top of page

Inilah Cara Membuat Air Mancur dari Paralon yang Sederhana



Air mancur adalah sebuah konstruksi yang dapat dibuat dengan mengandalkan pompa air seperti pompa celup, yang mana air akan mengalir melalui selang atau pipa, lalu masuk ke nozzle sehingga akan terlihat seperti air mancur. Nah baik itu di kolam ikan atau renang, air mancur tentunya wajib ada, karena air mancur dapat memberikan keindahan, serta manfaat bagi kolam renang apalagi kolam yang berisikan makhluk air.


Tentunya membuat air mancur sebenarnya cukup mudah jika Anda mengerti, yaitu bisa dengan menggunakan beberapa bahan, bahkan pipa pun juga bisa membuat air mancur, yaitu konsep air mancur yang tidak kalah dari air mancur pada umumnya. Nah jika Anda tertarik membuat air mancur, maka Anda bisa buat itu dengan menggunakan pipa paralon, yang mana cara sederhananya dan mudah dimengerti bisa Anda ketahui dengan menyimak artikel ini!


Inilah Cara Mudah dan Sederhana dalam Membuat Air Mancur dari Pipa Paralon

Persiapkan Peralatan Untuk Membuat Air Mancur dari Pipa Paralon

Sebelum membuat air mancur dari pipa paralon, maka yang pertama sebenarnya adalah suatu persiapan. Nah persiapan yang kami maksud adalah alat-alat yang dibutuhkan untuk membuat air mancur dari pipa paralon. Untuk alat yang berguna dalam membuat air mancur dari pipa paralon, maka berikut adalah alat yang harus Anda persiapkan terlebih dahulu:


  • Peralatan 2 Elbow pipa paralon PVC yang berukuran besar.

  • Beberapa elbow pipa paralon yang juga bisa berukuran kecil.

  • Beberapa konektor pipa paralon, yaitu dengan bentuk T.

  • Siapakan 1 pipa paralon berbentuk tabung berukuran besar.

  • Beberapa pipa paralon berbentuk tabung berukuran kecil.

  • Siapakan alat dinamo, gergaji, bor, lem, penggaris, Spidol, potongan selang air, semen, selang air, mangkuk plastik, batu kerikil warna putih.

  • Sebagai tambahan, Anda sebenarnya bisa persiapkan beberapa perhiasan lainnya untuk mempercantik air mancur yang akan dibuat.


Langkah-Langkah Membuat Air Mancur dari Pipa Paralon

Jika Anda semua sudah siapkan alat-alat yang sudah kami jelaskan, maka tahap berikutnya adalah tahap eksekusi untuk membuat air mancur dari pipa paralon tersebut. Nah cara-caranya bisa Anda ikuti seperti di berikut ini:

  1. Cara pertama Anda bisa membuat tumpuan air mancur yang letaknya berada di level paling bawah, kemudian Anda bisa lubangi bagian atas pipa elbow dengan menggunakan mesin bor.

  2. Setelah itu, lubang yang sudah dibuat akan digunakan sebagai penyangga susunan air mancur di atasnya. Nah jadi setelah dua elbow besar itu berlubang, maka pasanglah water mur, itu karena ia bisa berperan sebagai penyambung elbow dengan susunan pipa paralon di atasnya.

  3. Selanjutnya, Anda bisa beralih ke pipa tabung yang besar yang sudah Anda persiapkan sebelumnya. Pada tahap ini, potonglah pipa tersebut sesuai ukuran yang Anda mau atau inginkan.

  4. Kemudian, masukkanlah pipa tersebut ke dua lubang elbow sebelumnya. Nah Anda disini bisa menggunakan penggaris dan spidol, yaitu untuk menandai bagian pipa yang akan dipotong.

  5. Untuk selanjutnya, Anda bisa memotong pipa secara rapi dengan menggunakan gergaji. Perlu Anda ketahui, bahwa pipa harus dipotong setengahnya karena bagian ini akan digunakan sebagai kolam ikan kecil.

  6. Material pada pipa paralon sebenarnya tidak terlalu kuat untuk menyangga susunan air mancur. Jadi dengan begitu maka Anda harus memperkuat kaki air mancur tersebut dengan menggunakan semen. Caranya, Anda bisa memoton pipa membentuk ring silinder, lalu penuhi ring tersebut dengan semen.

  7. Berikutnya, lapisilah ring pipa menggunakan kayu agar tidak mengotori lantai. Setelah semen kering, masukkanlah ring ke dalam lubang kaki elbow.

  8. Selanjutnya Anda bisa merangkai susunan air mancur. Untuk caranya Anda bisa siapkan pipa elbow berukuran kecil dan beberapa konektor pipa lainnya, lalu rekatkanlah setiap sambungan pipa menggunakan lem.

  9. Kemudian untuk mengalirkan air, maka masukkanlah selang ke dalam pipa. Mulailah dari memasukkan selang ke pipa yang berada di susunan paling atas, kemudian sambung lagi ke sambungan yang berada di bawahnya, dan seterusnya.

  10. Lanjut dengan sambungkan konektor di setiap tingkat air mancur, hingga memasangkannya dengan penyangga yang terbuat dari elbow dan pipa besar sebelumnya. Tidak hanya itu, Anda juga bisa rekatkan konektor elbow dengan susunan pipa di atasnya.

  11. Pasang penadah air yang Anda inginkan, lalu pasang juga dinamo yang terhubung dengan aliran air.

Jadi itulah cara membuat air mancur dari paralon, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Jika Anda memang ingin membuat air mancur, maka pastikan Anda juga mengandalkan pompa celup, seperti yang terbaik dan berkualitas adalah pompa celup Tsurumi. Mengenai pompa celup Tsurumi, Anda bisa ketahui lebih lanjut dengan mengunjungi IndahJaya.com


bottom of page