Cara Instalasi 2 Ton Electric Chain Hoist dengan Mudah


Cara Instalasi 2 Ton Electric Chain Hoist dengan Mudah

Penggunaan 2 ton electric chain hoist akan sangat membantu untuk mengangkut dan memindahkan barang. Alat ini sering digunakan di berbagai industri baik perminyakan, perkapalan, manufaktur, konstruksi/bangunan, dan lain sebagainya.


Karena bagaimanapun juga manusia memiliki keterbatasan untuk mengangkut barang yang kapasitasnya berat. Untuk mengoperasikannya, alat yang didukung dengan rantai.


Selain itu kait ini harus menggunakan daya listrik untuk memberi kekuatan. Operator tinggal mengoperasikan tombol yang tersedia. Ada banyak kelebihan yang dimiliki 2 ton electric chain hoist ini.


Mulai dari keamanannya yang lebih terjamin, struktur sederhana dan mudah digunakan, fleksibel, dan meningkatkan efisiensi dalam mengangkut barang berbobot berat dalam jumlah banyak.


Cara Instalasi 2 Ton Electric Chain Hoist


Dua ton electric chain hoist merupakan alat pengangkut barang yang berkapasitas besar hingga mencapai dua ton. Salah satu kelebihan dari alat ini adalah cara pemasangannya yang mudah. Berikut ini langkah-langkah yang harus diikuti untuk melakukan pemasangan alat tersebut, di antaranya:


1. Membaca Panduan

Bagi Anda yang masih pemula dan belum pernah menggunakan alat ini, maka sebaiknya baca terlebih dahulu panduan manual yang tersedia. Setelah membaca, maka langkah-langkahnya bisa diikuti sesuai petunjuk terkait pemasangan 2 ton electric chain hoist dan cara penggunaannya.


2. Memasang Trolley

Jika ingin melakukan pemasangan alat ini, maka pastikan Trolley sudah terpasang terlebih dahulu dengan menggunakan Electric Trolley maupun Plain Trolley. Anda bisa memasang alat ini ke bagian trolley sesuai pemasangan unitnya dengan mengencangkan baut.


3. Melakukan Suspensi Chain Hoist

Pada 2 ton electric chain hoist, Anda bisa membuka kait pengaman pada bagian kait atas. Setelah itu, gespeer pengait ke belenggu kea rah yang diinginkan dari unit. Jangan lupa untuk memastikan bahwa kait pengaman lepas sesudah pemasangan.


Grendel pengaman juga jangan sampai terbuka karena dapat menyebabkan chain host bisa menjadi terlepas dari shackle saat beban atau barang dinaikkan ke atas.


4. Melakukan Pengecekan Operasional

Ketika sudah selesai melakukan pemasangan, jangan lupa untuk menguji electric chain hoist terlebih dahulu dan pastikan alat berfungsi dengan baik. Caranya adalah dengan menaikkan dan menurunkan beban atau barang selama beberapa kali sebelum menempatkan unit pada layanan.


Pengecekan ini sangat penting untuk dilakukan karena dapat membantu untuk mendeteksi jika ditemukan adanya malfungsi. Sehingga Anda pun bisa langsung melakukan perbaikan. Dalam mengecek operasional, pastikan semua fitur yang ada dapat berfungsi dengan baik.


Cara Penggunaan 2 Ton Electric Chain Hoist

Hal yang tidak kalah penting untuk dipahami setelah berhasil melakukan pemasangan adalah bagaimana cara menggunakan chain hoist yang tepat. Berikut ini beberapa hal yang harus dipertimbangkan, di antaranya:


1. Perhatikan rantai pada chain hoist apa ada karat atau kerusakan fisik tidak, hindari penggunaan alat yang berkarat dan rusak.


2. Ikuti petunjuk manual operator serta instruksi keselamatan.


3. Lakukan pengecekan kondisi fitur keselamatan seperti kait pengaman pada pengait, rem beban, emergency stop, limit switch, serta pelindung kejut.


4. Cek sertifikat pada aksesoris lifting dan chain pulley block.


5. Pastikan sudah mengidentifikasi dan tanda SWL atau Safe Working Load pada 2 ton electric chain hoist.


6. Pastikan kait dan derek rantai sudah dilengkapi dengan kait pengaman.


7. Gunakan tagline agar beban yang diangkat dapat ditangguhkan.


8. Pastikan sudah menyertakan operator atau staf ahli dan berpengalaman untuk mengoperasikannya.


9. Menggunakan alat pelindung diri sesuai prosedur selama melakukan operasi pengangkatan.


10. Memastikan pemasangan pin shackle sudah benar sebelum diangkat dan daya listrik cukup memadai.


Pengoperasian alat sebenarnya tidak memerlukan keahlian khusus. Setiap orang bisa menggunakannya dengan muda. Sementara cara instalasi 2 ton electric chain hoist pada dasarnya tidak sulit dan bisa mengikuti petunjuk yang ada.