top of page

Bagaimana Cara Kerja Drum Hoist? Sebuah Analisis Teknikal



Pengertian umum dari drum yang banyak dikenal oleh orang, adalah suatu alat musik yang bisa dimainkan dengan cara dipukul. Namun pemahaman tentang musik akan berubah pada drum di hal lainnya, seperti drum untuk wadah, hingga drum yang ada pada komponen benda atau alat. Ada komponen pada alat yang menamakannya sebagai drum, dia adalah hoist yang memang mempunyai sebuah komponen yang dikenal sebagai drum hoist.


Pentingnya tiap komponen yang ada pada hoist, karena masing-masing komponen memiliki peran dalam pengerjaan hoist, yakni mengangkat sebuah beban menggunakan tali ataupun rantai. Jadi jika ada 1 komponen rusak atau hilang seperti salah satunya drum hoist, maka hoist pun tidak melakukan pekerjaannya. Hal itu karena memang hoist drum memiliki mekanisme pengerjaanya tersendiri yang memang perlu Anda ketahui lebih jelasnya!


Inilah Cara Kerja dari Drum Hoist yang Perlu Anda Ketahui dan Pahami


Tentunya baik hoist atau crane, mereka adalah alat angkat yang terbagi dalam 2 sistem kerja, yakni ada cara kerja manual dan juga elektrik. Nah baik apapun cara kerjanya, hoist memang memiliki suatu prinsip kerja yaitu untuk mengangkat beban dengan memanfaatkan tali atau kawat baja yang terdapat di sekitar drum. Jadi drum pada hoist tersebut hanya bisa digerakkan dengan daya listrik agar dapat menjalankan sistem sistem operasinya. Namun itu juga dapat dijalankan secara manual dengan tenaga mekanis menggunakan rantai.


Oleh karena itu, maka drum hoist adalah salah satu komponen penting dari hoist, karena drum hoist adalah komponen yang berperan sebagai tempat untuk lilitan kawat baja atau tali dari hoist. Nah dengan peran pentingnya tersebut, maka drum hoist sangat diperlukan pada hoist, karena jika drum hoist tidak ada, maka gulungan lilitan kawat baja atau sejenisnya untuk lifting barang tidak akan bisa dilakukan oleh hoist. Meski beberapa masih bisa melakukan proses lifting tanpa menggunakan drum hoist, tapi tanpa drum hoist maka tali kawat atau tali sejenisnya dapat menjuntai, yang mana itu akan menimbulkan potensi bahaya atau kecelakaan kerja.


Cara kerja dari drum hoist adalah berputar ketika hoist hendak ingin melakukan pekerjaan lifting, yang mana putaran tersebut agar lilitan tali kawat baja yang ada keluar dan menjadi panjang, yakni untuk berguna menjangkau benda yang diangkat oleh hoist bersangkutan. Kemudian saat hendak mengangkat benda yang diangkat oleh hoist, maka drum bekerja memutar kembali agar tali kawat baja atau sejenisnya dapat terlilit lagi, yang mana itu akan menggulung kembali seperti semula ketika hoist mengangkatnya pada ketinggian tertentu.


Jadi itulah pemahaman yang bisa Anda ketahui mengenai cara kerja dari drum hoist. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda dan semuanya. Jika Anda tertarik dengan hoist atau crane, maka yang terbaik dan berkualitas untuk Anda adalah Elephant Hoist and Crane. Mengenai produk Elephant Hoist and Crane, Anda bisa mendapatkannya atau mengetahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page