Cara Membeli Pompa Air Celup Paling Tepat untuk Rumah


Cara Membeli Pompa Air Celup Paling Tepat Untuk Rumah

Tempat hunian tidak akan nyaman bila pengalirannya tidak bagus. Pompa air celup menjadi solusi baik bagi Anda yang ingin memperoleh sumber air bersih dan selalu lancar. Terlebih lagi jika pengeborannya cukup dalam, jenis satu ini paling tepat.


Mungkin untuk rumah tangga lebih sering menggunakan variasi pompa yang ada di atas tanah. Di mana proses dalam pengaliran airnya adalah menarik air tersebut untuk sampai ke permukaan.


Jika pompa itu kinerjanya lebih mendorong air ke permidistribusikan ke berbagai titik tertentu. Agar bisa bekerja dengan baik, memang ketinggian permukaan itu ditentukan dulu. Jika ingin tahu mana jenis pompa celup yang cocok untuk rumah, berikut informasinya.


Ketahui Jenis Pompa Air Celup Terlebih Dahulu


Sebelum Anda membeli pompa air ini memang harus mengetahui dulu jenisnya. Ini menjadi hal utama yang wajib diketahui, agar menentukan kebutuhan dalam pembeliannya.


Alat ini harganya memang cukup tinggi dibandingkan jenis pompa air biasa yang diletakkan di atas tanah. Sehingga perlu teliti, agar penggunaannya bisa maksimal.


Nama lain dari pompa celup adalah submarsible. Sesuai dengan namanya, jika ingin menggunakan pompa ini memang harus dimasukkan ke dalam air. Justru akan mudah rusak, ketika dijalankan pada area kering.


Kinerja dari pompa air celup sebenarnya tidak terlalu boros karena menggunakan energi kinetis. Jadi, untuk bisa menjalankannya ada motor penggerak yang tertutup rapat ke dalam mesin dengan casing.


Energi gerak dari mesin tersebut itulah yang akan menghasilkan tenaga potensial untuk bisa mendorong air keluar ke permukaan tanah. Dari jenis pertama, yaitu tipe yang besar memang biasanya digunakan dalam kawasan industrial.


Seperti untuk pompa limbah, drainase dan industrial umum. Biasanya untuk bisa mengaktifkannya menggunakan sumber tegangan tinggi. Tapi bila rumah Anda besar, tidak mengapa menggunakannya demi mendapatkan air berkualitas.


Tegangan untuk pompa air celup tipe besar ini antara 3kV hingga 5kV. Jadi, bisa dibayangkan berapa listrik yang dibutuhkan.


Berbeda jika Anda lebih memilih untuk tipe portable. Harganya jauh lebih murah. Tapi biasanya lebih ke arah tipe rumah kecil yang menggunakan penampungan air. Silakan pilih jenis paling tepat untuk rumah sendiri.


Pertimbangan Pemilihan Pompa Celup untuk Rumah


Masih ragu mau memilih tipe besar atau portable dalam membeli pompa air celup untuk rumah? Masih ada beberapa pertimbangan lain yang perlu Anda lakukan.


Memang segalanya harus diperhitungkan dengan baik. Jika asal beli, takutnya tidak bisa digunakan, atau bahkan biaya per bulan dalam penggunaannya tidak disanggupi. Untuk itulah, jangan asal pilih dan lebih baik meminta rekomendasi dari ahlinya.


Mungkin arsitek atau mekanik rumah Anda bisa membantu mana yang terbaik. Dalam pemilihan pompa air celup, beberapa pertimbangan ini mungkin bisa membantu Anda untuk memutuskannya :

  1. Lihat dulu kondisi tanah yang ada di rumah Anda. Kemudian, tentukan juga mau menggali kedalaman berapa meter untuk mendapatkan sumber air terbaik.

  2. Dari kedalaman yang telah ditentukan, silakan mempertimbangkan untuk memilih mesin pompa air sesuai kapasitasnya.

  3. Jenis submarsible memang sangat banyak, terutama untuk brand ternama. Maka, lihat spesifikasi yang sesuai kebutuhan agar tidak salah beli.

  4. Jangan lupa melihat ukurannya. Karena harus disesuaikan dengan halaman lokasi pembuatan sumur.

  5. Jangan lupa cek suaranya. Umumnya untuk tipe pompa seperti ini tidak berisik dan cenderung diam.

Apakah Anda telah menentukan mau membeli tipe mana untuk ditanam di rumah sendiri dalam pengaliran air? Dengan mendapatkan pompa air celup, maka sumber air di rumah sudah jelas terjamin.