top of page

Cara Membersihkan Pompa Celup Anda untuk Meningkatkan Kinerjanya



Pompa celup merupakan pompa yang banyak manfaat dan keunggulan, sehingga pemasangannya pun harus tepat. Pemasangan tersebut seperti memastikan kabel pompa tersambung dengan benar, lalu ukuran serta spesifikasi yang sesuai, hingga tempat dari pompa celup tersebut. Namun meski sudah mengaplikasikan pemasangan pompa celup yang benar, tapi jika penggunaan pompa celup salah maka itu akan sia-sia saja.


Pemasangan pompa celup dan penggunaan pompa celup tentulah harus dengan cara yang benar dan tepat, itu agar pompa celup Anda dapat menjadi pompa celup yang tetap prima, awet serta juga tahan lama. Salah satu perawatan yang dianggap sepele oleh banyak orang, yakni perawatan berupa pembersihan dari pompa celup. Padahal kenyataannya, pompa celup yang kotor dapat mempengaruhi kinerja pompa celup, serta usia pakai dan ketahanan pompa.


Inilah Cara Membersihkan Pompa Celup Anda Semua untuk Tingkatkan Kinerjanya


Pompa celup memang perlu dibersihkan secara rutin dan berkala, hal itu agar pompa celup dapat prima atau bisa tingkatkan kinerjanya. Jika pompa celup tidak dibersihkan dalam kurun waktu yang lama dengan penggunaannya yang lama, maka pompa celup pun akan menjadi kotor. Ketika kotor, maka pompa celup akan memiliki kinerja yang menurun, hal itu terjadi karena memang kotoran yang mengganggu pengerjaan pompa, seperti pada impeller atau bagian lainnya.


Tidak hanya itu, pompa celup yang kotor pun juga bisa berpotensi mengalami overheat, itu karena kotoran dalam pompa celup yang terus berdampak menghambat sirkulasi dari dalam serta luar pompa celup. Jadi pompa celup sebaiknya dibersihkan, terutama yang memang kotor. Nah cara membersihkannya pun juga tidak boleh sembarangan, karena cara sembarangan bisa berdampak pada malfungsi pompa celup. Oleh karena itu gunakan cara yang benar dan tepat seperti di berikut ini:


  1. Matikan pompa celup, begitu juga dengan kabel-kabel yang terpasang pada pompa celup. Tujuannya jelas agar pompa celup tidak mengalami kerusakan pada motor dinamonya yang tiba-tiba mati, atau berguna untuk menghindari korsleting.

  2. Kemudian lepaskan pipa-pipa atau selang yang terpasang dengan pompa celup yang hendak dibersihkan. Jangan bersihkan pompa celup dalam keadaan masih tersambung dengan pipa atau selang, itu karena kotoran hanya akan kembali lagi ke pompa karena kotoran bisa saja masuk ke dalam pipa dan selang.

  3. Bawa pompa celup ke tempat pembersihan yang nyaman serta aman untuk pompa celup Anda.

  4. Lalu buka pompa celup, yang mana dimulai dari penutup kipas pompa celup. Untuk membuka penutup kipas ini Anda sebenarnya dapat menggunakan obeng, lalu buka dengan cara yang hati-hati.

  5. Bersihkan bagian yang kotor dengan sikat, lalu sikat dengan perlahan serta hati-hati. Lakukan kembali pada bagian lainnya yang memang kotor.

  6. Tutup kembali atau pasang kembali pompa celup seperti semula atau sedia kala. Perhatikan kembali dengan teliti apakah ada bagian yang masih terbuka atau tidak rapat. Tentunya pemeriksaan kembali sangat penting, karena jika memang ada celah itu bisa membuat pompa celup yang sudah dibersihkan malah rusak karena masuknya objek lain.


Sekian sudah artikel dari kami yang membahas mengenai cara benar dan tepat untuk membersihkan pompa celup agar bisa tingkatkan kinerjanya. Semoga jadi manfaat untuk Anda dan juga kepada semuanya. Bilamana Anda ingin memiliki pompa celup, maka kami rekomendasikan yang terbaik dan berkualitas pompa celup Tsurumi. Anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut terkait produk Tsurumi.


bottom of page