top of page

Cara Kerja dan Keuntungan Menggunakan Mesin Press Bearing



Bearing merupakan elemen mesin yang biasa dipakai untuk membatasi gerak relatif pada dua komponen atau lebih dalam mesin, itu agar bisa digerakkan pada arah yang diinginkan. Adapun fungsinya tersendiri adalah untuk mengurangi gesekan angular yang terjadi pada dua benda dengan gerakan relatif satu dengan yang lain. Contohnya seperti gerak poros pada sumbu putarnya, atau sebagai tumpuan benda yang berputar lainnya.


Tentu jika bearing mengalami kerusakan yang menyebabkan bengkok akibat benturan pada kecelakaan atau lainnya, akan membuat bearing tidak dapat berfungsi sebagaimana adanya. Jadi untuk memperbaiki kondisi bearing yang demikian, dibutuhkan proses yang namanya press. Untuk melakukannya tidak bisa tidak menggunakan alat bantu, yakni mesin press bearing, dimana mesin tersebut memiliki cara kerjanya sendiri, begitu juga keuntungannya.


Informasi Lengkap Mengenai Mesin Press Bearing yang Perlu Anda Ketahui


Apa itu Mesin Press Bearing?

Mesin press bearing pada dasarnya adalah sebuah alat yang dibuat untuk memampatkan sebuah benda yang bukan bearing saja. Ini bisa dilakukan mesin tersebut karena sumber tenaganya berasal dari mesin hydraulic, tenaga manusia, dan juga motor listrik. Adapun memang mesin ini ada adalah untuk memperbaiki part-part yang mengalami kerusakan fisik, dengan bisa kembali membuatnya memiliki ukuran serta dimensi yang tepat. Dikarenakan peranannya tersebut, maka banyak industri terutama di sektor otomotif yang sangat mengandalkannya.


Keuntungan Menggunakan Mesin Press Bearing

Dikarenakan mesin press bearing menggunakan sistem hidrolik, maka mesin tersebut umumnya banyak memiliki keuntungan. Itu dikarenakan ia memiliki sumber kekuatan dari tenaga hidrolik yang memang banyak digunakan pada variasi pengoperasian yang ada. Selain itu, keuntungan sistem hidrolik antara lain juga adalah ringan, mudah dalam pemasangan dan untuk perawatan tidak terlalu banyak yang merepotkan. Jadi karena keuntungan tersebutlah, membuat mesin press bearing seperti jarang absen di banyak pengerjaan suatu industri tertentu.


Inilah Cara Kerja dari Mesin Press Bearing

Cara kerja mesin press bearing adalah menggunakan sistem pompa hidrolik yang mengandalkan kinerja pompa hidrolik untuk melakukan penekanan pada bidang press dan benda seperti bearing yang akan dikecilkan volumenya. Akan terdapat dua silinder, yakni silinder kecil dan silinder master atau silinder besar. Adapun prosesnya agar bisa dimengerti antara lain:


  1. Dari cairan oli hidrolik yang akan dimasukkan ke dalam silinder kecil.

  2. Kemudian piston didorong untuk memampatkan oli hidrolik di dalamnya yang kemudian mengalir ke silinder master melalui pipa.

  3. Tekanan pada silinder master dan piston di dalam silinder master akan mendorong oli hidrolik kembali ke silinder kecil.

  4. Nah sistem yang diterapkan pada oli hidrolik silinder kecil mempunyai kekuatan yang lebih besar saat mendorong master silinder. Sedangkan untuk mengontrol besarnya daya tekan dan kecepatan gerakan silinder, maka digunakan banyak valve seperti check valve, relief valve dan solenoid.

  5. Mesin press bearing pun akan bekerja berdasarkan teori hukum pascal, yaitu memanfaatkan tekanan yang diberikan pada cairan untuk menekan atau membentuk. Itu dengan komponen utama pada mesin berupa piston, silinder, pipa hidrolik dan beberapa komponen pendukung lainnya.

  6. Mesin tersebut juga tidak hanya mengandalkan kekuatan udara saja, tapi juga menggunakan kekuatan cairan atau fluida berupa oli hidrolik untuk melakukan penekanan.

  7. Bergantung pada spesifikasi mesin press yang digunakan, mesin press bearing pastinya mampu menekuk plat-plat berbahan mild steel tebal, alumunium dan juga stainless steel, begitu juga bearing sekalipun.


Jadi itulah cara kerja dan keuntungan menggunakan mesin press bearing. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Apabila Anda ingin memiliki atau mengganti perkakas lama Anda ke perkakas terbaik serta berkualitas, maka rekomendasi kami adalah perkakas Tenka. Adapun untuk mengetahui lebih lanjut terkait perkakas Tenka, Anda semua bisa kunjungi IndahJaya.com


Comments


bottom of page