Simak Cara Kerja Pompa Air Submersible Atau Pompa Celup yang Wajib Anda Ketahui



Pompa adalah salah satu alat atau mesin yang cukup berguna hingga saat ini, dimana dengan pompa maka bisa membuat air tersedot dan sampai dikeluarkan pada wadah penampungan yang diinginkan. Nah pompa sendiri sudah banyak jenisnya, dimana salah satunya yang terkenal dan banyak digunakan saat ini, adalah pompa jenis tanam alias pompa celup.


Mungkin sebagian dari anda ataupun yang lainnya, menganggap bahwa pompa celup adalah pompa yang gunanya cuma dicelup saja. Namun sebenarnya bukan hanya gitu saja, karena kenyataannya ada lagi yang perlu anda ketahui dari pompa celup, seperti salah satunya yaitu bagaimana cara kerja dari pompa celup. Nah untuk mengetahui cara kerja pompa celup, maka anda bisa simak artikel ini selengkapnya!

Mengenal Lebih Dekat Tentang Pompa Air Submersible atau Pompa Celup

Pompa Submersible atau yang bisa disebut juga sebagai pompa tanam atau pompa celup, adalah salah satu jenis pompa air yang pada dasarnya memiliki fungsi seperti pompa lain pada umumnya. Fungsinya adalah digunakan untuk memindahkan cairan dari suatu titik lokasi ke titik lainnya yang diinginkan. Lalu untuk pompa submersible atau pompa celup itu berbeda, dimana pompa tersebut akan memiliki ciri khusus yakni pada motor penggerak yang letaknya ternyata dekat atau digabungkan dengan bagian pada badan pompanya.


Jadi sesuai dengan julukannya, maka keseluruhan komponen dari pompa submersible atau celup tersebut akan terendam dalam air yang akan dipompakannya sebagai cara kerjanya. Selain itu yang perlu anda ketahui, cara kerja pompa air submersible atau pompa celup yang dioperasikan di dalam air, biasanya akan mengalami kerusakan bila dioperasikan terus menerus terutama dalam keadaan kering tanpa air.

Inilah Cara Kerja Pompa Air Submersible atau Pompa Celup yang Perlu Anda Ketahui

Pompa Submersible atau pompa celup itu merupakan salah satu pompa dengan jenis sentrifugal, dimana itu memiliki cara kerja berupa pengubahan energi kinetis atau kecepatan putaran menjadi suatu energi potensial. Nah energi potensial tersebut yang nantinya akan digunakan untuk mendorong air atau cairan dari sumber kepada permukaan atau wadah yang tertuju. Energi tersebut adalah energi yang dihasilkan dari suatu impeller yang berputar dalam casing atau rumah pompa. Jadi lebih jelasnya, cara kerja pompa submersible atau pompa celup itu berbeda dengan jenis pompa Jet Pump.


Jika pompa Jet pump memiliki cara kerjanya berupa menyedot air lalu mendorong air, maka berbeda dengan pompa submersible atau celup, dimana pompa celup sendiri cara kerjanya adalah dengan cara mendorong airnya menuju ke permukaan. Selain itu pada pompa submersible atau pompa celup, biasanya akan mensyaratkan adanya ketinggian minimal air yang dapat dipompa, dimana syarat tersebut harus dipenuhi agar pompa submersible atau pompa celup dapat bekerja dengan baik dan normal.


Lebih jelasnya lagi, sebenarnya pompa submersible atau pompa celup itu identik dengan berada di dalam air atau cairan yang akan dipompakan dari pompa tersebut. Pada motor pompa celup akan dibungkus dan dikemas secara rapat dan kedap air, dan biasanya pada sekitarnya akan diisi dengan olesan minyak guna untuk melindunginya dari kerusakan. Atau yang paling utama yaitu untuk mencegah masuknya cairan apapun yang dapat menyebabkan korsleting ke dalam motor pompa celup.


Faktanya, cara kerja pompa air submersible bisa efisien karena pompa tidak akan memboroskan energi untuk menarik cairan ke dalam pompa, seperti pada pompa pada umumnya. Selain itu pada motor mesinnya dapat didinginkan oleh cairan yang ada di sekitarnya, sehingga dengan begitu bisa mencegah terjadinya overheating pada pompa submersible tersebut. Sumber energi dari pompa tersebut, biasanya digunakan untuk menggerakkan motor khususnya yang dikemas secara kedap air yang dapat bekerja bahkan pada suhu tinggi, tidak hanya itu pompa celup identik beda karena tidak memiliki spesifikasi daya hisap seperti pada model pompa jenis lain.


Itulah artikel yang membahas tentang cara kerja dari pompa celup, semoga bisa jadi manfaat untuk anda terutama bisa menambah wawasan anda semua tentang cara kerja pompa celup. Sekian dari kami, jangan lupa share artikel ini kepada yang lainnya, agar yang lainnya tahu juga tentang cara kerja dari pompa celup. Nah bagi anda yang berniat ingin memiliki pompa celup seperti yang terbaik dari merk Tsurumi, maka anda bisa dapatkan dan ketahui lebih lengkapnya di IndahJaya.com