top of page

Yuk Simak Cara Membuat Aerator Kolam Tanpa Listrik Secara Alami



Kolam atau aquarium, merupakan suatu konstruksi buatan manusia yang ditujukan untuk tempat menaruh ikan-ikan, baik itu untuk budidaya ataupun untuk memeliharanya. Nah tidak hanya membutuhkan tempat seperti kolam atau aquarium, nyatanya ada juga beberapa peralatan pendukung lain yang harus ada di suatu kolam atau aquarium, seperti salah satunya adalah aerator dari beberapa jenis dan ragamnya.


Aerator memang sangat dibutuhkan untuk kehidupan kolam dan aquarium, itu karena bisa membuat gelembung udara buatan yang tentunya mengandung oksigen, yang mana itu sangat baik bagi ikan atau makhluk air lainnya di suatu kolam atau aquarium. Nah aerator tentunya adalah alat yang bisa Anda dapatkan, tetapi aerator pun bisa Anda buat sendiri tanpa listrik, yang mana cara buatnya bisa Anda ketahui dengan menyimak artikel ini selengkapnya!


Inilah Cara Membuat Aerator Kolam Tanpa Listrik Secara Alami

Berikut adalah cara membuat aerator untuk kolam tanpa menggunakan listrik, yang mana tiap tahap perlu Anda ikuti dengan benar agar aerator tanpa listrik bisa dibuat dengan benar dan juga tepat.


1. Persiapkan Bahan dan Peralatan

Dalam membuat apapun, seperti pekerjaan tangan untuk membuat aerator tanpa listrik, maka yang pertama adalah dengan mempersiapkan beberapa bahan atau peralatannya. Nah persiapannya adalah Anda mempersiapkan 2 botol minum ukuran sedang, yang mana 2 botol tersebut akan disatukan menjadi 1. Kemudian selain 2 botol minum, ada juga kran selang dan selang kecil yang perlu Anda persiapkan, tidak perlu yang panjang-panjang.


2. Lubangi 2 Tutup Botol Secara Bersamaan

Kemudian cara berikutnya Anda bisa lubangi 2 tutup botol minum yang sudah Anda persiapkan sebelumnya, yaitu bisa melubanginya dengan solder atau dengan paku, tetapi yang pasti Anda harus pastikan bahwa lubang memiliki diameter yang sama, lalu jangan terlalu besar alias harus sesuai dengan diameter selang yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.


3. Sambungkan 2 Lubang Tutup Botol dengan Selang

Ketika sudah terlubangi, maka sambungkan lubang-lubang tersebut dengan selang, yang mana jaraknya Anda dekatkan, sehingga selang yang berlebih Anda potong saja. Namun pastikan tutup botol yang tersambung adalah tutup botol bagian luar yang menghadap juga pada bagian luar tutup botol lain, kemudian anda rekatkan dengan lem.


4. Lubangi Badan Botol di Tempat yang Berbeda

Maksudnya, untuk botol yang akan berada di bagian atas, maka Anda lubangi badan botol pada bawah badan botol tersebut, tetapi jangan terlalu bawah. Kemudian sebaliknya untuk botol yang akan ada di bagian bawah, Anda bisa lubangi botol di bagian atas, atau tepatnya leher botol. Nah pastikan juga lubang yang dibuat memang sama dengan selang yang sudah Anda persiapkan.


5. Masukan Selang Pada Badan Botol yang Sudah Dilubangi

Kemudian cara berikutnya, lubang pada badan botol bisa Anda sambungkan satu sama lain dengan selang yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Kemudian agar semakin erat, maka gunakan perekat seperti lem dan sebagainya, hal itu agar selang dan botol melekat kuat serta tidak ada udara yang masuk atau keluar ke botol tersebut.


6. Sambungkan Lubang Selang Botol Bagian Atas Pada Kran Selang

Pada botol yang akan ditaruh di atas, lubang yang berada di bagian bawah botol bisa Anda sambungkan dengan kran selang. Nah tujuannya itu jelas agar kran tersebut bisa mengatur besar kecilnya udara yang masuk.


7. Masukan Lubang Selang Botol Bawah Pada Kolam

Kemudian setelah itu, Anda bisa uji coba aerator buatan tanpa listrik ini. Nah cara mencobanya, pastikan lubang selang botol bawah yang sudah tersambung, Anda masukan ke kolam atau aquarium. Lalu putar kran di bagian atas botol, kemudian lihat bagaimana hasilnya.


Jadi itulah cara membuat aerator kolam tanpa listrik. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Bilamana Anda menginginkan aerator atau pompa celup, maka yang terbaik dan berkualitas untuk Anda adalah Tsurumi. Mengenai Tsurumi, tentunya Anda bisa miliki itu serta ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


コメント


bottom of page