top of page

Inilah Beberapa Cara Mengatasi Genset yang Suka Mati Sendiri



Genset merupakan alat atau mesin yang sangat berguna atau diandalkan ketika terjadi pemadaman listrik, sehingga akan penting sekali keberadaan dari Genset di berbagai tempat. Namun meski begitu, Genset akan sia-sia jika tidak bisa digunakan, apalagi terus menerus mati sendiri tidak jelas. Mungkin di keadaan tidak genting tidak masalah, tetapi akan lain cerita jika di keadaan genting ingin menggunakan Genset.


Genset ternyata cenderung sering mengalami masalah berupa mati sendiri, yang mana memang itu sangat merugikan. Namun walau cenderung bisa mati sendiri, tetapi masalah tersebut masih bisa diatasi dengan tepat. Nah cara mengatasinya bisa Anda ketahui di artikel ini, dikarenakan kami akan jelaskan cara-cara tepat dalam mengatasi Genset yang suka mati sendiri. Oleh karena itu, silahkan Anda simak artikel ini selengkapnya agar Anda tahu caranya!


Inilah Cara-Cara Untuk Mengatasi Genset yang Suka Mati Sendiri

Berikut adalah beberapa cara mengatasi Genset yang suka mati sendiri, yang mana cara atasi dari kami adalah cara yang sesuai dengan masalah atau penyebab Genset suka mati sendiri.


Mengurangi Beban Pada Genset

Penyebab paling sering yang bisa membuat Genset suka mati sendiri adalah dari adanya kelebihan beban. Hal itu karena memang sebagian besar generator set telah dilengkapi dengan fitur mati otomatis, sehingga dengan begitu maka Genset akan mati apabila ada kelebihan beban. Namun meski begitu, untuk Genset model yang lebih lama, cenderung tidak memiliki fitur tersebut, sehingga Genset bisa terus bekerja sambil mengurangi daya peralatan yang terhubung dengannya.


Jadi untuk mengatasi masalah ini, maka Anda bisa mengurangi beban pada Genset. Kemudian setelah beban diturunkan, maka pastinya Genset akan mulai bekerja secara otomatis. Perlu Anda pastikan, bahwa ada baiknya menambahkan beban sesuai dengan ukuran dan kapasitas Genset. Kemudian untuk memastikan Genset tidak mati karena kelebihan beban, maka cara mengetahui bisa dengan mendengarkan suara Genset. Jadi kesimpulannya, Genset yang mati karena kelebihan beban, cara atasinya adalah dengan kurangi beban pada Genset.


Menyesuaikan Oli Pada Tingkat yang Sesuai

Genset yang suka mati sendiri bisa dari adanya masalah dengan level oli di dalamnya, baik itu dari adanya oli rendah atau ada oli berlebih di Genset. Jadi ketika level oli Genset, maka ketika dinyalakan akan membuat suhu oli akan naik dengan cepat, sehingga itu bisa menyebabkan Genset mati tiba-tiba. Lalu apabula level oli tinggi, maka sensor generator akan mematikan sistem.


Untuk mengatasi masalah ini, maka ketika Anda hendak menyalakan Genset, maka coba pastikan Genset Anda berada di level oli yang optimal sesuai dengan Genset. Jadi level oli yang tepat di suatu generator juga akan bisa memastikan berjalan dengan lancar tanpa menimbulkan masalah pada Genset.


Menyesuaikan Ketinggian Air Radiator

Jika Genset memiliki tingkat air yang rendah di radiator, maka itu pastinya akan menyebabkan Genset berhenti bekerja beberapa detik setelah menyalakannya. Maka dari itu, haruslah ada kecukupan air di radiator agar Genset bisa bekerja dengan optimal. Lalu tanpa ketinggian air yang optimal di radiator, mesin, pengukur tegangan dan panel kontrol, pastinya juga akan mengalami kegagalan fungsi. Solusi terbaik, yaitu jangan biarkan air dalam pancaran mengering, kemudian selalu periksa ketinggian air di radiator secara teratur sebelum menyalakan Genset.


Periksa dan Ganti Pipa Bahan Bakar

Alasan lain Genset bisa mati sendiri adalah dari adanya tangki bahan bakar atau pipa bahan bakar yang rusak. Sehingga dengan begitu, maka akan membuat bahan bakar tidak mengalir melalui pipa dengan benar, lalu menyebabkan tekanan di dalam tangki bahan bakar yang menyebabkan masalah pasokan. Untuk mengatasinya, bersihkan tangki dan pipa bahan bakar lalu cek apakah ada kebocoran.


Pemrograman Ulang Panel Kontrol

Panel kontrol Genset yang rusak, tentunya bisa membuat Genset mati sendiri, lalu Anda mungkin perlu memprogram ulang atau mengganti bagian apa pun. Namun cara terbaiknya untuk masalah ini, yaitu dengan mengintegrasikan panel kontrol dengan cara mengatur ulang parameter yang terkait dengan bagian yang telah diubah.


Jadi itulah beberapa cara mengatasi Genset yang suka mati sendiri, yang mana bisa ditarik kesimpulan bahwa mengatasi Genset mati harus sesuai dari penyebabnya. Sekian dari kami, semoga jadi manfaat bagi Anda semua. Nah bilamana Anda tertarik dengan Genset, maka rekomendasi terbaik dan berkualitas kami adalah Tenka yang ada di IndahJaya.com


bottom of page