top of page

Simak Cara Cek Rekening Listrik dan Cara Untuk Mencetaknya yang Wajib Diketahui



Dalam suatu tempat, rumah, kantor, dan sebagainya, tentunya untuk bisa menggunakan tiap alat atau perangkat elektronik yang menggunakan listrik, maka itu membutuhkan daya listrik dari PLN. Nah tentunya itu juga tidak gratis, karena daya yang mengalir dari PLN per KWH itu harus dibayarkan sesuai dengan penggunaannya. Namun sebelum membayar, tentunya Anda harus tahu berapa yang harus Anda bayarkan.


Sayangnya banyak orang-orang yang masih tidak tahu cara cek rekening listrik mereka, begitu juga dengan cara mencetaknya. Nah jika Anda adalah salah satu yang memang tidak tahu cara cek rekening listrik dan juga cara mencetaknya, maka artikel pada kesempatan kali ini bisa Anda simak untuk mengetahui cara-cara tersebut. Nah maka dari itu, silahkan Anda semua simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Cara Cek Rekening Listrik dengan Benar dan Tepat

Cara cek tagihan listrik atau rekening listrik sebenarnya bisa dilakukan dengan banyak cara, seperti cara yang paling umum adalah dari pengantaran langsung tagihan atau rekening listrik dari PLN ke tempat atau rumah Anda. Lalu ada juga cara yang bisa Anda lakukan langsung, yaitu dengan mendatangi langsung ke PLN dan menanyakan tagihan atau rekening listrik yang harus Anda bayarkan. Namun cara yang lebih efektif untuk cek rekening listrik adalah dengan menggunakan cara dari PLN, yaitu tepatnya dengan menggunakan PLN Mobile. Nah caranya bisa Anda ikuti tutorialnya di berikut ini:


  1. Karena menggunakan PLN Mobile, maka cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengunduh aplikasi PLN Mobile di perangkat Anda, seperti smartphone dan sebagainya yang bisa mengakses melalui Play Store atau App Store.

  2. Setelah masuk dalam PLN Mobile atau jika Anda sudah berhasil menginstall aplikasi PLN Mobile, maka Anda bisa lakukan login.

  3. Apabila Anda belum memiliki akun, maka Anda bisa membuatnya dengan memilih pilihan “Daftar”.

  4. Kemudian Anda bisa isi segala yang diminta, seperti data Anda mulai dari nama lengkap, ID Pelanggan atau nomor meter, lokasi, nomor ponsel, email aktif, dan password.

  5. Setelah semua dimasukan dengan sesuai dan benar, maka Anda bisa masuk ke dashboard akun, lalu Anda bisa pilih tab “Informasi” yang berada di halaman depan.

  6. Kemudian Anda bisa pilih klik “Informasi Tagihan dan Token Listrik”.

  7. Jika sudah, maka dengan sendirinya sistem akan menampilkan tagihan listrik dan jumlah pemakaiannya, tidak hanya itu ada juga riwayat tagihan yang bisa Anda ketahui.


Inilah Cara Mencetak Rekening Listrik yang Wajib Untuk Anda Ketahui

Cara cetak struk tagihan PLN untuk bulan lalu atau bulan-bulan lainnya bisa Anda cetak dengan mudah, yang mana itu semua harus dilakukan setelah Anda sudah masuk ke laman Web PLN. Namun perlu Anda ketahui, sebenarnya Anda tidak perlu mendownload aplikasi untuk mencetak rekening listrik. Namun, tentunya Anda juga tetap harus login/mendaftar terlebih dahulu. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah cara benar dan tepat dalam mencetak struk listrik:

  1. Tentunya Anda harus buka web resmi PLN, yang mana itu ada di: https://layanan.pln.co.id/. Namun untuk PLN Mobile sama dengan cara yang sudah kami jelaskan.

  2. Kemudian seperti yang sudah kami jelaskan, Anda bisa buat akun terlebih dahulu dengan cara mengisi data diri, ID Pelanggan, dan nomor Meter listrik.

  3. Pilih menu Informasi “Tagihan Listrik/Pembelian Token” untuk mencetak struk tagihan PLN.

  4. Lalu nantinya akan muncul informasi tagihan listrik bulan lalu sampai dengan 6 bulan ke belakang dengan rincian tanggal pembayaran, jumlah KWH serta denda keterlambatan jika ada.

  5. Jika Anda ingin melihat rincian tagihannya secara detail, maka Anda bisa klik “Info tagihan”.

  6. Kemudian akan muncul informasi total semua tagihan dengan lengkap, seperti RP PTL (Rupiah Pemakaian Tenaga Listrik) dan RP PPJ (Rupiah Pajak Penerangan Jalan).

  7. Nah untuk mencetaknya, Anda bisa melakukan screenshot, lalu gambar tersebut Anda cetak atau print. Atau bisa kirim email dan cetak, atau cara lain yang memang memungkinkan untuk Anda.

Jadi itulah cara cek rekening listrik dan juga cara mencetaknya dengan benar dan juga tepat. Kiranya jadi manfaat untuk Anda dan juga kepada yang lainnya yang memang membutuhkan. Jika Anda semua tertarik dengan Genset, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas dari kami adalah Genset Tenka yang ada di IndahJaya.com


コメント


bottom of page