top of page

Yuk Simak Cara Memasang Piston dengan Bantuan Tang Penjepit



Kendaraan bisa berfungsi sebagaimana fungsinya, itu karena ia memiliki beberapa komponen terkait yang bisa membuatnya bergerak, salah satunya yakni mesin. Namun mesin sendiri bukan komponen yang tidak terdiri dari apa-apa, dia adalah komponen peralatan yang memang bisa berguna bagi kendaraan agar dapat bergerak karena terdapat banyak komponen juga, yakni yang terutama adalah piston, baik satu, dua, tiga atau lebih di dalam suatu mesin.


Sebenarnya tidak hanya ada pada mesin suatu kendaraan, piston juga ada pada mesin-mesin lainnya seperti kompresor udara, converter hidrolik, hingga pompa ban manual sekalipun. Nah karena bagian penting bagi mesin untuk bisa berguna sebagaimana kegunaannya, maka peran piston akan selalu ada pada mesin-mesin tersebut. Namun tidak sedikit juga ada masalah pada piston, sehingga membutuhkan penggantian atau bongkar pasang piston secara tepat.

Inilah Cara Memasang Piston dengan Tepat yakni Dibantu dengan Tang Penjepit

Piston merupakan mesin sumbat yang terpasang pada silinder mesin pembakaran dalam silinder hidrolik, pneumatik, dan silinder pompa, yang mana ia mempunyai bentuk seperti silinder. Adapun dia bisa bekerja dan bergerak secara translasi atau gerak bolak-balik di dalam silinder. Mesin ini merupakan sumbu geser yang terpasang presisi di dalam sebuah silinder, yakni dengan tujuan untuk mengubah volume dari tabung, kemarian fluida dalam silinder, buka-tutup jalur aliran atau permainan kombinasi semuanya.


Ciri piston sendiri adalah dibuat dari campuran aluminium, alasannya karena bahan ini sangat ringan serta memenuhi syarat-syarat. Antara lain tahan terhadap temperatur tinggi, sanggup menahan tekanan yang bekerja pada bahan ini, mudah menghantarkan panas, hingga memang ringan serta kuat. Adapun dia juga terdiri dari piston, cincin piston dan batang piston, yang mana setiap piston dilengkapi lebih dari satu buah cincin piston yang terpasang longgar pada alur cincin.


Nah dinilai penting bagi mesin, karena piston memiliki fungsi utamanya adalah untuk mengubah volume dari silinder. Perubahan volume itupun terjadi karena piston mendapat tekanan dari isi silinder atau sebaliknya piston menekan isi silinder. Nah piston yang menerima tekanan dari fluida yang selanjutnya mengubah tekanan tersebut pun akan menjadi gaya (linear). Tentu tidak jarang masalah pada piston yang membuat piston pun harus dibongkar-pasang, sehingga dengan begitu dibutuhkan juga cara yang tepat dalam melakukannya.


Adapun cara memasang piston dengan tepat, begitu juga dengan bantuan tang penjepit antara lain Anda bisa ikuti panduan berikut ini:


  1. Pertama tentu Anda harus membedah mesin sampai piston terlihat untuk bisa dilepas. Supaya bisa memasang dan melepaskan ring piston secara mudah, maka lepas serta bebaskan piston dari tangkainya.

  2. Lepas ring piston satu demi satu darI yang ada atau yang dipasang pada suatu mesin. Anda harus memulainya dari sisi yang teratas sampai yang paling bawah, akan tetapi lakukan secara hati-hati.

  3. Anda perlu bersihkan jalur piston sampai sisa pembakarannya lenyap. Untuk melakukan hal tersebut Anda bisa memakai amplas yang permukaan atasnya lembut dan bersihkan dengan bensin. Hal ini bertujuan agar tidak ada kotoran yang ketinggalan yang dapat menjejal ring piston yang akan hendak dipasang.

  4. Saat proses penempatan, pastikanlah Anda lebih dulu memasang ring piston kompresi dengan memerhatikan code huruf yang mengarah ke atas.

  5. Kemudian pasang ring oli dengan cara yang tepat, yang mana umumnya mempunyai tiga sisi, yakni rail ring sisi atas, spiral atau exander ring, dan rail ring sisi bawah.

  6. Selanjutnya hanyalah proses pemasangan. Nah pastikanlah Anda memasang dengan formasi ring piston yang benar, dimana bisa dengan bantuan tang penjepit. Ini terjadi saat piston ingin dipasang pada connecting sebelum tertutup dengan blok mesin.

  7. Anda bisa menggunakan tang penjepit saat Wrist pin ingin tersambung dengan connecting, yang mana dapat menyesuaikan connecting yang setelah itu barulah mengencangkan dudukan Wrist Pin dan Snap Ring yang ada.

  8. Selanjutnya setelah itu, Anda dapat meneruskan ke cara seterusnya atau cara paling akhir yakni memasang kembali ring piston itu ke silinder block.


Jadi itulah cara memasang piston dengan bantuan tang penjepit. Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Untuk perkakas terbaik dan berkualitas yang bisa bantu memasang piston pada mesin, rekomendasi kami untuk Anda adalah perkakas dari Tenka, yang mana itu bisa Anda dapatkan atau ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


コメント


bottom of page