Cara Memilih dan Menghemat Bahan Bakar Genset Agar Tidak Boros


Cara Memilih dan Menghemat Bahan Bakar Genset Agar Tidak Boros

Pada dasarnya ada beberapa cara memilih dan menghemat bahan bakar genset yang perlu diperhatikan. Tujuannya tentu saja dalam rangka menghindarkan terjadinya pemborosan pada konsumsi bahan bakar saat operasional genset berlangsung.


Secara umum, tiap-tiap jenis genset bisa saja memiliki spesifikasi bahan bakar yang berbeda. Sehingga Anda perlu cermat dan bijak dalam menyikapinya agar performa mesin genset dapat terus bekerja secara maksimal.


Cara Memilih dan Menghemat Bahan Bakar Genset

Bagi Anda para pengelola ataupun pemilik genset, berikut adalah beberapa tips penting yang perlu diketahui saat memilih dan menghemat bahan bakar genset.


1. Cara Memilih dan Menghemat bahan bakar genset: Gunakan Bahan Bakar Sesuai Spesifikasi

Cara pertama yang perlu Anda lakukan ketika ingin memilih bahan bakar untuk genset adalah menyesuaikan dengan spesifikasinya. Sebisa mungkin Anda perlu memilih bahan bakar yang memang sudah disesuaikan dengan mesin genset tersebut.


Apabila genset tersebut menggunakan mesin berbahan bakar solar maka Anda juga perlu menggunakan solar dengan kualitas yang sesuai. Tujuannya adalah agar kinerja mesin genset semakin maksimal dan tidak lagi boros mengkonsumsi bahan bakar.


2. Gunakan Genset Hanya Saat Dibutuhkan

Tips berikutnya yang bisa digunakan untuk menghemat bahan bakar adalah dengan menggunakan genset anya pada saat dibutuhkan saja. Terlebih kalau Anda memiliki sumber daya listrik lain yang bisa diandalkan semisal dari PLN atau yang lainnya.


Jika tidak digunakan, ada baiknya kalau genset tersebut dimatikan. Hal ini tentunya akan membuat Anda bisa menghemat bahan bakar karena mesin genset yang mati tidak akan mengkonsumsi bahan bakar. Sehingga Anda pun bisa lebih berhemat terhadap bahan bakar mesin genset.


3. Pilih Mesin Genset dengan Tingkat Efisiensi Tinggi

Secara umum, masing-masing mesin genset biasanya memiliki tingkat efisiensi bahan bakar tersendiri. Bahkan satu brand dengan yang lainnya bisa saja mempunyai tingkat efisiensi konsumsi bahan bakar yang berbeda.


Maka dari itu, Anda perlu cermat dalam memilih jenis mesin genset yang tepat. Tujuannya adalah agar bisa mendapatkan mesin dengan tingkat efisiensi tinggi terkait konsumsi bahan bakar.


Semakin tinggi tingkat efisiensi yang dimiliki maka akan membuat mesin tersebut semakin irit dalam mengkonsumsi bahan bakar.


4. Pilih Genset Berkapasitas Daya Sesuai Kebutuhan

Mesin genset memang bisa digunakan dalam berbagai sektor mulai dari skala rumahan hingga perkantoran. Sehingga Anda harus cermat dan bijak dalam memilih kapasitas genset tersebut agar sesuai kebutuhan.


Sebagai contoh, jika Anda ingin membeli genset untuk skala rumahan maka cukup memilih genset dengan daya sesuai rumah Anda. Pasalnya, jika Anda menggunakan genset dengan kapasitas terlalu tinggi maka akan membuat boros dalam konsumsi bahan bakar.


5. Hindari Terlalu Sering Menggunakan Beban Rendah Pada Genset

Mungkin banyak diantara Anda yang sering membuat mesin genset dalam posisi idle atau menggunakan beban rendah. Namun hal ini sebenarnya menjadi hal yang kurang direkomendasikan untuk Anda lakukan.


Pasalnya, meski mesin genset dalam kondisi idle atau beban rendah maka ia tetap akan mengonsumsi sekitar 10-15 persen bahan bakar.


Jika kondisi tersebut sering terjadi maka bisa membuat konsumsi bahan bakar tetap boros. Oleh sebab itu, lebih baik mematikan mesin genset jika memang tidak diperlukan.


Itulah ulasan mengenai beberapa cara memilih dan menghemat bahan bakar genset yang perlu diketahui. Bagi Anda yang membutuhkan berbagai jenis genset, tidak perlu bingung. Langsung saja kunjungi Indah Jaya Group dan dapatkan penawaran terbaiknya dari sekarang.