top of page

Yuk Simak Cara Mengatasi AVR Genset yang Rusak Secara Efektif



Sebagai mesin pembangkit listrik, tentunya Genset begitu diandalkan ketika ada keadaan padamnya listrik atau memang tidak adanya daya listrik. Hal itu memang karena Genset berperan dalam menggerakkan pembangkit listrik melalui motor bakar pembakaran dalam, sehingga dengan begitu maka Genset umum ditemukan di banyak tempat. Meski begitu, Genset bisa beroperasi sesuai karena memang ia dilengkapi dengan beberapa komponen.


Jadi tiap komponen yang ada pada mesin Genset, tentunya masing-masing memiliki peranannya sendiri yang bisa membuat Genset tersebut bisa beroperasi dengan normal dan sesuai dengan tujuannya. Nah salah satu komponen penting pada Genset adalah AVR, yang mana sayangnya komponen tersebut cenderung bisa mengalami kerusakan. Ketika AVR Genset rusak, maka cara mengatasinya adalah dengan cara yang ada di bawah ini!


Inilah Cara Mengatasi AVR Genset yang Rusak Secara Efektif

Tentunya AVR atau Automatic Voltage Regulator, adalah sebuah alat pengatur tegangan yang digunakan pada generator sinkron untuk menstabilkan tegangan keluaran yang dihasilkan dari generator sinkron. AVR sendiri juga memegang peranan penting dalam pembentukan tegangan terminal generator sinkron dalam suatu pembangkit. Nah ketika AVR rusak, maka jelas itu akan mempengaruhi kinerja dari Genset itu sendiri. Nah maka dari itu, sebelum mengetahui cara atasinya, ada baiknya Anda ketahui apa penyebab AVR Genset bisa rusak.


Penyebab AVR Genset Bisa Rusak

Apa penyebab AVR Genset bisa rusak? Tentunya ada banyak faktor yang mempengaruhi kerusakan dari AVR genset, seperti yang paling umum adalah dari lonjakan daya yang sangat besar dan terjadi secara tiba-tiba pada AVR Genset, hingga kerusakan lainnya yang memang dari fisik AVR Genset yang bermasalah. Namun yang paling umum ada dan sering terjadi adalah dari lonjakan daya, itu karena dengan terjadinya itu maka bisa menyebabkan daya kejut yang besar. Sehingga dengan begitu, maka komponen tersebut tidak mampu menstabilkan tegangan secara mendadak.


Cara Mengetahui AVR Genset Rusak

Mengetahui AVR Genset rusak itu tentunya cukup sulit dengan mata telanjang, karena cara mengetahui atau tes apakah AVR Genset itu rusak atau tidak bisa dari penggunaan alat ukur. Contohnya seperti menggunakan multitester, hingga bisa juga Anda ketahui dengan melihat langsung bentuk fisiknya secara langsung saat Anda membongkarnya, yaitu AVR pada Genset.


Cara Efektif Mengatasi AVR Genset yang Rusak

Berikut adalah beberapa cara efektif mengatasi AVR Genset yang rusak:

  • Karena umumnya kerusakan AVR Genset bisa dari lonjakan daya yang sangat besar dan terjadi secara tiba-tiba. Maka jelas sekali untuk mengatasi masalah tersebut, proses perbaikannya hanyalah menggunakan waktu, jelasnya dibutuhkanlah waktu untuk bisa menstabilkannya.

  • Memperbaiki jalur kabel yang terputus, tetapi cara ini jika memang AVR Genset rusak karena memang seluruh jalur kabel yang ada di AVR putus atau rusak.

  • AVR Genset bisa rusak karena bisa saja dari masalah tegangan yang tidak keluar dalam bagian AVR yang mempunyai sekring atau fuse yang memang terputus. Sehingga dengan begitu maka jelas tegangan tidak keluar. Maka dari itu, untuk mengatasinya maka Anda bisa mengganti atau memperbaiki sekring atau fuse tersebut.

  • Apabila ada percikan dalam kumparan atau gulungan Genset. Maka untuk mengatasinya Anda bisa membawanya ke bengkel untuk diperbaiki. Selain itu, cara lain mengatasinya adalah dengan Anda menggunakan kuas yang masih bersih dan baru. Caranya yaitu dengan bersihkan area carbonbrush, lalu jangan lupa bersihkan pula bagian kawat dengan cutter, sampai Anda melihat kawat mengkilap dan dalam keadaan bersih.


Itulah cara efektif mengatasi AVR Genset yang rusak dan juga berikut penyebab serta cara mengetahuinya. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semuanya. Nah bilamana Anda tertarik dengan Genset, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas kami ada pada produk Tenka. Mengenai Genset Tenka, tentunya Anda bisa ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com


bottom of page