Cara Memilih Manual Chain Hoist Sesuai Kebutuhan


Cara memilih Manual Chain Hoist Sesuai Kebutuhan

Manual chain hoist hadir dalam membantu pekerjaan manusia dalam hal pengangkatan benda-benda yang cukup berat. Kemajuan pada berbagai sektor industri, tentu diikuti kebutuhan peralatan untuk memudahkan banyak jenis pekerjaan.


Salah-satu pekerjaan manusia yang harus dibantu dengan mesin adalah mengangkat beban dengan bobot cukup berat. Misalnya sektor pertambangan, konstruksi bengkel dan lainnya. Ini adalah berbagai bidang erat hubungannya pada benda berat.


Untuk itulah hadir manual chain hoist sebagai solusi dalam hal tersebut. Alat ini merupakan suatu perangkat yang terdiri dari rantai dan roda gigi yang bisa membantu berbagai pekerjaan hingga pada sektor pengiriman.


Terdapat beberapa jenis hoist lainnya selain manual yakni elektrik. Namun, penggunaan manual lebih dianggap fleksibel karena dapat dipindahkan cukup mudah. Bagi Anda yang butuh alat fleksibel dalam angkat beban dapat memilih jenis manual.


Cara Memilih Manual Chain Hoist


Alat ini dilengkapi teknologi gigi yang bisa membuat kekuatan menjadi berlipat ganda. Cara kerjanya ada yang bekerja dengan tuas ataupun tanpa tuas sehingga membutuhkan tangan manusia untuk memindahkan rantainya.


1. Pekerjaan Skala Besar Manual Chain Hoist


Jenis manual chain hoist yang paling umum digunakan dinamakan hand chain hoist. Komponennya tersusun atas rantai yang berguna untuk mengangkat balok pada pekerjaan industri. Biasanya disertai tuas untuk pengencangan rantai oleh operator.


Dengan adanya tuas ini memungkinkan jumlah gerakan objek selama pengangkatan akan lebih sedikit. Terdapat juga jenis tanpa kelengkapan tuas. Sehingga untuk memosisikan rantai harus menggunakan tangan.


Kapasitas pengangkatan beban hand chain hoist ini cukup besar. Hal inilah yang memungkinkannya digunakan dalam proyek atau pekerjaan dengan skala cukup besar misalnya di lokasi konstruksi dan sebagainya.


2. Pekerjaan Skala Kecil Manual Chain Hoist


Jenis lainnya dinamakan simple rope hoist. Jika Anda membutuhkan alat pengangkat untuk memudahkan pekerjaan berskala kecil, misalnya untuk pekerjaan rumah tangga dan lainnya dapat memilih simple rope hoist.


Jenis manual chain hoist ini dikatakan sebagai perangkat ideal untuk membantu proyek atau pekerjaan dengan skala kecil. Perangkat terdiri dari lingkaran tali simple yang bisa tergelincir di sekitar objek. Benda akan diangkat perlahan dengan bantuan tuas yang dioperasikan penggunanya.


Dibandingkan dengan jenis sebelumnya dengan kemampuan angkat material industri dengan ukuran besar, jenis ini memiliki kapasitas relatif lebih kecil dalam mengangkat. Alatnya hanya mampu mengangkat benda lebih kecil misalnya batang pohon dan mesin ukuran kecil.


Jika Anda ingin memilih jenis manual chain hoist tentu harus memikirkan berbagai faktor. Seperti menyesuaikan untuk kebutuhan proyek. Ada juga faktor lainnya yakni mengenai keamanan sebelum menggunakan alat yang dipilih.


Semua peralatan akan memiliki berbagai resiko jika tidak digunakan dengan benar. Untuk itu, pahami terlebih dahulu mengenai hal tersebut. Misalnya dengan membaca panduan terlebih dahulu atau bertanya kepada orang yang sudah ahli dalam bidang tersebut.


Pastikan jenis hoist yang dipilih digunakan sesuai dengan fungsinya jangan sampai ada penggunaan lain seperti over kapasitas atau lainnya. Dengan memperhatikan hal tersebut, resiko kecelakaan kerja dapat lebih berkurang.


Jika tidak memiliki kemampuan cukup, sebaiknya memilih perusahaan jasa profesional untuk membantu Anda. Tenaga profesional akan meminimalisir resiko dalam penggunaan alat sejenis ini dalam membantu berbagai proyek atau pekerjaan.


Dalam memilih salah-satu dari jenis hoist, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu apakah akan digunakan dalam skala besar atau kecil. Dengan begitu, akan memudahkan dalam memilih mana jenis manual chain hoist agar lebih efektif.