top of page

Berbagai Jenis Hoist: Pilih yang Terbaik untuk Kebutuhan Anda yang Wajib Disimak



Katrol atau dalam bahasa inggris snatch block atau pulley block, merupakan sebuah roda di atas sebuah as roda atau penggerak roda yang dirancang untuk mendukung pergerakan dan mengubah arah dari kabel atau sabuk yang dipasang, atau bisa juga untuk mentransfer kekuatan antara penggerak roda dan kabel atau sabuk. Dalam pemahamannya, sebenarnya katrol dapat didefinisikan juga sebagai hoist yang ada pada crane.


Peranan hoist di banyak pekerjaan memang beberapanya tidak terlepas dari crane, itu karena kedua alat lifting tersebut memang terbaik untuk digunakan dalam membantu mengangkat bobot yang berat. Seperti crane, hoist juga memiliki berbagai jenis yang berbeda, begitu juga dengan fungsinya yang memang dapat disesuaikan dengan penggunaannya. Nah untuk mengetahui jenis-jenis hoist tersebut, maka Anda bisa simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Berbagai Jenis Hoist yang Bisa Anda Pilih Sesuai dengan Kebutuhan Anda


Tidak hanya crane, hoist juga menjadi alat yang memiliki peran penting karena alat tersebut dapat digunakan untuk lifting di banyak sektor pekerjaan, seperti dalam industri, pabrik, dan lain sebagainya. Hoist atau katrol pun dapat disimpulkan sebagai alat bantu yang tujuan utamanya hanyalah untuk mengangkat dan memindahkan barang yang memang tidak bisa diangkat oleh tenaga manusia.


Dengan peran pentingnya tersebut, maka hoist pun berevolusi dengan memiliki beberapa varian atau jenis yang berbeda. Jadi hoist yang termasuk ke dalam alat crane untuk pengaplikasian di luar maupun dalam ruangan, adalah alat dengan ragam jenis yang memang bisa diterapkan untuk mengangkat beban atau barang dalam posisi horizontal atau tegak lurus. Hoist dapat melakukannya, dikarenakan hoist memiliki kemampuan perubahan dari energi mekanik, pneumatik, hidrolik dan elektrik.


Hoist Hidrolik

Adapun jenis hoist yang juga menjadi andalan dan sering digunakan di banyak pekerjaan adalah jenis hoist hidrolik. Untuk jenis hoist ini adalah hoist yang bisa memanfaatkan mekanisme piston berbasis oil yang bekerja berdasarkan pada hukum pascal. Jelasnya dalam artian tekanan yang telah diberikan terhadap zat cair di dalam ruang tertutup maka itu akan diteruskan menuju segala arah.


Hoist Pneumatik

Hoist pneumatik atau pneumatic hoist adalah jenis hoist yang bisa memanfaatkan tekanan udara yang diperlukan untuk mengangkat beban, layaknya alat-alat lain dengan dilengkapi sistem pneumatik. Biasanya dalam pengoperasian hoist ini akan melibatkan operator yang bisa mengoperasikan alat ini lewat pendant control saat menaikkan atau menurunkan beban tertentu.


Hoist Rantai Elektrik

Atau bisa disebut sebagai electric chain hoist, adalah jenis hoist yang bisa digunakan untuk menurunkan dan mengangkat beban layaknya hoist biasa, tapi perbedaannya dia memanfaatkan tenaga listrik. Seperti namanya, jenis hoist ini bisa melakukannya karena ia memakai rantai untuk media pengangkatnya.


Kemudian, jenis ini biasanya akan dipasangi chain atau rantai di dalam sebuah drum yang dilengkapi oleh chain guide. Nah dalam drum tersebut pun akan terhubung electric motor dan gearbox sehingga dapat berputar untuk menaikkan atau menurunkan barang atau benda.


Hoist Tali Kawat

Bisa juga dipanggil sebagai wire rope hoist, adalah jenis hoist yang memakai media sling atau tali kawat yang dipasangkan ke dalam drum untuk dihubungkan dengan gearbox dan motor sehingga bisa berputar. Dengan sistemnya tersebut, tidak heran jika hoist ini sering diandalkan dalam industri manufaktur, pembangkit listrik, pertambangan, konstruksi, pergudangan, dan masih banyak lagi lainnya.


Untuk menggerakan beban turun atau naik, maka agar dapat menahan beban untuk tetap menggantung di ketinggian tertentu, maka hoist ini menggunakan brake atau rem yang berguna ketika aliran listrik ke dalam motor hoist terputus atau diputus. Biasanya jenis hoist ini diproduksi pada kapasitas standar, dari berkapasitas 1 ton sampai 8 ton, atau bisa lebih tergantung kebutuhannya. Umumnya jenis ini sendiri terdiri atas monorail, double girder hoist, dan stationary.


Itulah berbagai jenis hoist yang bisa Anda pilih sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat bagi semuanya, terutama teruntuk Anda yang memang bingung memilih hoist. Untuk hoist atau crane terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan yang terbaik dan berkualitas seperti Elephant Hoist and Crane. Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut terkait produk Elephant Hoist and Crane.


bottom of page