top of page

Cara Efektif Hilangkan Karat Obeng Secara Efektif dan Mudah



Karat merupakan hasil korosi, yaitu oksidasi pada suatu logam. Tentunya besi yang mengalami korosi akan membentuk karat, yang mana dengan proses pengaratan dari proses elektro kimia. Pada proses pengaratan, besi bertindak sebagai pereduksi dan oksigen yang terlarut dalam air bertindak sebagai pengoksidasi. Jadi dengan demikian, maka besi tentunya cukup umum bisa mengalami karatan, termasuk salah satunya perkakas.


Perkakas tentunya bisa berpotensi terkena karat, seperti halnya pada obeng yang bisa mengalami karat. Hal itu bisa terjadi karena memang obeng yang berada di lingkungan lembab dan selalu dalam kondisi basah karena air kotor. Namun obeng yang mengalami karat sebenarnya tidak perlu dibuang, karena ada cara untuk membersihkan obeng yang berkarat. Caranya bisa Anda semua ketahui dengan menyimak artikel ini selengkapnya!


Inilah Cara Efektif dan Mudah Untuk Menghilangkan Karat Pada Obeng

Obeng adalah perkakas atau alat yang berguna dalam memasang, melepas, melonggarkan, hingga mengencangkan segala macam jenis baut, mur, dan juga sekrup. Namun obeng pun tidak akan bisa bekerja maksimal jika ia berkarat, karena obeng yang berkarat berpotensi membuat alat atau perkakas lain berkarat, hingga obeng yang lama kelamaan akan rusak dan patah. Maka dari itu, penting sekali Anda menjaga obeng dari karat, lalu apabila sudah berkarat maka Anda bisa menghilangkan karat tersebut dengan cara-cara yang ada di berikut ini.


Menggunakan Amplas

Amplas adalah suatu benda kasar yang biasanya digunakan sebagai alat untuk melakukan finishing agar permukaan benda bisa rata atau halus. Nah benda ini ternyata juga cukup ampuh untuk dapat menghilangkan karat pada besi, seperti pada obeng. Nah cara penggunaannya, Anda hanya perlu menggosok-gosokkan amplas ke semua bidang dari obeng yang berkarat. Namun perlu diingat, Anda disarankan jangan terlalu memaksakan tekan terlalu keras dalam proses penggosokannya, hal itu agar tidak merusak besi pada obeng.


Menggunakan Bahan Bakar Solar

Solar merupakan cairan bahan bakar yang memang bisa digunakan sebagai bahan bakar, serta juga ampuh dalam menghilangkan karat pada benda-benda berbahan besi, seperti perkakas apapun layaknya obeng. Cara menghilangkan karat pada obeng dengan solar ternyata cukup mudah, yaitu Anda hanya perlu merendam obeng yang berkarat ke dalam wadah yang sudah diisi dengan solar. Diamkan semalaman agar terjadi reaksi terlebih dahulu. Apabila dirasa sudah cukup, angkat obeng dari rendaman solar.


Menggunakan Cuka Biasa

Cuka yang dimaksud adalah cuka biasa yang ada di dapur, atau bukan cuka-cuka spesial pada umumnya. Anda bisa menggunakan cuka untuk menghilangkan karat pada obeng, yaitu dengan menuangkan cuka biasa pada obeng yang berkarat dengan waktu kurang lebih 24 jam. Setelah itu, Anda langsung gosok bagian karatnya menggunakan spons atau sikat (alumunium foil).


Menggunakan Bubuk Asam Sitrat

Berikutnya adalah menggunakan bubuk asam sitrat, yaitu bahan yang juga tidak kalah ampuh dalam menghilangkan karat pada besi seperti perkakas obeng. Mendapatkan bubuk asam sitrat tentunya sangat gampang, yaitu Anda dapat memperolehnya di toko-toko kue. Lalu untuk mengaplikasikannya, maka Anda bisa campurkan bubuk asam sitrat dengan air hangat di dalam sebuah wadah, kemudian rendamlah obeng yang berkarat ke dalamnya.


Nah jadi itulah beberapa cara efektif yang ternyata mudah untuk dilakukan bagi Anda semua dalam menghilangkan karat pada obeng. Sekian dari kami, semoga bermanfaat dan bisa menambah ilmu Anda semua. Bilamana Anda ingin memiliki obeng atau perkakas terbaik dan berkualitas, maka rekomendasi dari kami adalah perkakas Tenka yang ada di IndahJaya.com


bottom of page