top of page

Inilah Cara Memilih Lampu yang Tepat Tingkat Terangnya di Berbagai Ruangan



Lampu merupakan alat yang sangat penting pada banyak ruangan, hal itu tanpa lampu maka ruangan tersebut akan gelap gulita di keadaan malam hari, atau tertutupnya sinar matahari. Tidak hanya berguna untuk memberikan pencahayaan, lampu pun sangat berguna untuk memberikan kewaspadaan, ketelitian, kefokusan, dan lain sebagainya. Namun yang paling penting, adalah tidak merusak mata, terutama dalam melihat atau membaca.


Jadi dengan kegunaannya yang sangat penting di suatu ruangan, maka lampu pun menjadi alat wajib yang harus ada di tiap ruangan. Namun bukan berarti hal tersebut membuat lampu apa saja bebas untuk dipilih, karena memilih lampu pun membutuhkan beberapa penyesuaian dan cara yang tepat. Nah cara yang tepat dalam memilih lampu yang tepat bagi ruangan dengan tingkat terangnya, bisa Anda ketahui lebih lengkapnya di artikel ini!


Inilah Cara Memilih Lampu yang Tepat Tingkat Terangnya di Berbagai Ruangan

Nah memilih lampu yang tepat bagi banyak ruangan sebenarnya cukup mudah dan simple, yaitu hanya memperhatikan tingkat watt yang dimiliki oleh lampu. Jadi semakin besar watt pada lampu, maka semakin terang juga cahaya yang diberikan lampu tersebut. Hal tersebut berlaku juga pada kebalikannya, yang mana watt rendah akan mempengaruhi tingkat terang dari lampu tersebut. Jadi jika ruangan besar, maka ada baiknya menggunakan lampu dengan watt yang besar, jika tidak maka ada baiknya menggunakan watt yang kecil. Dengan penyesuaian ini, tentunya sangat bermanfaat bagi penghematan listrik, dan lain sebagainya.


Sebagai contoh untuk Anda mengerti, apabila Anda memilih lampu LED 5 Watt, maka itu akan membuat ruangan Anda lebih terang daripada lampu LED 3 Watt. Ada baiknya Anda jangan membandingkan watt lampu pada jenis lampu yang berbeda, misalnya lampu pijar 30 Watt dengan lampu LED 15 Watt, itu karena terang yang dihasilkan tidak bisa dibandingkan karena memang cara kerja kedua lampu tersebut yang memang berbeda. Watt pada lampu memang sangat penting untuk Anda perhatikan, dikarenakan watt yang tidak sesuai seperti watt besar bisa menyilaukan mata jika ada di ruangan kecil, begitu juga sebaliknya jika watt kecil ada di ruangan besar, maka terang lampu tidak begitu terang.


Nah cara memilih lampu yang tepat pada tingkat terangnya di berbagai ruangan, adalah sebagai berikut:

  • Tentukan dulu jumlah lumen atau banyak cahaya yang ideal untuk menerangi ruangan yang Anda mau. Anda bisa melihat berapa output cahaya yang diperlukan melalui pada beberapa produk lampu yang ada. Nah kemudian, Anda bisa tentukan jumlah lumen berdasarkan luas (panjang x lebar) pada ruangan yang Anda mau untuk dilengkapi dengan lampu.

  • Setelah mengetahui jumlah lumen, maka langkah berikutnya adalah menentukan watt lampu yang dibutuhkan dan jenis lampu apa yang harus digunakan. Sebagai contoh, jika yang dikejar adalah hemat energi dan murah, maka tentu lampu LED adalah solusinya.

  • Kemudian Anda harus memperhatikan fungsi ruangan, contohnya untuk ruang garasi atau kamar tidur yang notabene-nya tidak memerlukan intensitas cahaya tinggi, maka Anda bisa menurunkan watt lampu dari standarnya.

  • Lalu ada juga dari suhu warna cahaya lampu yang juga akan menentukan jenis lampu apa yang akan Anda gunakan sesuai dengan kebutuhan Anda di suatu ruangan.

  • Nah titik lampu atau penempatan lampu juga penting untuk diperhatikan. Jadi jika dalam satu ruangan dibutuhkan 2 atau lebih lampu, maka tempatkanlah secara seimbang agar terangnya rata ke seluruh ruangan.


Jadi itulah cara memilih lampu yang tepat pada tingkat terangnya di berbagai ruangan.Sekian artikel dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Nah untuk lampu yang memang terbaik dan berkualitas untuk Anda andalkan, maka lampu tersebut adalah lampu sensor Proforce. Lampu sensor Proforce adalah lampu yang berguna, bermanfaat, dan memiliki banyak keunggulan, yang dimana itu bisa Anda miliki di IndahJaya.com


Σχόλια


bottom of page