Yuk Simak Cara Mengatasi Dinamo Lemah Pada Pompa Celup Secara Efektif



Dinamo atau istilah lainnya bisa disebut sebagai generator, adalah sebuah mesin listrik yang dapat mengubah energi kinetik menjadi energi listrik. Tentunya dinamo sebagai generator, ia juga memiliki beberapa komponen yang saling terkait, seperti rotor, stator, brush, main shaft, bearing, drive pulley, hingga motor housing. Nah masalah umum yang cukup banyak ditemukan dinamo pada beberapa mesin, yaitu mesin dinamo yang menjadi lemah.


Definisi lemah pada dinamo itu sendiri, adalah dinamo yang putarannya menjadi sangat lambat, yang mana tidak seperti biasanya. Tentunya penyebab dinamo menjadi lemah terutama pada dinamo pompa celup, itu bisa berasal dari beberapa faktor yang mana memang mempengaruhi kinerja dari dinamo itu sendiri. Nah maka dari itu, bagi anda semua yang memiliki masalah serupa, maka anda wajib tahu cara mengatasinya yang akan kami jelaskan di bawah ini!


Inilah Cara Efektif Dalam Mengatasi Dinamo Lemah Pada Pompa Celup


Berikut ini adalah cara mengatasi dinamo lemah pada pompa celup berdasarkan dari penyebabnya.


Mengganti Bearing yang Rusak

Mesin pompa celup yang cepat panas, tentunya itu akan berdampak pada rusaknya bagian bearing. Cirinya bisa anda ketahui dengan adanya suara kasar serta putaran terasa lebih berat, sehingga itu akan mengakibatkan pompa celup menjadi lebih mudah panas. Jika terus dibiarkan, maka bukan hanya dinamo yang menjadi lemah, tetapi beberapa komponen juga akan mengalami kerusakan, seperti aus dan sebagainya. Nah cara mengatasinya, tentunya anda harus membongkar komponen bearing, lalu jika memang rusak maka anda harus menggantinya dengan bearing yang masih baru.


Melumasi Bearing yang Seret

Bukan hanya rusak saja, bearing juga bisa berkemungkinan menjadi seret, yang dimana bisa membuat dinamo pompa celup menjadi lemah. Nah oleh karena itu, untuk mengatasi masalah tersebut, maka anda semua cukup melumasi bagian bearing yang seret tersebut dengan menggunakan minyak pelumas, sehingga nantinya laker bisa menjadi lebih licin dan dinamo dapat bertenaga kembali.


Membersihkan Dinamo Pada Pompa Celup

Penyebab dinamo menjadi lemah, umumnya karena adanya kotoran pada dinamo serta rumahnya. Yang dimana hal tersebut akan mempengaruhi kinerja dari dinamo pompa celup, sekaligus bisa membuat dinamo dan pompa celup menjadi cepat panas. Untuk mengatasi masalah tersebut, maka anda hanya perlu rutin atau secara berkala membersihkan dinamo pada pompa celup, yang dimana cara membersihkannya juga harus tepat dan sesuai.


Memperbaiki atau Mengganti Kapasitor

Kapasitor adalah salah satu komponen yang cukup penting bagi peralatan elektronik, termasuk pada pompa celup. Itu karena ia berfungsi membantu menghidupkan motor listrik ketika pertama kali dihidupkan. Dengan ukurannya yang juga berbeda-beda tergantung dari ukuran dinamo, maka bisa ada kemungkinan membuat dinamo menjadi lemah. Hal tersebut apabila komponen tersebut melemah, maka kinerja tidak akan maksimal dan menyebabkan berbagai masalah seperti putaran tidak maksimal. Untuk mengatasinya, maka anda bisa memperbaiki kapasitor tersebut, atau bisa menggantinya dengan kapasitor yang terbaik.


Melakukan Setting Ulang Pada Fan Belt

Adanya kelonggaran pada fan belt bisa mengakibatkan putaran menjadi tidak bertenaga. Nah masalah tersebut disebabkan karena usia karet sudah terlalu lama, tetapi bisa juga kemungkinan bahwa dudukan motor listrik kendur sehingga perlu dilakukan setting ulang. Dengan melakukan setting ulang, maka kemungkinan dinamo bisa kembali tidak melemah.


Mengganti Motor Dinamo Pompa Celup

Kemungkinan besar, dinamo pompa celup yang melemah bisa berasal dari usia pompa celup itu sendiri, atau bisa juga dari dinamo yang memang tidak sesuai dengan standar. Maka dari itu, cara terbaik dan ampuh mengatasi masalah dinamo pompa celup lemah, yaitu dengan cara mengganti dinamo pompa celup dengan yang baru, tetapi harus berkualitas dan juga terbaik.


Jadi itulah beberapa cara atasi dinamo pompa celup yang melemah, semoga jadi manfaat untuk anda dan juga bisa di share kepada yang lainnya. Bilamana anda tertarik dengan pompa celup, maka rekomendasi kami adalah pompa celup merk Tsurumi, yang dimana itu bisa anda miliki serta ketahui lebih lanjut di IndahJaya.com