daya dari kompor listrik. Sedangkan untuk masing-masing tungku diameter area memasak minimal 20 cm. Jadi bagi pengguna kompor listrik dengan spesifikasi tersebut, maka peralatan yang dapat digunakan yaitu steampod atau panci diameter minimal 18 cm, fry pan atau wajan diameter atas minimal 27 cm. Sementara untuk komponen yang ada pada kompor listrik terdapat komponen impor dan tingkat komponen dalam negeri (TKDN). Nah untuk komponen impor yaitu PCB, sensor, fan, ceramic tempered glass. Lalu untuk TKDN yaitu enameled wire, kabel power, screw, heatsink, modul KWH motor, dan utensil.


Nah kesimpulannya apakah kompor listrik itu efektif untuk digunakan? Tentunya dari banyaknya penjelasan, kompor listrik memang sangat efektif untuk digunakan dalam memanaskan, alias memasak, baik itu memasak air, memasak makanan, ataupun menghangatkan makanan atau minuman.


Nah kemudian dengan menggunakan kompor listrik, maka Anda sudah tidak lagi membutuhkan tabung gas elpiji, sehingga dengan begitu tidak repot memasang tabung gas elpiji ke kompor, atau sekedar mengganti tabung gas elpiji karena isinya sudah habis. Namun ada kekurangannya yang menjadi kekurangan fatal, ia tidak bisa digunakan ketika listrik padam, sehingga dengan begitu maka dibutuhkanlah alat lain dalam mengaliri listrik, contohnya seperti Genset.


Sekian sudah artikel dari kami, yang mana membahas mengenai tinggi watt kompor listrik dan apakah ia efektif untuk digunakan. Semoga bermanfaat bagi Anda semua. Tentunya Anda membutuhkan Genset untuk antisipasi jika keadaan listrik sedang padam, maka dari itu Genset rekomendasi kami yang terbaik dan berkualitas adalah Genset Tenka yang ada di IndahJaya.com


留言


bottom of page