Cara Mudah Membuat Kolam Ikan dari Batu Bata yang Praktis



Memelihara ikan atau menampung ikan tentunya membutuhkan kolam, yang mana kolam ikan bisa bebas anda kreasikan dengan gaya dan keinginan anda sendiri. Tentunya kini banyak inspirasi kolam ikan yang bisa anda tiru dan bahkan anda bisa modifikasi, seperti kolam ikan batu bata misalnya. Dimana kolam ikan dari batu bata adalah kolam ikan yang cukup praktis untuk anda gunakan.


Tentunya meski terkenal murah, dan cepat serta mudah dibuat, sayangnya banyak orang yang tidak tahu cara membuat kolam ikan dengan batu bata. Bagi anda yang tidak tahu cara membuat kolam ikan dari batu bata, maka artikel pada kesempatan kali ini wajib anda simak. Dikarenakan artikel ini akan memberikan kalian cara mudah untuk membuat kolam ikan dari batu bata.


Inilah Cara Mudah untuk Membuat Kolam Ikan dari Batu Bata yang Bisa Anda Ikuti

Pertama-tama sebelum kami memberikan tutorial bagaimana caranya membuat kolam ikan dari batu bata, yang harus anda perhatikan adalah persiapannya. Anda harus mempersiapkan yang terpenting adalah batu batanya dengan jumlah yang cukup atau lebih, lalu ada semen, pasir, pipa dengan berbagai ukuran sesuai dengan lokasi yang ingin anda buat, pompa seperti pompa celup Tsurumi, dan bahan penting atau pendukung lainnya yang ingin anda tambahkan.


Setelah mempersiapkan beberapa bahan penting untuk membuat kolam ikan dari batu bata, maka berikutnya anda perlu mengetahui bagaimana cara membuatnya. Dan cara membuatnya adalah:

  1. Ukur bentuk dan sudut yang ingin anda jadikan kolam ikan dari batu bata, bisa persegi, persegi panjang, ataupun sebagainya sesuai dengan keinginan anda.

  2. Setelah itu tahap berikutnya adalah pemasangan bata pada ukuran yang sudah anda ukur. Alias bisa dibilang tahap ini adalah tahap pembuatan untuk dinding kolam ikan.

  3. Bata tidak bisa hanya ditumpuk begitu saja, anda perlu rekatkan bata tersebut dengan semen yang sudah anda olah sebelumnya.

  4. Selanjutnya anda harus melakukan plester pada dinding kolam batu bata yang sudah anda sematkan semen agar kolam ikan tersebut tidak bocor, dimana caranya adalah dengan menggunakan campuran semen dan pasir.

  5. Haluskan dinding kolam ikan batu bata tersebut sampai benar-benar halus atau rapi dan tidak ada tonjolan apapun.

  6. Pada tahap ini dinding kolam ikan dari batu bata sudah selesai, tetapi ingat itu hanya dindingnya saja karena masih ada lagi yang harus anda lakukan. Anda perlu menanamkan filter pada kolam ikan tersebut, dan anda bisa andalkan pompa celup untuk digunakan sebagai filter maupun sebagai aerator pada kolam ikan.

  7. Jika sudah, maka pada tahap ini anda bebas mengkreasikan kolam ikan dari batu bata tersebut. Seperti menambah kaca pada dinding kolam ikan, ataupun atribut lainnya yang anda suka.

Dan itulah cara agar anda bisa membuat kolam ikan dari batu bata, jadi mudah bukan? Namun ingat pastikan kolam ikan dilengkapi dengan filter seperti mengandalkan pompa layaknya pompa celup, agar kolam ikan dari batu bata anda bisa bersih dan juga sehat. Untuk rekomendasi pompa celup, pastinya itu adalah Tsurumi karena merk tersebut sudah terbukti awet dan tahan lama. Dan untuk detail dan keterangan lebih lanjutnya mengenai pompa celup Tsurumi, maka anda bisa kunjungi IndahJaya.com


Sekian artikel pada kesempatan kali ini, yang mana bisa menambah wawasan anda tentang cara membuat kolam ikan dari batu bata, dimana ternyata mudah dan bisa dilakukan sendiri. Dan sekali lagi kami ingatkan, kolam ikan yang bersih dan sehat adalah kolam ikan yang dilengkapi dengan filter layaknya pompa celup, maka dari itu pastikan andalkan pompa celup Tsurumi sebagai pompa andalan kalian di kolam-kolam ikan milik anda.