top of page

Bor Magnet: Manfaat dan Penggunaannya dalam Industri



Magnet itu adalah suatu benda yang mampu menarik benda lain disekitarnya yang memiliki sifat khusus. Magnet juga sering diartikan sebagai benda dengan gejala dan sifat yang dapat mempengaruhi bahan tertentu yang berada di sekitarnya. Setiap magnet memiliki dua kutub, yaitu utara (N) dan selatan (S), yang mana kutub magnet sendiri adalah daerah yang berada pada ujung-ujung magnet, yakni disertai dengan kekuatan magnet paling besar.


Magnet pun pada umumnya ada diaplikasikan di berbagai peralatan, itu karena dengan sifat magnet yang mampu menarik kutub berlawanan membuat beberapa pekerjaan menjadi lebih mudah. Banyak orang tidak ketahui, bahwa magnet ada bisa diaplikasikan pada perkakas bor, yakni bor magnet yang manfaat dan penggunaannya dalam industri ada kami jelaskan di artikel ini. Oleh karena itu untuk mengetahuinya maka silahkan simak artikel ini selengkapnya!


Informasi Lengkap Mengenai Manfaat dan Penggunaan Bor Magnet dalam Industri


Apa itu Bor Magnet?

Bor magnet pada dasarnya adalah bor, tapi ada perbedaan yang membedakan bor tersebut dengan bor biasanya. Bor magnet bisa juga disebut sebagai Mag Drill, adalah mesin bor dengan dilengkapi sistem magnet sebagai dudukan mesin yang berwarna hitam. Perlu diketahui, ada dua jenis magnet yang digunakan pada mesin bor magnet, yaitu ada electromagnetic dan juga permanent magnet. Jelasnya, bor magnet itu merupakan mesin bor ulir tangan yang dilengkapi dengan magnet sebagai perekat di sisi besi yang akan dibor.


Inilah Manfaat dari Bor Magnet

Mesin bor magnet adalah mesin bor yang ternyata dapat digunakan untuk melubangi material yang tempatnya susah atau sulit untuk dijangkau oleh bor duduk biasa. Jadi dengan begitu, maka penggunaan bor magnet tepatnya adanya, karena dilengkapi dengan magnet sebagai perekat di sisi besi yang akan dibor, sehingga pengerjaan pun mudah terutama dalam sektor industri. Akan tetapi, bor magnet yang ada sekarang pun dirasa masih terdapat beberapa kekurangan-kekurangan yang masih membahayakan bagi penggunanya, tapi itu bisa teratasi dengan panduan atau pembelajaran terlebih dahulu.


Sebagai informasi, bor magnet bisa dimodifikasi dengan menggunakan menggunakan twist drill bits, annular cutters, milling cutters, dan berbagai macam mata bor lainnya yang sesuai dengan kebutuhan yang dibutuhkan oleh suatu pengerjaan ataupun dalam industri. Nah dengan adanya kombinasi antara Magnetic base dan RPM yang rendah, maka itu dapat mengurangi resisten pada gaya torsi, yang dihasilkan dari lebarnya diameter pengeboran.


Tentunya karena banyaknya feature pada mesin bor magnet, oleh sebab itu mesin bor magnet sangatlah cocok pada pengerjaan konstruksi, industrial, dan manufacture, dikarenakan kecepatan dan konsistensi pengeboran sangat baik dibandingkan lainnya. Hal itu bisa disesuaikan dari jenis-jenis yang memang beragam, mulai dari tipe electric, tipe hydraulic, hingga tipe pneumatic, yang satu antara lain memiliki perbedaannya tersendiri.


Penggunaan Bor Magnet dalam Industri

Bukan hanya bor magnet saja, sebenarnya penggunaan bor memang kerap digunakan atau diandalkan di hampir semua pengerjaan yang ada, terutama di industri sekalipun. Namun dalam pengeboran yang ada di era seperti sekarang ini, tentunya mesin bor konvensional sudah tidak lagi bisa untuk diandalkan pada pengerjaan proyek-proyek manufaktur, galangan perkapalan, hingga pada industri-industri.


Jadi dengan begitu, penggunaannya dalam industri lebih condong tepat mengandalkan mesin bor magnet, dikarenakan mesin bor magnet dapat menghemat waktu pengerjaan dengan hasil pengerjaan yang lebih presisi. Kemudian para kerja mesin bor magnet ini yang ada di industri pun akan bisa bekerja dengan sangat efisien dan flexible. Itu karena memang peran bor magnet dapat digunakan sampai dengan sudut 360 derajat, sehingga sangat tepat dalam proses pengerjaan yang dilakukan oleh suatu industri.


Jadi itulah yang perlu Anda ketahui mengenai bor magnet, baik itu manfaat dan penggunaannya dalam industri. Sekian dan semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Jika tertarik dengan bor terbaik atau mungkin perkakas terbaik berkualitas, maka rekomendasi kami adalah perkakas Tenka. Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


bottom of page