top of page

Simak Cara Melepas Mur yang Susah Dilepas dengan Mudah dan Cepat



Adanya mur, tentunya dapat berguna untuk menyambungkan komponen menjadi 1, dimana itu nantinya akan menjadi sambungan tidak tetap, alias masih dibuka atau dilepas sesuai dengan keinginan. Tentunya memasang mur itu sangat mudah, karena hanya dibutuhkan kunci yang tepat agar mur dapat terpasang dengan benar pada komponen yang ingin disatukan. Namun lain cerita dengan melepas mur, dimana terkadang mur sulit untuk dilepas.


Mur yang sulit untuk dilepas pastinya bisa disebabkan oleh beberapa faktor, sehingga mur bisa sulit dilepas bahkan dengan kunci yang tepat sekalipun. Jika memang ada mur yang sulit dilepas, maka tentu ada cara lain yang dapat memungkinkan itu terjadi, alias ada cara cepat dan juga mudahnya. Cara cepat dan mudah dalam membuka mur yang sulit dilepas bisa anda ketahui di artikel ini. Maka dari itu, silahkan anda simak artikel ini selengkapnya!


Penyebab Mur Sulit Dilepas

Akan sia-sia jika anda tahu cara lepas mur yang sulit dilepas tanpa tahu penyebab mur sulit dilepas, hal itu karena nantinya akan membuat anda repot sendiri yang mana bisa merugikan banyak hal, seperti mur itu atau anda sendiri. Maka dari itu penting sekali anda ketahui kenapa mur itu sulit dilepas, yang mana penyebabnya bisa anda ketahui di ulasan berikut ini:


  • Adanya karat pada komponen mur, atau pada komponen lain yang bersentuhan dengan mur. Sehingga lama kelamaan mur karat hingga bisa menyebabkan sulit diputar atau dilepas.

  • Mur yang dipasang sebelumnya memang sudah slek, sehingga akan sulit melepas mur yang slek, dikarenakan ulir pada mur akan mengunci dengan sendirinya yang menyebabkan sulit untuk dilepas.

  • Kunci yang dipakai untuk buka mur memang sudah doll, sehingga akan selalu loss saat mau buka mur yang terpasang itu. Jadinya mur terasa seperti sulit dibuka.


Inilah Cara Melepas Mur yang Susah Dilepas dengan Mudah dan Cepat


Berikut ini adalah beberapa cara mudah dan pastinya cepat untuk melepas mur yang sulit dilepas, dimana beberapa cara yang akan kami berikan bisa anda praktekan atau tiru pada mur anda yang memang sulit untuk dilepas.


Gunakan Minyak Pelumas

Mur yang sulit dibuka tentunya seperti terasa macet jika ingin diputar pada arah buka. Nah maka dari itu salah satu cara yang ampuh agar mur dapat dilepas adalah dengan mengandalkan minyak pelumas. Caranya anda oleskan pada mur yang keras tersebut, lalu tunggu sampai minyak mengaliri mur dan segalanya yang ada di sekitarnya. Kemudian setelah itu maka anda bisa coba kembali untuk melepas mur tersebut.


Panaskan Suhu Pada Mur

Mur yang sulit dilepas maka anda bisa andalkan suhu panas untuk itu. Caranya anda bisa menggunakan suhu panas yang terkena langsung pada komponen mur yang macet tersebut. Tetapi sangat disarankan anda tidak menggunakan blow torch untuk menghemat waktu. Setelah itu, jika anda sudah semprotkan minyak penetrasi pada bagian mur yang macet, maka langkah berikutnya anda pukul mur tersebut beberapa kali menggunakan palu sampai mur dapat dilepas dengan mudah.


Gunakan Pemecah Mur

Hal itu karena pemecah mur akan memecahkan mur yang tidak dapat diputar tanpa merusak ulir baut yang ada. Nah jadi dengan demikian, maka menggunakan pemecah mur menjadi salah satu cara terbaik untuk membuka mur yang susah dilepas. Untuk caranya anda cukup selipkan pada cincin di atas mur dan putar gigi menjadi mur sampai patah, sehingga mur dapat dilepas kembali.


Jadi itulah cara melepas mur yang susah dilepas dengan mudah dan cepat, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan anda terhadap mur yang sulit dilepas. Bilamana anda tertarik dengan perkakas yang bisa berguna untuk pemasangan atau pelepasan mur, maka rekomendasi kami yang terbaik dan berkualitas ada pada produk perkakas Tenka. Mengenai perkakas Tenka anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


留言


bottom of page