Cara Membersihkan Selang Air Agar Tidak Mudah Rusak


Cara Membersihkan Selang Air Agar Tidak Mudah Rusak

Selang air merupakan benda yang dimiliki semua orang karena berguna untuk memudahkan kegiatan. Selang dapat digunakan untuk apa saja setiap hari, tetapi yang penting untuk diingat adalah bagaimana cara membersihkannya.


Ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk membersihkan selang. Cara-cara berikut ini bisa langsung Anda terapkan agar selang bisa tahan lama ketika digunakan. Berikut beberapa tips untuk membersihkan selang.


Cara Membersihkan Selang Air yang Tepat


Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan selang dengan langkah yang tepat agar tidak cepat rusak, berikut diantaranya:


Mengalirkan Air yang Cukup Deras


Cara pertama yang dapat Anda lakukan adalah dengan mengalirkan air dengan cukup deras ke selang. Anda dapat melakukan hal ini setelah membersihkan kotoran yang terdapat di dalam selang. Hal ini untuk memudahkan air mengalir agar bisa lancar.


Setelah dibersihkan tadi maka Anda bisa langsung mengaliri air yang cukup deras ke selang. Hal ini dilakukan untuk menghilangkan kotoran dengan sempurna yang ada di dalam selang. Kotoran dan lumut akan ikut keluar jika air dalam selang air sudah keluar.


Menggunakan Potongan Sponge Untuk Membersihkan


Tips kedua yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan selang dengan memanfaatkan potongan sponge. Potongan sponge dinilai dapat digunakan untuk menghilangkan kotoran dari dalam selang seperti lumut.


Tentu lumut yang hinggap di dalam selang sangat mengganggu aliran air. Air yang keluar jadi tidak bersih bahkan bau. Oleh karena itu Anda perlu menyiapkan potongan sponge yang berbentuk dadu lalu membersihkan bagian dalam selang tersebut.


Lalu cara menggunakannya adalah dengan memasukkan potongan dadu tersebut ke dalam selang air. Pastikan bahwa sponge tersebut bisa memadati semua bagian selang. Ketika sudah memadati seluruh bagian selang, Anda bisa memasukkan sabun ke dalamnya.


Kemudian agar sponge bisa bekerja Anda bisa memulai untuk menyalakan air dengan deras. Aliran air yang deras akan membuat potongan sponge keluar dengan sendirinya dan sponge tersebut juga akan menggosok bagian dalam selang.


Membersihkan Selang dengan Batang Bambu


Berikutnya adalah dengan membersihkan selang menggunakan batang bambu. Jika Anda tidak memiliki sponge maka alternatif lain adalah memakai potongan bambu. Caranya juga mudah karena Anda bisa menggunakan kain untuk mencegah selang sobek ketika dibersihkan.


Kemudian Anda bisa mulai memukul-mukul selang dengan menggunakan kain tersebut agar lumut bisa keluar. Lama kelamaan lumut akan mulai rontok dan saat itu kotoran di dalamnya jadi keluar semua.


Memanfaatkan Batu Kerikil untuk Membersihkan


Tips untuk membersihkan selang air yang berikutnya adalah dengan menggunakan batu kerikil. Ternyata tidak hanya sponge dan batang bambu saja, batu kerikil bisa digunakan sebagai alternatif lain. Langkah pertama adalah menghancurkan batu kerikil sampai berbentuk serpihan.


Kemudian selanjutnya adalah memasukkan potongan batu kerikil ke dalam selang dan alirkan air yang deras agar batu kerikil bisa keluar bersama kotoran. Lakukan hal tersebut untuk membuat lumut di dalamnya bisa keluar.


Mengeringkan di Bawah Sinar Matahari


Tips berikutnya yang dapat Anda lakukan untuk membersihkan selang adalah mengeringkannya di bawah sinar matahari. Apabila selang air sudah dibersihkan dengan benda-benda di atas maka langkah selanjutnya adalah mengeringkannya beberapa lama di bawah terik matahari.


Hal ini bertujuan agar kotoran dan lumut di dalam selang bisa kering sehingga bisa keluar dengan mudah. Langkah berikutnya adalah dengan menginjak-injak selang tersebut agar bisa keluar semua dan selang menjadi bersih.


Kemudian Anda bisa menggulingkan selang dan kembali diinjak. Lakukan hal tersebut sampai semua kotoran keluar. Banyak sekali tips yang dapat Anda lakukan agar selang tetap tahan lama.


Lakukan cara-cara di atas dengan rutin. Anda bisa mengaplikasikan salah satu atau semuanya. Dengan cara tersebut maka selang air akan tahan lama digunakan.