Simak Cara Maintenance atau Merawat Genset Mini Secara Efektif



Mengetahui bahwa kebutuhan listrik sangat penting, maka banyak individu, kelompok, organisasi, hingga industri, pabrik, sampai kantor sebagainya sangat mengandalkan Genset. Hal itu karena listrik bisa saja padam, yang mana tidak ada satupun yang tahu kapan itu terjadi. Namun dikenal dengan ukuran yang besar, membuat banyak orang enggan mempunyai Genset, dikarenakan tidak ada tempat atau repot dalam beberapa hal.


Tentunya Genset yang dianggap berukuran besar, sebenarnya tidak sepenuhnya begitu, karena ada juga Genset lain yang ukurannya lebih kecil atau mini yang tentunya sesuai dan efektif di beberapa kebutuhan yang tidak besar. Namun walau begitu, layaknya Genset besar, Genset mini juga perlu dirawat sedemikian rupa agar ia awet serta tahan lama. Nah bagaimana cara merawatnya? Cara merawatnya tentunya bisa anda ketahui di artikel ini!


Inilah Cara Merawat atau Maintenance Genset Mini Secara Efektif yang Perlu Anda Simak

Berikut adalah cara merawat atau maintenance Genset mini secara efektif, yang mana tentunya bisa membuat Genset mini bisa awet serta tahan lama:


  • Selalu lakukan pemanasan pada Genset secara berkala. Bukan sering, tetapi dalam kurun waktu tertentu seperti 1 minggu 2 kali, dan sebagainya. Nah hal itu perlu dilakukan, yang mana itu bertujuan agar mesinnya tetap aktif berjalan saat dimulai untuk starting. Selain itu, Genset yang sudah dipanaskan akan memungkinkan mesin bergerak dan tentunya lebih handal daripada tidak dipanaskan sama sekali.

  • Tidak menaruh Genset pada tempat yang lembab dan mudah terkena cipratan. Itu karena jika demikian, maka Genset bisa berpotensi terkena korosi atau karat, yang mana itu akan berdampak pada Genset mini itu sendiri. Nah oleh karena itu, Genset mini yang mudah dipindahkan bisa anda manfaatkan gunanya itu untuk menaruhnya pada tempat yang bersih dan jauh air.

  • Selalu memeriksa keadaan bahan bakar, seperti bahan bakarnya atau filter alat bakar yang harus dalam kondisi yang baik. Tidak hanya itu, pada jalur bahan bakar juga harus anda pastikan bahwa itu tidak bergesekan dengan benda apapun. Itu karena jika memang terjadi, maka akan menimbulkan kegagalan fungsi yang dapat berdampak fatal pada Genset mini tersebut.

  • Rutin memeriksa aki Genset. Dimana anda dapat melakukannya dengan memeriksa alur koneksi terminal aki agar tidak longgar. Lalu pada sistem listrik DC (Aki), anda harus pastikan tidak berkarat, hal itu jika memang terjadi maka akan menghambat starting pada Genset. Selain itu, penting juga anda memeriksa terminal pada baterai starting.

  • Selalu memeriksa indikator mesin Genset, seperti pada tekanan oli dan suhu radiator, hingga performanya. Pastikan tidak ada masalah atau terjadi kegagalan pembakaran (misfires), getaran, asap knalpot yang berlebihan, penurunan kekuatan, dan peningkatan konsumsi oli atau bahan bakar.

  • Sistem pendingin pada Genset juga perlu dirawat, hal itu untuk menghindari kerusakan sirip-sirip pendingin (radiator fin). Saran kami, anda gunakanlah kompresi udara tekanan rendah atau aliran air ke arah yang berlawanan dari aliran udara normal radiator untuk membersihkan radiator. Nah perawatan sistem pendingin juga dapat dilakukan dengan memeriksa level cairan pendingin (coolant) dalam keadaan mesin tidak menyala.


Jadi itulah cara maintenance atau merawat Genset mini secara efektif, yang mana bisa berdampak pada masa pakai Genset yang semakin lama, alias awet. Semoga bermanfaat bagi anda semua, terutama mengenai perawatan pada Genset mini. Nah jika anda tertarik ingin memiliki Genset yang terbaik dan berkualitas, maka itu ada pada produk Genset Tenka yang ada di IndahJaya.com