top of page

Simak Cara Mudah Cek Tagihan Listrik Lewat Aplikasi dan Website



Tentunya setiap daya listrik yang digunakan untuk keperluan sesuatu, pastinya itu akan masuk dalam tagihan listrik Anda. Namun berbeda dengan yang menggunakan token listrik, mereka tidak perlu cek tagihan karena mereka bisa mengeceknya dengan melihat token tersisa dari MCB mereka. Hal itu karena token listrik akan mempengaruhi daya listrik yang akan dipakai suatu keperluan, alias tidak akan bisa mendapatkan listrik jika token habis.


Namun walau sudah banyak yang menggunakan sistem token listrik, tetapi masih ada juga yang menggunakan sistem berupa tagihan listrik, yaitu tagihan yang perlu dibayarkan per bulannya pada penggunaan listrik di suatu tempat. Nah cara cek tagihan listrik ternyata bisa dilakukan dengan mudah dan efisien menggunakan aplikasi atau website, yang dimana tutorial caranya akan kami jelaskan kepada Anda di bawah ini!


Inilah Cara Mudah Cek Tagihan Listrik Melalui Aplikasi dan Website

Tutorial Cara Mudah Cek Tagihan Listrik Menggunakan Aplikasi

Cara cek tagihan listrik bisa dengan menggunakan aplikasi, yaitu aplikasi yang memang dari PLN bernama PLN Mobile. Nah untuk langkah-langkahnya bisa Anda semua ketahui di berikut ini:


  1. Karena menggunakan aplikasi, maka Anda harus mengunduh aplikasinya. Aplikasi tersebut adalah PLN Mobile, yaitu aplikasi yang bisa Anda semua download di gadget canggih Anda, bisa menggunakan smartphone, tab, dan lain sebagainya.

  2. Anda yang sedang mendownload, pastinya setelah itu akan menginstal PLN Mobile tersebut, jadi setelah tunggu download selesai maka Anda juga perlu tunggu proses instalasi selesai.

  3. Setelah semua sudah selesai, maka berikutnya Anda bisa lakukan login di PLN Mobile tersebut. Apabila Anda belum memiliki akun PLN Mobile, maka Anda bisa terlebih dahulu daftar dengan memilih opsi atau pilih "Daftar". Lalu isi nama lengkap, ID Pelanggan atau nomor meter, lokasi, nomor ponsel, email aktif, dan password.

  4. Setelah sudah mempunyai ID PLN Mobile, maka Anda bisa langsung masuk ke dashboard, kemudian Anda pilih tab "Informasi" yang berada di halaman depan.

  5. Lanjut, Anda bisa Klik "Informasi Tagihan dan Token Listrik", lalu Sistem kemudian akan menampilkan tagihan listrik dan jumlah pemakaiannya serta riwayat tagihan.

Tutorial Cara Mudah Cek Tagihan Listrik Menggunakan Website

Jika Anda sedang menggunakan komputer atau memang Anda sedang ada masalah dengan sistem download Anda. Maka cara berikutnya untuk Anda cek tagihan listrik bisa menggunakan browser atau website, yang mana itu juga memerlukan koneksi internet. Nah langkah-langkah dalam mengetahui tagihan listrik menggunakan website, semuanya bisa Anda ketahui di berikut ini:


  1. Anda bisa buka browser internet Anda, kemudian pada laman tersebut Anda masukan alamat berikut ini: https://web.pln.co.id/pelanggan/informasi-tagihan-dan-token-listrik

  2. Setelah berhasil masuk alamat tersebut, maka berikutnya Anda pilih "Daftar Akun" di pojok kanan bawah. Nah cara ini apabila Anda yang belum mendaftarkan diri Anda. Anda bisa daftarkan dengan mengisi data diri Anda, antara lain nama pemohon, email aktif, ID pelanggan atau nomor meter, nomor ponsel, kata sandi, dan kode captcha. Lalu selanjutnya Anda bisa Klik "Daftar" PLN yang kemudian akan mengirimkan kode verifikasi yang dikirim melalui email. Masukan kode verifikasi Setelah terdaftar, maka Anda sebagai pelanggan bisa memasukan alamat email dan password yang sudah dibuat saat pendaftaran.

  3. Setelah sudah memiliki akun dan Anda sudah berhasil masuk pada alamatnya, maka nantinya sistem akan menampilkan informasi terkait tagihan dan riwayat pembelian listrik Anda. Nah cek tagihan PLN atau cek tagihan listrik PLN itu pun sudah termasuk dengan Pajak Penerangan Jalan.

Jadi itulah 2 cara mudah cek tagihan listrik, baik itu dengan cara melalui aplikasi ataupun melalui website. Semoga bermanfaat bagi Anda dan juga kepada yang lainnya. Anda yang ingin memiliki Genset, maka rekomendasi dari kami yang terbaik dan berkualitas adalah Genset Tenka. Mengenai Genset Tenka, Anda bisa miliki itu serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


Comments


bottom of page