Informasi Tentang Cara Mengatasi Bahan Bakar Tersumbat Pada Genset



Bahan bakar jenis apapun bisa diubah menjadi suatu energi melalui beberapa mesin, seperti mesin kendaraan mobil, motor, hingga bisa juga pada mesin Genset. Itu karena bahan bakar mengandung energi panas yang dapat dilepaskan dan dimanipulasi. Lalu pada proses pembakaran tersebut akan melepaskan panas setelah direaksikan dengan oksigen yang ada di udara. Sama dengan mesin kendaraan, bahan bakar Genset juga tersimpan di tangki bahan bakar.


Meski tersimpan pada tangki bahan bakar, Genset juga memiliki masalah berupa bahan bakar yang tersumbat, dimana jelas itu sangat mengganggu dan dapat membuat masalah lainnya jika tidak segera diatasi. Oleh karena itu, melalui artikel kami pada kesempatan kali ini, kami akan berikan beberapa cara untuk anda dalam mengatasi bahan bakar Genset yang tersumbat. Maka dari itu, yang memiliki masalah serupa pada Gensetnya, silahkan simak artikel ini selengkapnya!


Inilah Penyebab Bahan Bakar Tersumbat Pada Genset yang Wajib Diketahui Semuanya

  • Bercampurnya bahan bakar dengan air, kotoran, atau objek lainnya. Sehingga dengan begitu tidak heran bahan bakar pada Genset tersumbat. Nah cirinya, ketika hendak menyalakan Genset, maka Genset sulit hidup dan tiba-tiba mati di tengah pengoperasiannya.

  • Membran dalam pompa bahan bakar yang sudah rusak, sehingga mengakibatkan suplai bahan bakar pada Genset tidak mencukupi. Pada sekitar pompa ada rembesan bahan bakar dan baunya bisa sampai keluar dari Genset. Nah cirinya sendiri berada pada awal Genset yang masih menyala stabil dan lancar, tetapi tiba-tiba Genset seolah kehilangan daya atau tak bertenaga dan kemudian tersendat dengan sendirinya.

  • Komponen needle valve tersumbat kotoran. Pada karburator, terdapat sebuah baut penutup yang bertugas untuk membuang bensin yang berlebihan. Nah pada bagian tersebutlah, ada katup bernama needle valve. Fungsinya sendiri untuk mengatur supply bahan bakar agar sesuai dengan kebutuhan mesin, jadi dengan begitu maka bisa saja ada kaitan tersumbatnya bahan bakar Genset yang juga berasal dari needle valve yang juga sudah tersumbat.

Inilah Cara Mengatasi Masalah Bahan Bakar Tersumbat Pada Genset

Berikut ini adalah beberapa cara yang ampuh serta efektif untuk mengatasi masalah bahan bakar tersumbat pada Genset.


  • Membersihkan tangki bahan bakar pada Genset. Tentunya, tangki pada Genset yang sudah berusia lebih dari 10 tahun, biasanya kondisinya sudah mulai berkarat. Nah kondisi tersebut bisa anda pastikan, dengan cara melihat dari sisa bensin di dasar tangki yang berwarna kekuningan. Nah akibatnya, filter menjadi lebih mudah tersumbat dari sisa-sisa karat tersebut. Sehingga membersihkan tangki bahan bakar, dapat membantu mengurangi masalah tersebut.

  • Selain membersihkan tangki bahan bakar Genset, membersihkan filter udara pada Genset juga dapat berguna membuat bahan bakar tidak tersumbat lagi. Dengan kondisi sudah tidak layak pakai, disarankan anda bisa ganti dengan filter dengan yang baru.

  • Membersihkan needle valve, itu karena needle valve bertugas untuk mengatur sekaligus menyesuaikan kebutuhan mesin terhadap bahan bakar. Lalu jika ada bagian pada katupnya yang terdapat kotoran, maka jelas itu juga bisa berdampak pada penyumbatan bahan bakar Genset.

  • Cara terakhir yang pastinya ampuh dan tidak membuat anda repot, adalah dengan membawanya pada mekanik dari produk Genset anda tersebut. Sehingga anda hanya perlu menunggu sampai mekanik selesai mengatasi masalah bahan bakar Genset yang tersumbat. Namun sayangnya kelemahan cara ini, yaitu ada harga dan juga akan membuat anda tidak mendapatkan pengalaman dalam memperbaiki kerusakan Genset berupa bahan bakar yang tersumbat.


Itulah informasi yang perlu anda tangkap terkait bahan bakar Genset yang tersumbat, baik penyebab dan juga cara mengatasinya. Kiranya jadi manfaat untuk anda semua, terutama bagi anda yang memang memiliki masalah serupa. Bilamana anda tertarik ingin mempunyai Genset, maka Genset Tenka adalah salah satunya yang terbaik dan juga berkualitas. Mengenai Genset Tenka, anda bisa kunjungi IndahJaya.com untuk keterangan lebih lanjut.