Berbagai Bahan dan Ukuran Selang Air Sesuai Fungsinya


Berbagai Bahan dan Ukuran Selang Air Sesuai Fungsinya

Ukuran selang air dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan lokasi yang dijangkau. Biasanya selang air banyak difungsikan pada kegiatan rumah tangga untuk menyiram tanaman, membersihkan rumah, mencuci kendaraan.


Namun selain di rumah, selang air juga banyak dibutuhkan untuk kegiatan industry seperti pertanian, konstruksi, perbengkelan. Selang air yang dibutuhkan untuk keperluan industry dan rumahan biasanya berbeda.


Untuk kebutuhan industry dibutuhkan selang air dengan bahan kuat namun tidak mudah retak sehingga awet. Sedangkan untuk keperluan di rumah, dibutuhkan selang air yang lentur dan tidak mudah retak.


Biasanya selang air terbuat dari bahan PVC, vinyl, stainless steel dan karet. Selang air berbahan PVC memiliki harga yang terjangkau dengan berbagai ukuran. Bahan stainless steel biasanya digunakan untuk selang air yang tahan suhu panas dan dingin seperti shower.


Karena karakteristiknya, selang air ini harganya cukup mahal. Selang air berbahan karet harganya terjangkau, namun lebih mahal dari PVC. Hal ini dikarenakan lebih awet dan lebih tebal sehingga tidak mudah bocor bila terkena benda tajam.


Sedangkan selang air dengan bahan vinyl memiliki harga yang paling murah karena bahannya paling tipis dengan ukuran selang memiliki ketebalan tidak lebih dari 3 mm.


Macam – macam Ukuran Selang Air yang Wajib Anda Ketahui


Ada beberapa macam ukuran selang yang dapat Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Biasanya, semakin besar ukuran selang maka harganya juga semakin mahal. Hal itu juga tergantung dari bahan pembuatnya. Untuk itu penting menyesuaikan ukuran selang dengan biaya dan fungsinya.


1. Ukuran Selang ¼ Inchi


Selang ini adalah yang paling kecil, biasanya digunakan untuk pengairan aquarium dan mengalirkan air bersih. Kegiatan tersebut tidak membutuhkan tekanan yang tinggi dan debit air yang besar sehingga dapat dilakukan menggunakan ukuran selang air tersebut.


2. Ukuran Selang 3/8 Inchi


Ukuran selang air ini termasuk dalam kategori sedang dan bisanya digunakan untuk keperluan rumah tangga bukan kebutuhan industry. Untuk memudahkan penggunaan, Anda dapat menyambungkannya dengan grip selang air dan kran.


3. Ukuran Selang 5/8 Inchi


Pada selang ukuran ini, volume air dan tekanan air yang keluar tidak terlalu kuat. Sehingga lebih cocok digunakan untuk perawatan rumah seperti menyiram tanaman dan membersihkan rumah.


4. Ukuran selang ¾ Inchi


Selang air dengan ukuran ini memiliki tekanan dan sebaran yang lebih lebar. Oleh karena itu cocok digunakan untuk kebutuhan industry. Ukuran selang air ¾ inchi dan 5/8 inchi tersedia dalam panjang 25 hingga 100 kaki.


Jenis – Jenis Selang Berdasarkan Fungsinya


Ukuran dan bahan selang yang dipilih disesuaikan dengan fungsinya. Ada beberapa macam selang yang dapat Anda pilih.


1. Selang Air Transparan


Warna selang air ini putih transparan sehingga air yang mengalir dapat terlihat. Jenis selang ini biasanya terbuat dari PVC dan memiliki sifat elastis. Biasanya digunakan pada akuarium atau digunakan tukang bangunan.


2. Selang Air Plastik


Selang air jenis ini biasanya berwarna mencolok, karakteristiknya lebih tebal dan keras namun juga elastis. Terbuat dari bahan PVC dan karet yang lentur namun juga cukup kuat. Serta tersedia dalam berbagai ukuran selang air.


3. Selang Air Spiral


Selang air spiral berfungsi untuk pembuangan air dengan tekanan tinggi. Terbuat dari bahan PVC lunak dan keras. Warnanya semi transparan sehingga Anda dapat melihat pergerakan air di dalamnya.


4. Selang Air Panas


Selang ini didesain untuk tahan pada air bersuhu tinggi hingga mencapai 200° C dan bertekanan tinggi seperti air dari water heater. Bahan pembuatnya adalah dari PEX yakni cross linked polyethylene yang tidak mudah berkarat.


Fungsi selang air yang berbeda – beda mempengaruhi jenis selang air yang digunakan. Bahan dan ukuran selang air harus disesuaikan dengan harga dan kegunaannya.