Cara Membersihkan Selang Serat Benang Agar Lebih Awet


Cara Membersihkan Selang Serat Benang Agar Lebih Awet

Selang serat benang banyak yang memilikinya karena dapat membantu berbagai kegiatan. Contohnya untuk menyirami bunga di halaman, untuk mengalirkan air ke dapur, kamar mandi dan lain sebagainya.


Biasakan untuk melakukan perawatan terutama jika Anda menggunakannya hampir setiap hari. Biasanya lumut akan tumbuh setelah digunakan dalam jangka waktu lama. Tandanya yaitu warnanya menjadi lebih gelap dari sebelumnya.


Lumut akan menyumbat selang sehingga harus dibersihkan karena aliran air menjadi tidak lancar. Apalagi jika intensitas penggunaannya sering maka potensi tumbuhnya lumut lebih besar.


Alasannya karena kondisi di dalamnya basah sehingga lumut mudah tumbuh. Kehadirannya tentu sangat mengganggu karena air yang keluar menjadi kotor.


Intip 5 Cara Mudah Membersihkan Selang Serat Benang


Ada beberapa cara yang bisa Anda pakai untuk membersihkan selang dari berbagai kotoran seperti lumut. Barang tersebut bisa kembali bersih sehingga menjadi tahan lama.


1. Memakai Potongan Sponge


Sponge banyak dipakai menghilangkan berbagai macam kotoran termasuk salah satunya adalah lumut. Keberadaan lumut di dalamnya akan mempengaruhi aliran air.


Selain itu, air yang keluar menjadi bau dan kurang bersih. Anda siapkan sponge, kemudian dipotong membentuk dadu terlebih dahulu sebelum Anda gunakan.


Caranya yaitu potongan sponge tersebut dimasukkan pada selang serat benang. Anda pastikan sponge dapat memadati di semua bagian, setelah itu baru masukkan sabun.


Langkah selanjutnya adalah air dinyalakan dengan deras agar sponge bisa mulai bekerja. Aliran air deras akan mendorong sponge keluar sendiri. Sponge akan bergerak sembari menggosok bagian dalam selang.


2. Mengalirkan Air yang Deras


Cara yang satu ini sangat sederhana dan mudah dilakukan. Anda lakukan cara tersebut setelah kotoran dibersihkan. Tujuannya adalah memperlancar aliran air.


Selain itu, agar kotoran maupun lumut di selang serat benang keluar dengan sempurna. Dengan demikian, bagian dalamnya akan kembali bersih dan air yang mengalir menjadi jernih.


3. Memanfaatkan Batang Bambu


Bambu menjadi salah satu alternatif terbaik jika tidak memiliki sponge. Caranya sangat mudah, yaitu menyiapkan potongan bambu kemudian Anda lapisi dengan kain agar selang tidak sobek saat dibersihkan.


Selanjutnya, bambu tersebut dipakai untuk memukul selang serat benang untuk mengeluarkan lumut. Nantinya, secara perlahan lumut akan keluar dengan sendirinya bersama kotoran yang menempel.


4. Menggunakan Batu Kerikil


Selanjutnya, Anda bersihkan dengan batu kerikil. Cara ini juga cukup efektif untuk menjadikan selang bersih dan terbebas dari berbagai macam kotoran.


Batu kerikil dihancurkan hingga bentuknya berubah menjadi serpihan. Batu kerikil yang sudah hancur tersebut dimasukkan ke selang, lalu biarkan air mengalir deras.


Nantinya batu kerikil dan kotoran akan keluar dari selang serat benang secara bersamaan. Lakukan dengan cara yang sama untuk mengeluarkan lumut.


5. Memanfaatkan Sinar Matahari untuk Mengeringkan Selang


Cara berikutnya adalah mengeringkan secara langsung di bawah sinar matahari. Proses tersebut membutuhkan waktu lebih dari sehari. Lumut beserta kotoran lainnya akan mengering.


Lumut tersebut semakin lentur sehingga mudah untuk dikeluarkan. Warnanya juga akan berubah menjadi kecoklatan. Selang diinjak-injak untuk membuat lumut yang terdapat di bagian dinding rontok.


Selain itu, agar kotoran lainnya keluar. Lakukan cara tersebut hingga tidak ada lagi kotoran yang tersisa. Terakhir alirkan air sampai bagian dalamnya benar-benar bersih.


Salah satu dari kelima cara tersebut bisa Anda praktekkan agar selang tetap bersih setelah digunakan. Apabila selang serat benang disimpan dalam kondisi bersih akan menjadi awet dan tidak mudah rusak.