Simak Cara Membuat Kolam Renang Kecil dengan Pompa Celup



Banyak tempat mewah dan besar, yang pastinya di halaman luar atau bisa didalam, akan ada terdapat kolam renang besar yang memperindah tempat tersebut. Dan dengan begitu, banyak orang yang menganggap bahwa kolam renang hanya bisa ada pada tempat besar dan mewah, seperti tempat wisata, rumah mewah, hotel, dan sebagainya. Namun sebenarnya, kolam juga bisa diterapkan pada tempat yang kecil.


Kolam renang bisa dibuat pada keadaan yang seadanya, seperti tempat kecil dan seadanya, dimana dengan tempat tersebut pastinya pengeluaran dalam pembuatannya tidak sebesar dengan kolam besar. Bagi anda yang ingin tahu cara membuat kolam renang kecil, maka anda bisa buat dengan mengandalkan pompa celup, dan untuk cara-caranya bisa anda simak artikel ini selengkapnya!

Inilah Cara Membuat Kolam Renang Kecil dengan Pompa Celup

1. Mempersiapkan Lahan Kolam Renang Kecil

Pada setiap pembuatan kolam, baik kolam ikan, kolam renang besar atau kecil, pastinya yang paling utama pertama dilakukan adalah dengan menetapkan lahan kolamnya. Karena kolam renang kecil, maka anda bisa terapkan lahan pada sudut luar halaman rumah anda. Dan ukurannya bisa anda sesuaikan dengan seadanya, dan bagi kami yang cukup adalah 2 meter x 4 meter.

2. Menentukan Kedalaman Kolam Renang Kecil

Kolam adalah suatu wadah yang pastinya ada kedalaman untuk menampung air. Dan dengan begitu maka setelah lahan sudah ditemukan, maka berikutnya anda tetapkan kedalaman yang ingin anda mau pada kolam renang kecil anda. Jangan terlalu dalam, agar kolam renang tidak merembes, dan bagi kami sendiri kedalaman yang cocok bagi kolam renang kecil yaitu minimalnya adalah 75cm.

3. Bahan-Bahan yang Dibutuhkan dalam Kolam Renang Kecil

  • Keramik roman mozaik Tsq 844 ukuran 30 x 30 cm

  • Bata hebel 1 m³

  • Lisplang GRC ukuran 10 cm sebanyak 14 papan

  • Semen 50 kg sebanyak 6 sak

  • Semen atau mortar perekat hebel sebanyak 2,5 sak

  • Semen nat keramik 1 kg sebanyak 2 sak

  • Cat waterproof 1 kg

  • Paku beton

  • Clean out penutup lubang septic tank dari PVC ukuran 3 inci

  • Pasir 1 kubik dan batu split 12 kg

  • Pipa air paralon PVC

Dan itulah bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan kolam renang kecil. Perlu anda ketahui, bahan-bahan diatas akan memiliki harga yang berbeda, dan untuk kuantitasnya bisa anda sesuaikan sendiri sesuai dengan ukuran dan bentuk kolam renang kecil anda.

4. Pemasangan Bata Hebel

Selanjutnya setelah semua sudah dipersiapkan, maka berikutnya adalah pemasangan bata hebel pada ukurang lebar, panjang, dalam, kolam renang kecil anda. Anda bisa menumpuk bata hebel yang anda punya dengan berdasarkan ketinggian yang telah anda tentukan. Setelah itu, anda bisa rekatkan bata hebel tersebut dengan menggunakan mortar yang sudah anda persiapkan.

5. Pengecoran Pada Tumpukan Batu Hebel

Setelah tumpukan jadi, maka berikutnya adalah melakukan plester di permukaan bagian luar kolam. Setelah itu, maka anda bisa lakukan pengecoran pada bagian dalam kolam renang dengan menggunakan semen yang telah disiapkan anda sebelumnya.

6. Memasang Keramik Pada Lapisan Kolam Renang

Setelah anda sudah melakukan proses pengecoran, maka berikutnya adalah tahap pemasangan keramik di bagian dalam kolam, seperti di lantai, dinding pada kolam. Pasanglah keramik secara rapi, supaya anda dapat memperoleh kolam renang yang bagus dan bisa digunakan secara aman oleh siapa saja.

7. Lakukan Dekorasi Tambahan Pada Luar Bibir Kolam Renang

Boleh dilakukan atau tidak, karena ini hanya sebagai penghias saja. Tetapi menurut kami anda perlu melakukan dekorasi tambahan, agar kolam renang kecil anda semakin unik dan menarik, serta tidak kalah dari kolam besar. Anda bisa tambahkan lisplang GRC motif kayu, ataupun bahan lain yang anda suka.

8. Mengisi Air Kolam Renang dengan Pompa Celup

Selanjutnya anda tinggal isi kolam renang anda dengan pompa seperti pompa celup. Selain berguna untuk itu, pompa celup pada kolam renang juga berguna untuk sirkulasi air agar bisa semakin bersih, hal itu karena pompa akan menarik air kemudian berlanjut pada filter kolam, sehingga nantinya kolam akan bersih dan juga sehat.


Itulah cara membuat kolam renang kecil dengan pompa celup, kiranya bisa jadi manfaat bagi anda dan juga yang lainnya, dengan cara anda mau share artikel ini kepada yang lainnya. Untuk pompa celup terbaik dan berkualitas, maka kami rekomendasikan pompa celup Tsurumi, dimana itu bisa anda kunjungi di IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.