Informasi Lengkap Tentang Cara Menghitung Konsumsi Bahan Bakar Pada Genset



Bilamana anda ingin berkendara menggunakan transportasi terutama yang milik pribadi, pastinya anda akan mengukur jarak yang akan ditempuh, dimana jarak tersebut akan dikalkulasi dengan bahan bakar yang dipunya kendaraannya. Hal tersebut tentunya berguna, yaitu untuk mengukur dan memprediksikan kapan bahan bakar habis atau harus diisi, sehingga dengan begitu maka hal-hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.


Nah konsep tersebut tentunya sama dengan Genset, dimana bagi orang-orang yang ingin meneliti atau detail, pastinya bahan bakar pada Genset akan mereka hitung, sehingga bisa ditarik kesimpulan berapa konsumsi yang diperlukan agar itu bisa berguna dalam beberapa kepentingan pada Genset. Bagi anda yang tidak tahu cara menghitung konsumsi bahan bakar pada Genset, maka anda bisa ketahui itu dengan menyimak artikel ini selengkapnya!


Informasi Cara Menghitung Konsumsi Bahan Bakar Genset yang Wajib Dipelajari

Bagaimana cara menghitung konsumsi bahan bakar pada Genset? Nah cara untuk menghitung pemakaian bahan bakar pada mesin Genset, maka anda perlu mengkalkulasikannya. Mudahnya, contoh jika beban listrik adalah 10.000 watt atau 10kw, lalu itu terus digunakan terus-menerus selama 24 jam atau seharian. Maka untuk Generator berpenggerak motor bensin : 250 x 10 x 24 = 60000 g/hari = 60 kg/hari. Jika berat jenis bahan bakar bensin adalah 0,745 kg/l, maka dalam satuan liter adalah 60 / 0,745 = 80,54 liter/hari.


Kemudian untuk generator berpenggerak motor diesel : 194 x 10 x 24 = 46.560 g/hari = 46,56 kg/hari. Lalu apabila berat jenis bahan bakar solar adalah 0.832 kg/l, maka dalam satuan konsumsi Bahan bakar dalam satuan liter adalah : 46,56 / 0.832 = 55,96 liter/hari. Sebagai tambahan dan pastikan anda perhatikan dengan benar satuan daya, lalu apabila menggunakan satuan KVA maka harus dikalikan power factor untuk mendapat daya dalam WATT.


Kami mendapatkan cara cepat dalam mengetahui berapa konsumsi solar untuk Generator Set (Genset), yang dimana akan kami bagikan kepada kalian di berikut ini:


  • k = 0.21 (faktor ketetapan konsumsi solar per kilowatt per jam)

  • P = Daya Genset (KVA=KiloVoltAmpere)

  • t = waktu ( jam)

  • Rumus : 0.21 x P x t


Jadi misalkan : Daya Genset X adalah 100KVA, dilakukan pemanasan selama 1 jam, Berapa solar yang dibutuhkan per jam nya? Nah jawabannya itu adalah: 0.21 x 100 x 1 = 21. Yang berarti itu adalah 21 liter per/jam solar yang dikonsumsi Genset. Lalu dari perhitungan yang sudah kami jelaskan diatas, maka dapat anda semua ketahui bahwa apabila bahan bakar solar yang terpakai pada Genset dengan kapasitas 100 kVA adalah 21 liter solar pada per satu jamnya.


Nah itulah informasi lengkap mengenai cara hitung konsumsi bahan bakar pada mesin Genset. Tentunya memang cukup rumit, tetapi apabila anda pelajari terus-menerus dan bertahap, maka pastinya anda akan semakin mengerti lagi. Namun salah satu hal yang tidak rumit dalam Genset, adalah pemilihan Genset yang tepat, dimana Genset yang tepat adalah Tenka karena Tenka berkualitas dan juga terbaik di kelas Genset. Mengenai produk Tenka, anda bisa kunjungi di IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Sekian artikel bermanfaat dari kami, dimana artikel ini berisikan pelajaran berharga untuk anda pelajari dalam hal menghitung konsumsi bahan bakar pada Genset. Untuk yang lainnya agar mereka juga mengerti dalam hal menghitung bahan bakar pada Genset, maka anda bisa share artikel ini kepada mereka, baik menggunakan media sosial ataupun media lainnya yang ada dan tersedia.