Cara Maintenance Pompa Celup atau Submersible dengan Tepat dan Efektif



Pompa tentunya sering digunakan banyak orang dalam beberapa hal, dan yang paling utama dan menjadi primadona adalah pompa celup. Tentunya itu karena pompa celup memiliki banyak keunggulan dari pompa biasa, sehingga tidak heran pemakaian pompa celup selalu meningkat dibandingkan dengan pompa biasa. Namun meski pompa celup adalah yang terbaik, tetapi jelas pompa celup juga membutuhkan perawatan berkala.


Maintenance pompa celup juga tidak boleh sembarangan, karena jika memang begitu maka pompa celup bukan menjadi lebih baik, malah nantinya akan menjadi malfungsi hingga menimbulkan banyak kerusakan pada beberapa komponennya. Tentunya anda pemilik pompa celup tidak ingin bukan jika pompa celup anda rusak, maka dari itu anda pemilik atau pengguna pompa celup wajib melakukan maintenance yang tepat dan efektif, dimana itu bisa anda ketahui di artikel ini!

Inilah Maintenance yang Tepat dan Efektif Pada Pompa Celup atau Submersible

  1. Mesin pompa celup harus diperhatikan lebih mendalam, dengan memperhatikannya secara berkala. Bukan hanya itu saja, mesin pompa celup juga harus dirawat, dengan cara terbaiknya yaitu memeriksa kelancarannya .Dan biasa hal itu dilakukan dengan mengecek sebulan sekali atau dua bulan sekali, sehingga bila ada kerusakan atau gangguan pada mesin, maka anda mudah ketahui begitu juga dengan masalah yang sudah dapat diketahui.

  2. Jangan gunakan pompa celup dalam daya listrik yang tidak cukup atau sesuai. Hal itu karena jika ada tegangan yang berlebihan, maka itu tentu akan membuat dinamo pompa celup menjadi cepat panas, dan tentunya hal tersebut bisa saja merusak kapasitor atau gulungan dalam motor dinamo. Dan untuk menanggulanginya, maka anda bisa menggunakan stavolt atau stabilizer.

  3. Pastikan anda tidak menggabungkan steker atau saklar pompa air dengan peralatan listrik lainnya, yang dimana dimaksud adalah jalur untuk mensuplai tegangan pada pompa air diberikan jalur khusus dari kabel induk atau tidak bercabang-cabang. Itu karena hal tersebut dimaksudkan agar daya yang dibutuhkan tidak berkurang,dan tidak cepat merusak saklar atau steker.

  4. Pemeriksaan kabel dan pipa paralon juga penting, karena itu berguna untuk mengetahui apakah terjadi kerusakan pada kabel dan pipa paralon tersebut atau tidak. Itu karena sudah banyak masalah kabel yang sering mengalami terkelupas, bisa dari gesekan, kepanasan karena daya listrik yang tinggi, atau paralon kegencet dengan benda berat sehingga membuatnya pecah dan rusak. Jika diketahui ada kerusakan, maka anda harus sesegera mungkin membungkus kabel tersebut dengan selotip yang kuat, dan itu termasuk juga dengan paralon yang pecah atau bocor yang harus ditambal agar tidak mengalami kekurangan debita air yang diharapkan.

  5. Anda jangan pernah memasang pompa celup di tempat yang terbuka atau tidak terlindungi dari panas dan hujan, itu karena bisa membuat pompa celup tidak bisa bertahan lama. Jadi untuk itu, anda pastikan punya tempat khusus yang terhindar dari hal-hal tersebut.

  6. Perhatikan, jika air di sumur kosong, maka anda jangan menghidupkan pompa tersebut. Itu karena bisa menyebabkan panas berlebih pada pompa air, sehingga dapat menyebabkan kerusakan, yang bahkan parahnya bisa terbakar karena tidak ada air yang masuk ke pompa air dikarenakan tidak ada rotasi air yang mendinginkannya.

  7. Meski dicelup, tentunya anda juga perlu membersihkan pompa secara berkala pada waktu tertentu. Hal ini agar menghindari pompa dari korosi, atau kotoran yang bisa saja masuk ke dinamo motor pompa celup. Selain itu, pada bagian elektronik mesin yang terkena debu, maka itu juga bisa membuat banyak kerusakan.

Jadi itulah cara maintenance pompa celup yang benar dan juga efektif, semoga anda paham dan anda coba ikuti untuk merawat pompa celup anda menjadi lebih baik. Jangan lupa anda bisa share artikel ini kepada mereka yang membutuhkan, dimana agar mereka yang tidak tahu bisa menjadi tahu. Nah bagi anda yang memang ingin memiliki pompa terbaik atau mengganti pompa anda, maka kami rekomendasikan pompa celup Tsurumi. Dan untuk lebih lengkapnya mengenai produk Tsurumi, maka anda bisa kunjungi IndahJaya.com