Simak Beberapa Cara Mencegah Penyumbatan Pipa Saat Memompa Lumpur dah Tanah



Pompa dikategorikan dengan beberapa jenis, yang mana masing-masing dikondisikan pada fungsi dan kegunaannya. Pompa pada umumnya biasa digunakan untuk memompa, dimana seperti memompa lumpur ataupun tanah. Nah seperti yang anda tahu, memompa lumpur atau tanah itu bisa berpotensi besar dengan masalah tersumbatnya pipa, dikarenakan material lumpur dan tanah itu terkenal sangat padat.


Meskipun bisa membuat pipa tersumbat karena memompa lumpur dan tanah, ternyata ada cara agar penyumbatan tersebut tidak terjadi. Cara mencegah penyumbatan pipa saat memompa lumpur dan tanah, bisa anda ketahui lengkapnya dengan menyimak artikel ini selengkapnya. Oleh karena itu silahkan anda simak artikel kami pada kesempatan ini, dikarenakan dalam artikel ini tersimpan banyak manfaat untuk mencegah pipa yang tersumbat karena memompa lumpur dan tanah.

Inilah Beberapa Cara Mencegah Penyumbatan Pipa Saat Memompa Lumpur dan Tanah

Menggunakan Selang Pembuangan Lumpur Bergelombang Bertekanan Tinggi

Ketika ada pekerjaan pengerukan yang tentunya akan bersangkutan dengan lumpur dan tanah, maka pastinya anda harus menggunakan selang pembuangan lumpur bergelombang yang memiliki tekanan tinggi (biasanya 150 psi). Tidak hanya bertekanan tinggi, selang juga harus berlapis karet yang membentang dari debit pompa, dengan minimal 50 kaki dan kemudian terhubung ke pipa. Mengapa demikian? Karena itu akan lebih fleksibel dalam memungkinkan operasi pengerukan. Sebagai tambahan, hindari menggunakan perpipaan atau selang yang lebih kecil dari port pembuangan pompa.

Pilih dan Gunakan Selang Hisap

Jangan lupa gunakan selang hisap, dimana selang hisap yang biasanya digunakan dalam aplikasi pemompaan yang dioperasikan penyelam atau aplikasi pompa self-priming. Selain itu anda disarankan untuk menggunakan selang bahan berjajar poliuretan bergelombang tugas berat, itu karena selang tersebut fleksibel karena terbuat dari bahan yang tahan lama untuk menahan tingginya jumlah abrasif yang umum saat pengerukan lumpur dan tanah. Untuk ukuran selang hisapnya, kami sarankan 1 inci lebih besar dari diameter port inlet pompa.

Gunakan Pipa dan Selang yang Kompatibel Secara Kimia

Saat memilih perpipaan dan selang untuk aplikasi pengerukan atau pemompaan yang berhubungan dengan lumpur dan tanah, maka pilih dan gunakan bahan perpipaan dan selang yang sudah kompatibel secara kimia dengan bahan yang sedang dipompa. Saran dari kami kepada anda, anda lebih baik menggunakan ukuran pipa yang 2-inci lebih besar dari ukuran port pompa.

Lampiran Layar Pada Pompa

Nah apabila anda sedang dalam situasi yang lebih ekstrim dengan lumpur dan tanah, yang mengakibatkan pipa atau selang anda tersumbat oleh batu besar atau bahan berukuran besar lainnya, maka peran layar yang melekat pada pompa pada tahap yang berbeda dapat membantu anda. Ada beberapa metode untuk melakukan hal tersebut, yaitu salah satunya yang paling jelas adalah memasang layar keranjang, dimana itu bisa bersama dengan lampiran cutterhead menuju ke ujung pompa.


Jadi itulah beberapa pencegahan dalam menghindari adanya penyumbatan pipa saat memompa lumpur dan tanah. Layaknya pompa pada umumnya, jelas anda membutuhkan selang dalam pengoperasian beberapa pompa, oleh karena itu kami akan rekomendasikan kepada anda yang terbaik. Selang terbaik dan berkualitas tersebut adalah selang Toyox, dimana anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.


Sekian artikel bermanfaat dan berguna bagi anda kali ini, yang mana membahas beberapa cara pencegahan terjadinya penyumbatan pipa saat memompa lumpur dan tanah. Anda bisa share artikel ini melalui media yang ada dan tersedia, agar yang lainnya juga dapat mengetahui cara mencegah penyumbatan pipa saat memompa lumpur dan tanah.