Cara Membersihkan Kolam Renang Secara Praktis



Kolam terdiri dari banyak jenis dan juga variasinya, ada kolam untuk ikan, kolam air untuk renang, ataupun kolam untuk penghijauan bagi tanaman dan sebagainya. Namun dari segala kolam, kolam yang paling berguna adalah kolam renang, hal itu karena kolam renang bisa digunakan dalam aktivitas berenang, dan berenang tentunya sangat bermanfaat bagi kesehatan, dan pastinya menyenangkan.


Tetapi layaknya kolam-kolam pada umumnya, kolam renang juga perlu dirawat dan dibersihkan, karena jika tidak demikian maka kolam bisa bersumber menjadi sarang penyakit karena airnya kotor, ataupun masalah buruk lainnya. Nah pada kesempatan kali ini, kami akan berikan kepada anda beberapa cara agar anda bisa membersihkan kolam renang, dimana cara dari kami adalah cara yang praktis. Untuk itu, silahkan anda simak artikel ini selengkapnya!

Inilah Beberapa Cara Praktis dalam Membersihkan Kolam Renang

1. Membersihkan Kolam Renang dari Segala Macam Objek yang Jatuh Pada Kolam

Kolam renang biasanya dan kebanyakan akan berada pada luar ruangan, hal itu agar kolam renang bisa terasa seperti natural atau alasan lain sebagainya. Nah ketika kolam renang berada di luar, pastinya objek-objek apapun akan mudah masuk ke dalam air kolam, bisa berupa daun, ranting, bebatuan, ataupun sebagainya. Pastinya jika memang ada, maka itu tidak boleh dibiarkan, dan karena itu anda perlu mengambilnya dengan jaring ataupun alat lain sebagainya.

2. Menyikat Dinding, Lantai, dan Tangga Kolam Renang

Kolam renang yang kotor akan terdapat terlihat kotoran di lantai, dinding, atau tangga pada kolam, seperti lumut atau sebagainya yang bisa menempel. Jika memang ada, anda bisa membersihkannya dengan mudah dengan cara menyikat dindin, lantai, atau pada tangga yang ada pada kolam renang tersebut. Tetapi pastikan kotoran yang terlepas anda kumpulkan dan saring agar kotoran tersebut tidak kemana-mana.

3. Menggunakan Penghisap Kolam Untuk Mengambil Kotoran-Kotoran Kecil

Tentunya kotoran pada kolam renang biasanya ada dari berbagai ukuran, dan jika besar memang mudah untuk membersihkan, tetapi lain halnya jika kotoran tersebut kecil. Untuk membersihkan kolam terutama pada lantai kolam, anda bisa memanfaatkan penghisap kolam seperti vacum dengan penyedot yang panjang, agar anda bisa menggapai kotoran kecil pada lantai kolam renang anda.

4. Mengontrol Bahan Kimia Pada Kolam Renang

Perlu anda ketahui, bahwa ada banyak bahan kimia di air kolam renang, yang mana itu bisa membantu menjaga kebersihan kolam renang yang anda punya. Faktor-faktor seperti cuaca dan penggunaan kolam dapat mempengaruhi kadar pH kolam, maka dari itu anda harus menguji kadar pH kolam setidaknya tiga kali seminggu untuk memastikan kolam aman digunakan. Dan Kadar pH kolam harus berada antara 7,2 dan 7,6, dan jika kadar pH berada di luar rentang itu, maka anda perlu menggunakan penambah atau pengurang kadar pH.

5. Membersihkan Filter Pada Kolam

Meskipun anda mempunyai filter pada kolam renang anda, tetapi itu juga perlu diperhatikan kebersihannya. Anda harus menjaga area di sekitar filter kolam tetap bebas dari sampah dan kotoran, alias bersih. Lalu anda bisa bersihkan filter yang anda punya dengan cara melihat apakah ada ditemukan kotoran yang menyumbat, dan jika ada maka buang dan pasang kembali filter tersebut.

6. Masukan Tablet Klorin Penyanitasi

Tablet penyanitasi adalah tablet yang bisa mudah anda temukan. Tablet tersebut akan larut secara perlahan dan melepaskan klorin untuk membunuh bakteri dalam air kolam. Anda harus menambahkan tablet ke kolam sesuai instruksi pada label yang tercantum. Selain itu, anda juga perlu menambahkan tablet pada skimmer, pelampung (floater), atau automatic feeder untuk memastikan semua perlengkapan ini tidak dikontaminasi oleh bakteri.


Dan itulah beberapa cara penting yang biasanya digunakan untuk membersihkan kolam renang. Semoga bisa bermanfaat bagi anda dan kolam renang anda, dan jangan lupa untuk anda bagikan artikel ini, agar yang lainnya juga dapat manfaat dari artikel ini. Bagi anda yang tertarik untuk memiliki pompa, maka kami rekomendasikan pompa celup merk Tsurumi karena itu adalah yang terbaik dan juga berkualitas. Mengenai produk tersebut, maka anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.