top of page

Mengungkap Hematnya Biaya Operasional Lampu LED



Kebutuhan manusia tidak lepas dari yang namanya penggunaan peralatan, begitu juga beberapa peralatan yang dipergunakan pun pada dasarnya mengharuskan menggunakan energi untuk bisa digunakan, baik tenaga sendiri atau tenaga dari supply yang dibutuhkan. Seperti halnya dengan lampu, yang mana lampu yang digunakan untuk memberikan cahaya adalah alat yang membutuhkan supply daya listrik untuk bisa menyala sebagaimana mestinya.


Meski hanya berperan memberikan cahaya atau penerangan, tapi lampu pada umumnya banyak yang boros tenaga listrik. Alhasil banyak orang beralih ke penggunaan cahaya lain yang hemat listrik, seperti salah satunya adalah penggunaan lampu jenis LED. Lampu LED adalah salah satu jenis lampu modern yang ternyata memang hemat biaya operasional. Mengapa demikian? Itu karena selain hemat listrik ia juga hemat untuk hal lainnya.


Inilah Informasi Penting Mengapa Biaya Operasional Lampu LED Cukup Hemat


Menghemat energi tentu bisa dilakukan banyak cara, seperti mengurangi penggunaan alat-alat listrik, hingga lain sebagainya. Namun tentu menghemat listrik sebenarnya akan kurang efektif jika Anda tidak lagi menggunakan lampu, secara lampu adalah alat penting yang berguna untuk memberikan pencahayaan bagi suatu ruangan, terutama dalam keadaan gelap. Jadi untuk menghemat listrik maka penggunaan lampu haruslah yang memiliki biaya operasional rendah, yaitu dengan mengandalkan lampu LED.


Meski begitu, sebenarnya penggantian lampu LED pada awal-awal ia muncul bukan menjadi solusi praktis untuk menghemat energi. Karena dulunya ia memiliki harga yang relatif lebih mahal, sehingga untuk mengganti bohlam bahkan untuk beberapa kamar saja bisa sangat mahal. Namun mulai akhir tahun 2000-an, harga-harga lampu LED pun sudah mulai stabil bahkan turun dengan kecepatan yang semakin cepat. Sehingga dengan begitu membuat lampu LED menjadi lampu hebat yang bisa diperoleh siapa saja dan dimana saja.


Ada banyak kelebihan dari lampu LED, seperti lebih aman digunakan karena lampu LED tidak seperti lampu CFL yang mengandung sejumlah kecil merkuri, yang mana itu berarti harus ditangani dan dibuang dengan hati-hati. Jika bohlam CFL rusak, maka Anda disarankan untuk memberi ventilasi dan mengosongkan area tersebut selama beberapa menit. Kemudian LED pun lebih cepat menyala, tahan lama, pencahayaan terang dan nyaman, hingga tidak mudah mengeluarkan panas. Tapi apa yang paling disukai banyak orang, adalah kelebihan lampu LED yang memiliki biaya operasional yang sangat hemat sekali.


Alasan Biaya Operasional Lampu LED bisa Sangat Hemat

Lampu LED memiliki biaya operasional yang rendah karena memang ia adalah lampu yang lebih hemat listrik daripada lampu lainnya. Ini terjadi karena saat menggunakan energi listrik maka LED akan menghemat 30 % hingga 40 % dibandingkan bohlam lampu biasanya. Tentu saja itu merupakan angka yang sangat banyak jika diperhitungkan ketika menggunakan bohlam biasa sebagai penerangan.


Baik itu sebagai bohlam rumah ataupun di dalam kendaraan, pencahayaan dari lampu LED jelas adalah pencahayaan yang disebut sebagai yang paling murah dan banyak digunakan. Ini karena faktor murah dan hemat di dalam lampu mampu menyerap tenaga listrik tersebut, sehingga dengan begitu maka Anda pun akan merasa lebih nyaman ketika menggunakan lampu tersebut dikarenakan Anda tahu bahwa lampu LED tidak akan menguras kantong Anda lebih dalam lagi.


Kemudian lampu LED juga turut memiliki kemampuan luminous yang lebih tinggi dan hemat listrik. Ini tentu berbeda dengan prinsip pengoperasian lampu pijar dan lampu Neon yang arusnya akan melewati fitting lampu ke filamen, dimana itu bisa menyebabkannya memanas dan memancarkan cahaya. Menurut perhitungannya, hanya 10% energi yang diubah menjadi cahaya, sehingga efisiensi pendaran rendah. Lalu sisa 90% energi akan diubah menjadi panas dan terpancar keluar dari bohlam.


Jadi dengan begitu, maka lampu LED tidak kehilangan energi berlebih untuk memanaskan dan membakar filamen hingga menyala seperti lampu pijar dan Neon. Oleh karena itu lampu LED pun akan bekerja berdasarkan prinsip dioda pemancar cahaya. Sehingga dengan begitu maka panas yang dihasilkan dalam proses ini sangatlah kecil daripada yang lainnya. Untuk itu pada lampu LED hanya dibutuhkan arus kecil (DC) untuk melewati interaksi terjadi, sehingga dampaknya membuat lampu LED jauh lebih hemat.


Itulah jawaban mengapa lampu LED memiliki biaya operasional yang sangat hemat. Sekian dan semoga jadi manfaat bagi semuanya. Jika Anda menginginkan lampu terbaik dengan sistem otomatis serta hemat energi dan ramah lingkungan, maka lampu sensor Proforce adalah yang terbaik untuk Anda. Mengenai lampu sensor Proforce, Anda bisa mendapatkannya serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comentários


bottom of page