Inilah Cara Menangani Air Sumur Keruh yang Lama Tidak Dipakai



Sumur atau bisa juga dibilang sebagai perigi, adalah sebuah sumber air yang proses pembuatannya adalah digali. Namun selain sumur adalah sumber air, sumur juga bisa diartikan sebagai sumber minyak atau gas. Tetapi sebuah sumur tradisional biasanya berupa lubang yang agak besar dengan cara digali dan diberi tembok bulat pinggirnya, dan sumur di Indonesia hanya dikenal sebagai sumber air.


Sumur sendiri ternyata bisa berpotensi terkena kotoran, ataupun sebagainya yang bisa menyebabkan air sumur menjadi keruh, lalu bagaimana penanganan air sumur yang keruh terutama yang lama tidak dipakai? Nah untuk itu, maka anda bisa ketahui cara menangani air sumur keruh yang lama tidak dipakai melalui pembacaan artikel ini. Yuk langsung saja simak artikel ini selengkapnya!

Penyebab Air Sumur Keruh yang Perlu Anda Ketahui Semuanya

Sebelum menangani tentunya anda perlu tahu apa penyebabnya. Nah berikut adalah beberapa penyebab yang bisa membuat air sumur menjadi keruh:

  • Genangan banjir, itu karena sumur berada di dalam sehingga air banjir yang meluap dan dekat sumur bisa berpotensi masuk dan bercampur dengan air sumur, sehingga nantinya air sumur menjadi keruh.

  • Penyebab air sumur keruh bisa juga dari faktor tanah dan kandungan besi yang terlalu tinggi, sehingga lama-kelamaan air sumur menjadi keruh dan bisa berbau.

  • Pipa air sumur bocor, yang mana tanah dan endapan akan masuk ke pipa dan bercampur dengan aliran air, sehingga dengan begitu tidak heran air sumur menjadi keruh.

  • Penggunaan sumur yang salah atau tidak bertanggung jawab, bisa disebabkan karena seseorang membuang sesuatu, ataupun jarang dibersihkan dan lama tidak dipakai.

Inilah Cara Menangani Air Sumur Keruh yang Lama Tidak Dipakai

Cara terbaik menangani air sumur yang keruh adalah dengan menguras airnya dan juga membersihkannya. Tetapi tentunya itu akan memakan waktu yang sangat lama apabila menggunakan tangan kosong, oleh karena itu anda perlu memerlukan bantuan dari yang nama pompa air. Anda bisa memasang pompa air untuk menangani air sumur yang keruh, dimana anda bisa memasang mesin pompa air khususnya pada sebuah sumur yang sudah lama tidak dipakai, dengan kondisi sumur yang lama mengendap karena tidak ada aktivitas sehingga membuat kualitas airnya tidak jernih.


Jika dalam waktu lama tidak dilakukan penyedotan, biasanya sumber mata air akan tertutup oleh endapan lumpur yang bisa saja sudah mengeras, dan pembersihan akan semakin sulit untuk dilakukan. Dan dengan itu kini sudah banyak persoalan yang terjadi jika langsung memasang pipa hisap pompa tanpa mengurasnya terlebih dahulu, itu karena adanya kemungkinan pompa akan kehabisan sumber air atau bahkan tidak dapat menyedot sama sekali karena ada endapan yang keras.


Anda yang menggunakan pompa tetapi masih saja menemukan air yang keruh dan berbau, maka saran kami terus lakukan penyedotan atau penghisapan, hal itu bisa jadi karena memang banyak kotoran. Dan dengan menghisap terus, maka anda secara tidak langsung telah membiarkan melakukan pengurasan dengan maksimal, sehingga nantinya lama-kelamaan anda akan dapati air menjadi jernih dan baunya akan semakin menghilang.


Namun dari semua itu, apabila ada endapan keras seperti lumpur, maka seperti yang sudah kami jelaskan anda utamakan pengurasan dulu sebelum benar-benar memasang pompa air. Tujuannya yaitu agar pipa tidak rusak saat menghisap, begitu juga daya pompa tidak terlalu berat ketika melakukan penghisapan. Namun jika anda masih ragu dalam pembersihan air sumur yang keruh, maka kami sarankan anda laporkan masalah tersebut ke tukang sumur ataupun orang yang ahli di bidang tersebut.


Itulah artikel menarik dan bermanfaat kali ini, semoga jadi manfaat bagi anda dan juga yang lainnya dengan cara anda mau share artikel ini kepada yang lainnya. Jika anda berniat ingin memiliki pompa terbaik, maka pilih pompa celup dengan merk Tsurumi. Pompa celup Tsurumi adalah pompa terbaik dan juga berkualitas, yang mana bisa anda miliki dan ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com