Cara Instalasi Wire Rope Hoist di Crane


Cara Instalasi Wire Rope Hoist di Crane

Di setiap tempat industri, mungkin Anda sering melihat sebuah kait yang tergantung di ruangan, dengan kawat baja yang tergulung di atasnya. Benar sekali, alat tersebut dikenal dengan nama wire rope hoist. Meskipun sangat dibutuhkan, namun masih banyak orang yang belum mengenai cara instalasi wire rope hoist di crane ini. Untuk itu, sebagai pengetahuan untuk Anda, yuk simak cara instalasi dari salah satu alat pengangkut material berat di bidang industri ini!


Bagaimana Cara Instalasi Wire Rope Hoist di Crane? Ini Dia Langkah-Langkahnya!


Seperti namanya, yaitu wire rope hoist, alat pengangkut beban/material berat ini lebih menyerupai sebuah kaitan dengan kawat baja yang tergulung diatasnya. Dimana kawat baja tersebut akan digulung/ditarik dengan menggunakan hoist.


Dengan kata lain, alat pengangkut material berat ini terbuat dari material logam, yang dililitkan menjadi satu, dalam sebuah drum. Sementara ujung kawat akan menempel pada drum, dengan menggunakan klem besi.


Biasanya, alat ini dipasang pada bagian atas gudang. Fungsinya tentu saja untuk mengangkat dan juga menurunkan barang-barang yang memiliki beban yang lumayan berat. Untuk memudahkan pergerakan dari wire rope hoist ini, maka dibuatlah sebuah rel, yang terpasang pada crane.


Meskipun sangat dibutuhkan, namun tak banyak orang yang paham mengenai cara instalasi wire rope hoist di crane ini. Mungkin termasuk Anda juga, bukan? Meskipun demikian, Anda tak perlu khawatir, karena dalam ulasan ini akan diberikan tutorial mengenai instalasi dari alat pengangkut material berat ini, yang bisa Anda simak di bawah ini.


Cara Instalasi Wire Rope Hoist yang Dipasangkan pada Crane


Meskipun terlihat mudah, namun sebenarnya memasang (instalasi) wire rope hoist pada crane ini bisa sedikit lebih rumit. Mengapa demikian? Karena sebelum Anda memasang alat pengangkut material berat ini, ada sejumlah langkah-langkah lainnya yang harus Anda lakukan secara bersamaan.


Untuk lebih jelasnya, Anda bisa menyimak tutorial lengkapnya berikut ini. Diantaranya:


1.Memasukkan Poros Suspensi

Cara instalasi/pemasangan wire rope hoist di crane yang pertama yaitu, Anda perlu memasukkan poros suspensi, yang bisa Anda masukkan ke kunci, serta pelat samping G. Anda bisa melakukannya dengan menggunakan baut mur suspensi, pin split, serta mur yang berlubang. Pastikan bahwa Anda telah menekuk kedua cabang spin tersebut dengan tepat dan benar.


2. Memasukkan Poros Pengencang

Setelah Anda memasukkan poros suspensi. Maka selanjutnya, Anda perlu memasukkan poros pengencang, yang dilakukan untuk melengkapi troli. Anda bisa memasukkan poros pengencang tersebut pada kunci dan juga pelat samping, dengan menggunakan alat khusus yang dikenal dengan nama pin split. Kemudian, tekuk kembali kedua cabang split tersebut dengan benar.


3. Memasang Spacer Penyetel Luar dan Pin Penghenti Poros

Langkah selanjutnya, Anda bisa melanjutkan untuk instalasi/pemasangan wire rope hoist di crane ini dengan melakukan pemasangan spacer penyetel luar dan juga pin penghenti poros. Anda bisa memasang kedua komponen tersebut pada poros suspensi. Selanjutnya, masukkan pin split pada pin penghenti poros.


4. Menyesuaikan Lebar dari Troli

Setelah melakukan pemasangan/instalasi, dan sebelum menggunakan wire rope hoist ini. Pastikan dulu bahwa Anda telah menyesuaikan lebar troli, yang disesuaikan dengan tempat/ruang, dimana wire rope hoist tersebut berada. Bukan hanya itu saja, Anda juga perlu memastikan bahwa troli telah terpasang secara rapat. Barulah Anda bisa menggunakan alat pengangkut material berat yang satu ini.


Itu dia beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk instalasi wire rope hoist di crane ini. Semoga informasi diatas bisa bermanfaat bagi Anda. Khususnya bagi Anda yang membutuhkan alat pengangkut material berat wire rope hoist ini, namun masih merasa bingung untuk melakukan pemasangannya.